31.4 C
Jakarta
Saturday, February 4, 2023

Flora dan Fauna Hutan Hujan Tropis

Hutan hujan tropis berada di sebagian wilayah Indonesia. Sebab, hutan ini membentang di daerah tropis hingga subtropis dengan garis lintang 10°LU – 10°LS dan rata-rata suhu berkisar 23° – 31° celsius.

Selain di Indonesia, hutan yang juga dikenal dengan nama hutan basah ini banyak berada di daerah aliran sungai Amazon-Orinoco, Amerika Tengah, Asia Tenggara, Papua Nugini, dan Kongo, Afrika. Hutan ini punya sumbangan sangat penting bagi ekosistem global.

Pengertian Hutan Hujan Tropis

gambar istimewa

Dikutip dari buku Geografi terbitan Quadra, hutan hujan tropis adalah bioma yang memiliki keanekaragaman jenis tumbuhan dan hewan yang paling tinggi. Curah hujan sepanjang tahun cukup.

Selain itu, sinar matahari juga selalu ada di daerah ini sehingga membuat pohon tumbuh tinggi dan lebat. Ketinggian pohon di hutan hujan tropis bisa mencapai 50 meter.

Ciri-ciri Hutan Hujan Tropis

gambar istimewa

Ada empat ciri utama hutan hujan tropis, pertama adalah curah hujan yang tinggi sepanjang tahun, antara 200 – 225 cm per tahun. Kemudian, matahari bersinar sepanjang tahun, lalu dari bulan satu ke bulan yang lain perubahan suhunya relatif kecil.

Bioma hutan hujan tropis dibagi menjadi empat lapisan utama, yakni tajuk puncak, tudung, tajuk menengah, dan dasar hutan. Daerah di bawah kanopi atau tudung payung gelap sepanjang hari sehingga tidak ada perubahan suhu antara siang dan malam hari.

Manfaat Hutan Hujan Tropis

gambar istimewa

Secara umum, hutan memiliki manfaat bagi kehidupan manusia yakni memproduksi oksigen. Selain itu, hutan juga menjadi tempat penyimpanan dan mengatur air, mencegah erosi dan menyuburkan tanah, serta menghasilkan bahan mentah untuk industri serta bangunan.

Flora dan Fauna Hutan Hujan Tropis

gambar istimewa

Jenis flora dan fauna di hutan ini berbeda dengan yang lain. Tercatat lebih dari 3.000 spesies flora hidup dalam hutan hujan tropis. Biasanya flora yang ditemukan adalah yang menempel pada tumbuhan (flora epifit)

Baca Juga :  Silase Singkong Karet, Pakan Ternak di Musim Kemarau

Jamur (cendawan)

Jamur atau cendawan adalah organisme yang termasuk ke dalam kingdom Fungi dan tidak mempunyai klorofil sehingga bersifat heterotrof. Tubuhnya terdiri dari benang-benang yang disebut hifa. Hifa dapat membentuk anyaman bercabang-cabang yang disebut miselium.

Lumut

Tumbuhan lumut merupakan sekumpulan tumbuhan kecil yang termasuk dalam Bryophytina. Tumbuhan ini sudah menunjukkan diferensiasi tegas antara organ penyerap hara dan organ fotosintetik namun belum memiliki akar dan daun sejati. Kelompok tumbuhan ini juga belum memiliki pembuluh sejati.

Anggrek

Suku anggrek-anggrekan merupakan satu suku tumbuhan berbunga dengan anggota jenis terbanyak. Jenis-jenisnya tersebar luas dari daerah tropika basah hingga wilayah sirkumpolar, meskipun sebagian besar anggotanya ditemukan di daerah tropika.

Rotan

Rotan adalah sekelompok palma dari puak Calameae yang memiliki habitus memanjat, terutama Calamus, Daemonorops, dan Oncocalamus. Puak Calameae sendiri terdiri dari sekitar enam ratus anggota, dengan daerah persebaran di bagian tropis Afrika, Asia dan Australasia.

Sementara itu, jenis fauna di hutan hujan tropis, seperti

Burung

Burung adalah anggota kelompok hewan bertulang belakang yang memiliki bulu dan sayap. Jenis-jenis burung begitu bervariasi, mulai dari burung kolibri yang kecil dan dapat mengepakkan sayap dengan sangat cepat, penguin yang menyelam dengan sayapnya, hingga burung unta, yang lebih tinggi dari manusia.

Monyet

Monyet adalah istilah untuk semua anggota primata yang bukan prosimia atau kera, baik yang tinggal di Dunia Lama maupun Dunia Baru. Hingga saat ini dikenal 264 jenis monyet yang hidup di dunia. Tidak seperti kera, monyet biasanya berekor dan berukuran lebih kecil.

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles