28 C
Jakarta
Sunday, January 29, 2023

Makanan Unik dari Lampung

Lampung cukup dikenal dengan kopi dan keripik pisang yang kerap dijadikan buah tangan para wisatawan. Namun, daerah ini menyimpan banyak hasil bumi yang beragam. Lampung juga terkenal dengan Taman Nasional Way Kambas (TNWK) yang telah ditetapkan sebagai Taman Warisan ASEAN. Selain itu, bumi ruwa jurai ini juga terkenal dengan wisata kuliner yang menggugah selera. Enam sungai besar dan puluhan anak sungai yang mengaliri Lampung membuat daerah ini akrab dengan olahan ikan.

Hal itu turut andil membentuk selera masyarakat asli Lampung dan pendatang. Bahkan, hasil panen yang melimpah menjadikan daerah yang dijuluki tanah lada ini sebagai lumbung ikan di Sumatera. Ikan menjadi salah satu lauk yang selalu hadir dalam setiap masakan Lampung. Olahannya bisa menjadi  berbagai masakan yang khas dari daerah ini. Uniknya, setiap masakan yang hadir memiliki filosofi  berbeda-beda. Hal itu karena orang Lampung begitu mencintai dan menjaga kebudayaanya.

Masyarakat Lampung selalu ingin membahagiakan keluarga dan juga tamu yang berkunjung. Hal ini  tertuang dalam falsafah hidup rakyat Lampung, Piil Pesengiri yang bermakna menjaga kehormatan keluarga dan berjiwa besar.

Orang Lampung juga mempunyai kebiasaan untuk berkumpul. Ada pertemuan tak resmi yang disebut meput lesung yang artinya berkumpul sambil makan bersama. Penasaran ada apa saja? berikut ini adalah makanan khas dari Lampung.

Seruit

gambar istimewa

Seruit merupakan salah satu makanan khas Lampung yang sering dihidangkan saat ada acara keluarga, pernikahan, acara adat serta acara keagamaan. Sementara itu, seruit juga sering dijadikan makanan pokok yang dikonsumsi sehari-hari oleh masyarakat Pepadun. Hidangan ini dibuat dari ikan bakar yang dicampur dengan berbagai sambal terasi khas kota Bandar Lampung, seperti tempoyak ataupun mangga.

Baca Juga :  Berani Uji Nyali? Ini 4 Tempat Paling Angker di Lampung

Gulai Taboh

gambar istimewa

Gulai Taboh merupakan makanan khas daerah Lampung pesisir yang memiki cita rasa gurih. Makanan ini selalu disajikan saat gelaran acara adat dan menjadi menu wajib. Gulai Taboh diolah dengan bahan utama ikan laut atau ikan sungai. Ikan sungai yang digunakan biasanya adalah mujair yang sebelumnya telah diasap semalaman atau disebut iwa tapa semalam.

Jika menggunakan iwa tapa semalam, campuran gulai taboh hanya dibumbui keluak saja. Namun, apabila bahan utamanya ikan laut akan ditambahkan kacang kacangan, buah melinjo, labu kuning, ubi jalar, dan sayuran lain untuk dimasak dengan santan.

Satai Ikan Tuhuk

gambar istimewa

Masyarakat yang bermukim di Pesisir Barat Lampung sangat mengenal ikan blue marline atau biasa disebut ikan tuhuk. Ikan tersebut merupakan ikan perairan laut dalam Samudera Hindia yang biasa ditangkap oleh nelayan sekitar. Daging ikan tuhuk sangat khas, berbeda dengan ikan laut lainnya. Ikan ini berdaging tebal, manis, dan lembut. Bila diolah, tekstur dagingnya mirip dengan daging ayam.

Tidak heran bila berbagai masakan berbahan dasar daging ikan ini menjadi primadona masyarakat, bahkan turis dari mancanegara. Menikmati satai ikan tuhuk tidak berbeda dengan satai jenis lainnya, yakni dengan bumbu kacang. Hanya saja, bumbu kacang di Pesisir Barat cenderung lebih pedas.

Umbu

gambar istimewa

Umbu merupakan sebuah makanan yang menggunakan bahan utamanya rotan muda. Dalam proses pembuatannya, rotan ini akan direbus sampai lunak. Umbu ini sering dijadikan sebagai bahan dasar sayur seperti oseng ataupun juga bisa dihidangkan dalam bentuk makanan lalapan. Umbu ini tidak hanya menggunakan rotan sebagai bahan utamanya, namun juga bisa mencampurkan bahan lainnya yang sesuai selera.

Engkak

gambar istimewa

Engkak merupakan makanan yang memiliki rasa yang cukup manis. Bahan utama untuk pembuatan engkak ialah telur dan mentega yang dihaluskan menjadi tekstur yang sangat lembek. Engkak ini sangat cocok disantap sebagai makanan ringan dan juga sarapan. Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan engkak ialah gula pasir, tepung ketan putih, telur ayam, susu kental manis, santan serta mentega.

Baca Juga :  5 Jenis Beras yang Paling Sering Dijadikan Makanan Populer Dunia

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,200SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles