32.2 C
Jakarta
Sunday, February 5, 2023

Nama Suku Tertua di Indonesia

Seperti diketahui Indonesia merupakan negara Kepulauan yang memiliki, Suku bangsa, Ras, Etnis, Agama, keberagaman Budayanya dan Bahasa Daerahnya. Indonesia ternyata memiliki lebih dari 300 suku etnis atau Suku bangsa. Lebih tepatnya berdasarkan Sensus BPS (Badan pusat statistik) tahun 2010 ada sekitar 1340 suku bangsa di Tanah Air.

Dari sekian banyak suku bangsa tersebut, ada beberapa suku bangsa di Indonesia yang bersifat dominan, karena relatif lebih besar seperti Suku Jawa, dan yang tertua seperti Suku Wajak. Setiap suku bangsa memiliki ciri khas dan keunikan masing-masing.

Berikut 7 Suku bangsa tertua di Indonesia :

Suku Wajak

Menduduki posisi pertama dalam urutan suku tertua di Indonesia. Suku ini mendiami wilayah yang ada di Kota Tulungagung yang ada di Jawa Timur. Namun hingga saat ini belum ada runtutan sejarah yang jelas mengenai keberadaan Suku Wajak tersebut. Hal ini disebabkan, Suku Wajak menghilang secara misterius dan tidak diketahui keberadaannya.

Suku Kerinci

Kerinci juga merupakan salah satu suku yang masih hidup hingga saat ini. Suku Kerinci tergolong ke dalam ras Mongoloid serta penutur Austronesia. Leluhur Austronesia ini bermigrasi dari tempat asal mereka di Kepulauan Taiwan dan wilayah Indo-China sekitar 5000-3500 tahun yang lalu.

Suku Baduy

Mendiami wilayah yang ada di Jawa Barat. Menurut cerita yang tersiar di sekitar masyarakat, suku ini wajib menjaga alam sekitar dan lingkungannya. Dalam kesehariannya, Suku Baduy tidak pernah mengenakan alas kaki saat beraktivitas di luar rumah. Mereka merupakan salah satu kelompok masyarakat yang menutup diri mereka dari dunia luar. Selain itu mereka juga memiliki keyakinan tabu untuk didokumentasikan, khususnya penduduk wilayah Baduy Dalam.

Baca Juga :  Sering Diucapkan Saat Bermain, Apakah Arti 'Hompimpa Alaium Gambreng'?

Suku Melayu

Mereka ini sudah ada sejak abad kesebelas di Indonesia dan terkenal sampai ke beberapa negara, bahkan suku ini juga sudah tersebar sampai ke Benua Eropa. Suku Melayu merupakan satuan kelompok etnis yang berasal dari orang orang Austronesia yang sampai sekarang menghuni wilayah Semenanjung Malaysia, wilayah timur bagian Sumatra dan wilayah wilayah lain di sekitar Pulau Sumatra, indonesia.

Suku Dani

Perkampungan yang pertama kali diketahui di Lembah Baliem diperkirakan sekitar ratusan tahun yang lalu. Mereka sudah dikenal sejak ratusan tahun lalu sebagai petani yang terampil dan telah menggunakan alat perkakas yang pada awal mula ditemukan diketahui telah mengenal teknologi penggunaan kapak batu, pisau yang dibuat dari tulang binatang, bambu dan juga tombak yang dibuat menggunakan kayu galian yang terkenal sangat kuat dan berat. Mereka menggantungkan hidup dari alam dengan bercocok tanam sebagai aktivitas utamanya. Setia hari, mereka menanam sayur mayur kemudian memanen dan menjualnya ke pasar.

Suku Dayak

Dayak sudah ada sejak 2000 tahun sebelum masehi, suku dayak adalah penduduk asli Pulau Borneo yang saat ini masih banyak tinggal di pedalaman Kalimantan. Suku asli dayak mempunyai budaya maritim / bahari, karena nam mereka banyak mempunyai arti dan berhubungan dengan sungai, karena banyaknya sungai yang terdapat di pedalaman Kalimantan. Ciri khas Suku Dayak lain yang unik adalah tato memiliki makna yang sangat mendalam.

Suku Jawa

Suku ini mendiami Pulau Jawa sejak zaman kerajaan Hindhu-Buddha. Mereka ini memiliki pengaruh besar di Indonesia karena hampir sebagian wilayah di Indonesia ini dihuni oleh mereka. Peradaban mereka termasuk maju. Hal ini dapat dibuktikan karena adanya peninggalan kerajaan-kerajaan besar yang berada di tanah Jawa dan masih dapat dilihat hingga kini. Misalnya Candi Borobudur, Prambanan, Mendut, dan sebagainya.

Baca Juga :  Sejarah dan Perkembangan RAM DDR1 hingga DDR5 pada Komputer

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles