29.3 C
Jakarta
Saturday, August 13, 2022

Destinasi Wisata yang Terbengkalai

Indonesia punya banyak pilihan destinasi wisata yang cocok dikunjungi untuk melepas penat. Saat masa-masa liburan, pasti banyak objek wisata yang dipadati pengunjung. Namun berjalannya waktu, ternyata ada lho sejumlah objek wisata Indonesia yang dulu populer tapi kini tampak terbengkalai.

Salah satu yang menghebohkan beberapa waktu lalu adalah penampakan kondisi Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang terbengkalai. Dari video yang beredar, tampak kolam renang sudah dipenuhi dengan genangan air kotor, serta bangunan yang mulai berlumut. Berikut potret delapan objek wisata Indonesia yang kini terbengkalai:

Taman Remaja Surabaya.

gambar istimewa

Digadang-gadang jadi destinasi wisata hits, sayang Taman Remaja Surabaya ditutup oleh pemerintah. Taman yang menghadirkan boom-boom car, rumah hantu, hingga mini coaster ini disebut tidak memenuhi beberapa syarat pembangunan sehingga tidak boleh lagi beroperasi. Kondisinya makin memprihatinkan karena dibiarkan terbengkalai begitu saja.

Kampung Gajah Wonderland.

gambar istimewa

Kampung Gajah Wonderland dulunya adalah satu destinasi wisata terkenal di Bandung yang menawarkan paket liburan keluarga. Wahananya pun cukup lengkap mulai dari delman royal, formula kart, buggy family, dan masih banyak lagi. Sayangnya pada tahun 2017, taman bermain ini dinyatakan bangkrut. Tampak bagian-bagian wahana bermainnya sudah berserakan, bahkan derit besi-besi bekasnya pun bisa terdengar saat melewati tempat ini.

Vila Hantu.

gambar istimewa

Mendengar namanya saja sudah membuat ngeri, tempat ini disebut vila hantu karena dianggap sebagai tempat yang angker. Padahal pada awalnya, bangunan ini awalnya ingin menawarkan penginapan nyaman yang memiliki view Pantai Setangi, Lombok Utara. Sayangnya, pembangunan vila ini tidak selesai karena lokasinya dianggap berbahaya.

Bounty Beach Club Bungalows.

gambar istimewa

Bounty Beach Club Bungalows dahulu jadi destinasi wisata sekaligus hotel yang laris manis. Namun pada tahun 2002, Bounty Beach Club Bungalows tak lagi beroperasi. Ada dua rumor yang disebut-sebut menjadi alasan ditutupnya Bounty Beach Club Bungalows. Rumor pertama, kaitannya dengan Bom Bali yang menewaskan ratusan wisatawan yang akhirnya membuat hotel ini jadi sepi pengunjung.

Baca Juga :  5 Wisata Malam Jogja Selain HeHa Sky View

Sementara, rumor kedua menyebut bahwa pemilik hotel ini meninggal secara misterius. Alhasil kini Bounty Beach Club Bungalows diyakini menjadi tempat angker dan didatangi wisatawan yang ingin uji nyali. Hanya terisa bangunan yang tiangnya sudah roboh dan usang, kolam renang yang keruh, serta koridor yang gelap.

Taman Festival Bali.

gambar istimewa

Selanjutnya ada Taman Festival Bali yang tak jauh dari Pantai Sanur. Destinasi wisata ini dulunya menghadirkan amfiteater yang populer di kalangan wisatawan. Sayang baru dua tahun buka, Taman Festival Bali harus ditutup karena bangkrut. Objek wisata ini mulai ditinggalkan dan terbengkalai tak terawat. Dinding bangunannya pun sudah tertutupi semak belukar.

Kolam Renang Singandaru.

gambar istimewa

Kolam Renang Singandaru yang ditutup tahun 80-an ini kabarnya tetap dibiarkan terbengkalai seperti ini. Akibatnya banyak pula cerita mistis yang menyebut bahwa kolam renang ini kerap merenggut korban anak kecil. Bangunan serta kolam renang Singandaru ini kini tertutup semak belukar, air di kolamnya pun tampak keruh.

Taman Rekreasi Bedugul Hotel.

gambar istimewa

Objek wisata bernama Taman Rekreasi Bedugul Hotel ini sudah berdiri sejak tahun 90-an. Meski bangunannya cukup megah, ternyata bangunan ini belum selesai seratus persen bahkan belum beroperasi hingga kini. Tidak ada yang tahu pasti mengapa bangunan ini dibiarkan terbengkalai. Lagi-lagi bangunan ini malah tampak seram dan disebut-sebut angker oleh masyarakat sekitar.

Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

gambar istimewa

Potret terkini Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang sempat heboh di media sosial ini diunggah oleh akun Twitter @RomitsuT. Video tersebut berisi perbandingan kondisi TMII sebelumnya dan sekarang. Kawasan taman wisata yang terkenal mengusung budaya Indonesia ini terlihat cukup memprihatinkan. Beberapa wahananya sudah tak layak pakai. Kemudian tampak museum komunikasi yang dindingnya sudah dipenuhi lumut, begitu pula dengan catnya sudah memudar.

Baca Juga :  5 Jenis Ikan Hias yang Cantik dan Mudah Dipelihara di Rumah, Bisa Jadi Hiburan

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,430SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles