32.9 C
Jakarta
Monday, December 11, 2023

Pentingnya Peran Terumbu Karang bagi Ekosistem Laut

Seperti yang teman-teman semua ketahui terumbu karang merupakan tempat dimana berbagai macam ikan tinggal atau bisa juga dikatakan untuk tempat berlindung, makan dan juga berkembangbiak. Selain ikan juga terdapat makhluk hidup lainnya yang membutuhkan terumbu karang untuk melangsungkan kehidupan mereka.

Di Indonesia sendiri memiliki garis pantai terpanjang di dunia yakni 81.000 km yang merupakan 14% dari garis pantai yang ada di seluruh dunia. Luas laut Indonesia mencapai 5,8 juta km2, atau mendekati 70% dari luas keseluruhan negara Indonesia. Dengan luas laut sebesar itu dapat dibayangkan betapa banyaknya terumbu karang yang dimiliki Indonesia.

Terumbu karang di Indonesia ditemui sangat berlimpah

gambar istimewa

Terumbu karang di Indonesia ditemui sangat berlimpah di wilayah kepulauan bagian timur (meliputi Bali, Flores, Banda dan Sulawesi). Namun juga terdapat di perairan Sumatera dan Jawa. Indonesia menopang tipe terumbu karang yang bervariasi (terumbu karang tepi, penghalang dan atol). Namun tipe terumbu karang yang dominan di Indonesia ialah terumbu karang tepi.

Terumbu karang tepi ini dapat dijumpai sepanjang pesisir Sulawesi, Maluku, Barat dan Utara Papua, Madura, Bali, dan sejumlah pulau-pulau kecil di luar pesisir Barat dan Timur Sumatera. Tipe Patch reefs (terumbu karang yang mengumpul) paling baik terbentuk di wilayah Kepulauan Seribu, sedangkan terumbu karang penghalang paling baik terbentuk di sepanjang tepi Paparan Sunda, bagian Timur Kalimantan dan sekitar Kepulauan Togean (Sulawesi Tengah). Terdapat pula beberapa atol, contohnya ialah Taka Bone Rate di Laut Flores merupakan atol terbesar ketiga di dunia.

Namun seiring berjalannya waktu, setiap tahun terumbu karang di Indonesia mengalami penurunan jumlah, yang dikarenakan adanya oknum-oknum tidak bertanggung jawab yang melakukan tindakan perusakan terumbu karang yang dimana alasannya adalah hanya untuk menangkap ikan.

pihak pemerintah telah melarang keras merusak lingkungan laut

gambar istimewa

Walaupun pihak pemerintah sendiri telah melarang keras dengan adanya penggunaan bahan atau alat-alat yang merusak lingkungan laut, namun tetap saja hal tersebut tidak berlaku bagi mereka. Sehingga disinilah pentingnya peran pemerintah untuk lebih tegas agar peristiwa-peristiwa tersebut tidak selalu terulang, dan kalau bisa hingga membuat pelakunya jera.

Manfaat Terumbu Karang Bagi Ekosistem Laut

gambar istimewa

Sebagai salah satu organisme yang hidup di dalam ekosistem air lautterumbu karang berasal dari sekumpulan hewan kecil berbentuk seperti tabung yang bersimbiosis dengan sekumpulan alga. Bagi kehidupanmanfaat terumbu karang sangatlah banyakseperti berikut ini. 

Sebagai Bahan Baku Perhiasan Dan Industri 

Terumbu karang yang sangat kerasseperti terumbu karang batudapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan aksesoris dan perhiasan yang memiliki nilai ekonomi tinggiSelain ituterumbu karang juga dapat digunakan sebagai bahan baku pada industri. 

Sebagai Bahan Baku Obat-Obatan 

Terumbu karang mengandung banyak zat kimia yang dapat digunakan sebagai bahan baku obat-obatan bagi manusiaSebelum dijadikan obat obatan, tentunya terumbu karang tersebut diteliti dahulu 

Sebagai Pencegah Gelombang Besar 

Gelombang besar dapat memporakporandakan semua benda dan makhluk hidup yang ada di pantai. Agar hal tersebut tidak terjadi,disinilah fungsi terumbu karang sebagai pencegah gelombang besar berperan. Sebelum mencapai pantaigelombang besar akan mengenai terumbu karang sehingga gelombang yang sampai ke pantai menjadi kecil. 

Sebagai Objek Wisata Bahari 

Selain berbagai jenis ikanterumbu karang juga dapat memperindah laut. keindahan inilah yang dapat memnarik wisatawan, baik dari dalam negri maupun luar negeri, untuk menikmati terumbu karang tersebut dan keindahan laut lainnya.

Sebagai Sumber Makanan 

Di dalam terumbu karanghidup berbagai hewan kecil dan plankton yang menjadi sumber makanan bagi ikan ikan besar, bahkan burung burung laut. 

Sebagai Tempat Tinggal Ikan Dan Hewan Laut 

Terumbu karang dapat menjadi tempat berlindung yang baik bagi ikan-ikan dan hewan hewan laut. Maka tidak heranbanyak ikan dan hewan laut yang tinggal di terumbu karang. 

Keberadaan terumbu karang dapat menjdai kekayaan alam yang sangat indah. Selain itu, terumbu karang juga dapat memberikan banyak manfaat bagi kehidupan. Karena itukita harus menjaga kelestariannya. 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
25,600SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles