26.2 C
Jakarta
Wednesday, April 17, 2024

Mixue Viral! Inilah Sosok Bos di Balik Suksesnya Mixue Ice Cream

Belakangan ini mendadak viral. Berbagai gerai yang tersedia, selalu ramai oleh antrean para pengunjung. Bagi kalian para pecinta es krim, Mixue Ice Cream rasanya perlu masuk dalam daftar es krim favorit.

Tak cuma bisa menikmati es krim yang enak, tapi ada juga berbagai minuman lain yang tersedia. Selain karena enak, yang membuat Mixue Ice Cream & Tea selalu ramai jadi incaran adalah karena harganya yang murah-meriah.

Untuk es krim cone saja, kamu hanya perlu membayarnya Rp8 ribuan. Sedangkan, beberapa varian lain harganya pun tak lebih dari Rp25 ribuan.

Mixue Ice Cream & Tea Bukan Cuma Ada di Indonesia

gambar istimewa

Ternyata, Mixue Ice Cream & Tea yang kini viral, bukan cuma ada di Indonesia lho, guys! Berbagai gerainya tersedia juga di China, Vietnam, Malaysia, dan termasuk Singapura.

China menorehkan paling banyak gerai, yakni mencapai 10.000 gerai pada 2020 lalu. Wah, hebat banget ya Mixue Ice Cream & tea ini!

Awal Berdiri adalah dari China

gambar istimewa

Pasti kamu bertanya kan Guys, kok di China paling banyak gerai sih? Nah ternyata, Mixue Ice Cream & Tea memang berasal dari China.

Perusahaan ice cream dan tea ini telah berdiri sejak tahun 1997. Berkat kerja keras dan semangat pendirinya, kini Mixue Ice Cream & Tea telah tersebar banyak cabang, sampai ke Indonesia.

Lalu siapa sih sosok dibalik Mixue Ice Cream & Tea ini?

Bos Mixue Ice Cream & Tea

gambar istimewa

Dia adalah Zhang Hongchao, yang mendirikan Mixue Ice Cream & Tea ketika masih berstatus sebagai mahasiswa tahun keempat, dengan modal meminjam uang ke neneknya untuk memulai bisnis pada 1997. Saat itu Hongchao hanya bermodal uang 4.000 yuan atau sekitar Rp7 jutaan, untuk membangun bisnis.

Setelah lulus kuliah, ia kembali ke Zhengzhou dan menemukan tempat yang tepat untuk mendirikan bisnis es serut. Semua mulai dari gerai kecil, karena modal yang dimiliki cukup kecil.

Bisnis Hongchao berkembang pesat. Ia yang semula menjual hanya es serut, es krim, dan smoothie, juga mulai menjual milk tea. Tiap hari Hongchao bisa mendapatkan 100 yuan.

Namun, bisnis tak selalu mulus. Hongchao juga pernah mengalami kegagalan hingga toko pertamanya harus ditutup. Namun, ia berhasil memulai bisnis kembali  dengan nama Mixue Bingcheng.

Resep keberhasilan Mixue Ice Cream & Tea adalah harganya yang sangat kompetitif. Ketika toko lain menjual es krim sekitar 10 yuan, mereka hanya menjualnya dengan 2 yuan saja.

Apa yang buat Harga Bikin Mixue Murah?

gambar istimewa

Rasa enak dan ditambah harga yang murah, menjadi kan Mixue selalu jadi incaran. Tapi dibandingkan dengan banyak brand lainnya, kenapa ya es krim Mixue ini bisa memiliki harga yang murah?

ternyata, ini karena perusahaan ice cream dan tea memasuk bahan-bahan utama sendiri. Bahkan pada 2012, Mixue Bingcheng mendirikan pusat produksi dengan seluruh bahan lokal. Sehingga, tak perlu impor dan harganya jadi murah. Lalu pada 2014, didirikan gudang logistik yang berlokasi di kota Jiaozuo sehingga mengurangi biaya logistik yang bisa membuat harga menjadi lebih murah, sekaligus mendongkrak pertumbuhan bisnis.

Pada 2018, perusahaan berhasil membangun kawasan industri baru seluas 300.000 m2 yang mengintegrasikan produksi dan logistik. Nah, produksi mandiri dengan bahan baku, logistik, dan rantai industri yang lengkap yang membuat harga produk menjadi lebih murah, sekaligus menjaga dan mempercepat pengembangan bisnis dari Mixue Ice Cream & Tea.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles