Meningkatkan produksi sel darah merah

gambar istimewa

Klorofil diduga dapat meningkatkan produksi dan kualitas sel darah merah. Manfaat klorofil yang satu ini dibuktikan dengan penelitian mengenai konsumsi rumput gandum (wheatgrass) yang mengandung 70% klorofil oleh penderita thalasemia atau kelainan sel darah merah.

Pada penelitian ini, ditemukan bahwa pasien yang mengonsumsi makanan tinggi klorofil jadi membutuhkan lebih sedikit transfusi darah dibanding sebelumnya. Hal ini dapat meningkatkan kualitas hidup pasien yang tadinya harus berkali-kali menjalani transfusi dalam jarak yang dekat.

Selain yang telah disebutkan di atas, masih banyak lagi manfaat klorofil untuk kesehatan, di antaranya adalah untuk melancarkan pencernaan, mengatasi sembelit, meredakan peradangan, mencegah bau badan, dan menunda penuaan.

Meski demikian, manfaat-manfaat tersebut masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Jika ingin mendapatkan manfaat klorofil, Anda bisa membuat jus sayuran hijau yang kaya akan klorofil atau langsung mengonsumsi suplemen klorofil. Namun, sebelum mencoba suplemen klorofil, ada baiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu, terutama jika Anda sedang mengonsumsi obat untuk kondisi tertentu.