26.6 C
Jakarta
Monday, March 25, 2024

Keuntungan Menanam Bunga Marigold di Halaman Rumah

Bunga marigold memiliki tampilan yang cantik dengan warna oranye cerah yang menawan. Dengan tampilan tersebut, bunga marigold dapat mempercantik halaman rumah. Tak heran, banyak orang yang menanam bunga marigold di halaman rumah dan taman mereka. Selain itu, marigold menawarkan beberapa keuntungan yang membuatnya menjadi salah satu bunga yang wajib dimiliki di halaman rumah, berikut keuntungan menanam bunga marigold di halaman rumah.

Bunga yang kuat

gambar istimewa

Marigold adalah bunga yang sulit ditanam karena membutuhkan banyak perhatian, termasuk memerlukan penyiraman sering. Akan tetapi, sebagian besar varietas marigold tahan terhadap kekeringan. Setelah terbentuk, marigold akan menjadi bunga yang kuat dan dapat menangani fluktuasi suhu.

Bunga marigold juga cenderung mekar dengan baik hingga musim gugur. Bahkan, bunga marigold sering menjadi varietas terakhir yang mati pada akhir musim berkebun. Marigold berbeda dengan tanaman bunga lainnya lantaran mudah tumbuh dari biji. Beberapa varietas bahkan siap untuk menyemai dengan sendirinya (self-seeding).

Apabila ingin mencegah self-seeding, kamu hanya perlu mematikan tanaman sebelum  sempat menyebarkan benihnya. Selain itu, ditanam langsung di tanah, bunga marigold dapat tumbuh dengan baik di dalam pot.

Menarik serangga penyerbuk

gambar istimewa

Serangga penyerbuk seperti lebah dan kupu-kupu sangat penting bagi ekosistem. Menghadirkan bunga marigold merupakan pilihan yang tepat untuk memastikan penyerbuk terdekat memiliki sumber makanan yang tersedia. Marigold adalah bunga yang mampu menarik serangga penyerbuk. Jika menanam sayuran, penyerbukan sangat penting untuk menumbuhkan tanaman seperti labu dan tomat.

Perlu diingat, penyerbuk lebih menyukai sumber makanan yang mudah dijangkau. Saat memilih bunga marigold, pilih varietas yang bagian tengah kelopaknya terbuka seperti Bambino, Golden Guardian, atau Lemon Gem. Untuk membuat halaman rumah menjadi lebih cantik, tanam varietas marigold yang berbeda dalam berbagai warna.

Membantu membasmi hama

gambar istimewa

Bunga marigold dapat membantu mengusir serangga pemakan tanaman meski tidak terlalu baik. Sebuah penelitian menunjukkan, bunga ini kurang bisa membasmi hama seperti cacing kubis. Namun, sebuah studi pada 2019 mengungkapkan, terpena beraroma kuat yang terkandung pada French marigold dapat membantu mencegah hama kutu kebul (whitefly) menyerang tanama tomat yang ditanam di dekatnya.

Selain itu, bunga marigold dapat mengendalikan populasi nematoda, yakni parasit yang tinggal di tanah yang dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman, bahkan terkadang membunuh tanaman dan rumput.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles