25.8 C
Jakarta
Thursday, March 28, 2024

7 Obat Alami Mengatasi Sakit Gigi

Gigi berlubang menjadi masalah pada gigi yang paling umum ditemui di Indonesia. Kalau tidak diatasi dengan baik, lama kelamaan rasa sakitnya bisa tidak tertahankan. Selain minum obat pereda sakit sambil menunggu pergi ke dokter, Anda juga bisa menggunakan cara alami.

Apa penyebab gigi berlubang?

Seperti diungkapkan oleh drg. Sri Angky Soekanto, DDS, PhD., praktisi kesehatan gigi dan pakar biologi oral Universitas Indonesia, penderita gigi berlubang ini sangat tinggi di Indonesia. Penyebabnya adalah kesadaran penduduk Indonesia akan kesehatan gigi masih sangat minim.

Itu juga yang mendasari adanya program-program edukasi kebersihan mulut ke sekolah-sekolah, sebab membangun kebiasaan memang harus dilakukan dari kecil. Ketika kesadaran ini tidak ditumbuhkan, maka risiko terkena gigi berlubang pun akan bertambah.

Gigi berlubang disebabkan oleh asam yang diproduksi bakteri yang memakan gula dari makanan yang kita makan. Asam ini dapat merusak gigi.

Jika tidak ditangani dengan benar, gigi berlubang dapat menyebabkan infeksi, bahkan gigi berlubang dikaitkan dengan beberapa penyakit, salah satunya adalah penyakit jantung. Anda bisa pergi ke dokter gigi, dokter akan melakukan pengecekan, sehingga dapat melakukan tindakan yang tepat. Jika tidak diatasi dengan cepat dan tepat sakit gigi akan menambah parah bahkan dapat mengakibatkan kematian lho.

Pilihan obat alami untuk sakit gigi berlubang

epat untuk menangani gigi berlubang. Anda tentu pernah mendengar menambal gigi, bukan?

Prosedur yang dilakukan adalah dengan mengebor gigi yang berlubang, lalu diisi dengan bahan-bahan aman untuk menambal gigi – seperti campuran perak, emas. Tapi, jika gigi sudah senut-senut namun Anda belum bisa langsung ke dokter. Maka, cara alami bisa menjadi pilihan Anda.

Kabar baiknya, Anda bisa menemukan bahan-bahan rumahan sebagai pengobatan rasa sakit yang diakibatkan gigi berlubang. Dikutip dari Medical News Today, beberapa obat alami atau tradisional dapat mencegah terjadinya pembusukan juga menghentikan sebelum terbentuk lubang.Berikut ini ada beberapa bahan dan cara yang bisa Anda coba:

1. Garam

gambar istimewa

Ya, Anda bisa gunakan garam sebagai obat alami juga tradisional sakit gigi berlubang. Garam mengandung antiseptik dan antibakteri. Anda bisa menggunakan air garam sebagai obat kumur untuk mengurangi peradangan serta nyeri, mengatasi infeksi, serta mencegah perkembangan bakteri di mulut. Berikut cara menggunakannya:

  • Larutkan 1 sendok teh garam dalam segelas air hangat. Kumur larutan tersebut hingga menyapu semua bagian mulut Anda selama satu menit. Selain itu, fokuskan berkumur pada area yang terdapat gigi berlubang. Anda bisa melakukan pengobatan ini 3 kali sehari sampai gejala mereda (jika disertai nyeri gigi).
  • Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan mencampurkan ½ sendok teh garam dan sari lemon. Oleskan campuran tersebut sambil memijat gusi selama beberapa menit, lalu berkumur dengan air hangat sesudahnya. Ulangi pengobatan ini 2 kali sehari dalam beberapa hari untuk membunuh bakteri

2. Bawang putih

gambar istimewa

Bawang putih dapat berfungsi sebagai antibakteri dan sangat direkomendasikan sebagai obat alami juga tradisional untuk sakit gigi berlubang. Selain itu, bawang putih juga dapat mengurangi rasa nyeri yang muncul akibat gigi berlubang dan membuat gusi serta gigi menjadi lebih sehat.

Cara mengaplikasikannya:

  • Sediakan 3 sampai 4 siung bawang putih dan ¼ sendok teh garam. Oleskan pada gigi yang berlubang atau terinfeksi, biarkan sampai 10 menit. Lalu, berkumur dengan obat kumur. Anda bisa melakukan ini dua kali sehari dalam beberapa minggu untuk mengurangi penyebaran gigi berlubang.
  • Jika Anda mengalami nyeri pada area yang berlubang, Anda juga bisa menggosokan minyak bawang putih untuk meredakan nyeri.
  • Satu hal yang paling mudah dilakukan adalah memakan bawang putih mentah. Hal ini juga dipercaya bisa memberikan hasil yang efektif.

3. Licorice (akar manis)

gambar istimewa

Menurut penelitian yang dipublikasikan pada American Chemical Society’s Journal of Natural Products, licorice alias akar manis dipercaya memiliki manfaat untuk kesehatan gigi. Terdapat senyawa licoricidin dan licorisoflavan A, yang merupakan antibakteri, berfungsi untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab gigi berlubang.

Tak hanya itu, licorice sebagai obat alami juga tradisional juga dapat mengurangi plak pada gigi. Anda bisa menggunakan bubuk akar manis untuk menyikat gigi. Selain itu, Anda bisa menggunakan langsung batangnya yang lembut sebagai sikat gigi.

4. Kunyit

gambar istimewa

Kunyit mengandung vitamin C yang bersifat antibakteri dan antiperadangan. Manfaat yang bisa Anda peroleh berupa kesehatan gusi dan mencegah gigi berlubang dari infeksi bakteri.

Cara mengaplikasikannya dengan menghancurkan kunyit menjadi bubuk, atau Anda bisa mencari bubuk kunyit di toko. Biarkan selama beberapa menit, lalu berkumur dengan air hangat.

Lalu, cara lainnya, campurkan ½ bubuk kunyit dengan sedikit minyak mustard, lalu oleskan sambil memijat gigi dan gusi. Biarkan selama 10 menit, kemudian ludahkan campuran tersebut.

5. Cengkeh

gambar istimewa

Bersifat antiperadangan, analgesik, dan antibakteri membuat cengkeh menjadi salah satu bahan yang penting untuk mengatasi masalah gigi. Tak hanya itu, cengkeh sebagai obat sakit gigi alami juga tradisional juga mampu mengurangi rasa sakit dan mencegah penyebaran gigi berlubang.

Berikut cara yang bisa dicoba:

Larutkan 2 hingga 3 tetes minyak cengkeh dengan ¼ sendok teh minyak biji wijen. Celupkan kapas pada larutan tersebut dan tepuk-tepuk pada gigi yang berlubang. Lakukan pengobatan ini pada malam hari sebelum tidur.

Alternatif lain yang bisa dilakukan adalah dengan mengunyah seluruh cengkeh hingga terekstraksi menjadi minyak. Diamkan cengkeh tersebut di bawah lidah Anda selama beberapa menit.

6. Lidah buaya

gambar istimewa

Biasanya, lidah buaya digunakan sebagai perawatan kulit wajah juga rambut. Hal ini dikarenakan manfaatnya untuk menenangkan juga mampu menebalkan rambut.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan lidah buaya sebagai obat alami juga tradisional sakit gigi berlubang.

Menurut penelitian yang dilakukan di tahun 2015, gel lidah buaya diklaim dapat membantu melawan bakteri yang menyebabkan gigi berlubang. Namun, masih berlangsung penelitian lebih lanjut apakah lidah uaya dapat membantu meremineralisasi email pada gigi.

7. Oil pulling

gambar istimewa

Oil pulling merupakan teknik berkumur dengan minyak. Pengobatan Ayuverdic – berasal dari budaya India – ini telah digunakan berabad lalu. Manfaat yang ditawarkan dari obat alami sakit gigi berlubang ini berupa oral detoksifikasi. Anda bisa menggunakan minyak kelapa, minyak biji wijen, atau minyak zaitun. Caranya adalah:

  • Ambil satu sendok makan salah satu minyak yang direkomendasikan di atas
  • Gunakan untuk berkumur selama sekitar 20 menit
  • Ludahkan (jangan menelan minyak)
  • Bersihkan mulut Anda dengan air hangat, Anda juga bisa mencampurkan garam ke dalam air
  • Lalu sikat gigi seperti biasa
  • Sebaiknya dilakukan pada pagi hari, ketika perut masih kosong

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles