30.2 C
Jakarta
Friday, January 27, 2023

Sinopsis dan Review Film Kamu Tidak Sendiri

Kamu Tidak Sendiri merupakan film produksi Indonesia tahun 2021 bergenre drama thriller yang disutradarai Arwin T. Wardhana dan ditulis oleh Titien Watimena yang tayang perdana pada tanggal 17 Maret 2022. Film Kamu Tidak Sendiri menceritakan tentang Mira, seorang wanita pekerja keras dan ambisius yang secara tidak sengaja berulang kali bertemu Mika di lift kantornya. Sebuah insiden besar terjadi di lift sehingga Adrian punya cara untuk menenangkan Mira.

Sinopsis Film Kamu Tidak Sendiri

gambar istimewa

Bertempat di gedung perkantoran pada malam hari, Mira, seorang workaholic, ambisius, antisosial dan mandiri bekerja hingga larut malam dan hendak pulang. Di lift, dia bertemu Mika si pria misterius, orang asing yang bekerja di gedung yang sama dengan Mira. Begitu mereka masuk ke lift, sebuah tragedi melanda kantornya, yakni terjadi gempa besar, yang menyebabkan lift rusak. Mira harus menerima kenyataan bahwa orang asing ini adalah satu-satunya temannya. Mira mulai menyadari bahwa dia sangat bersyukur memiliki Mika.

Namun tidak lama kemudian, dia harus menghadapi kenyataan bahwa dia harus berjuang sendirian karena kematian Mika. Keadaan mencekam membuatnya berada di antara hidup dan mati, kematian Mika di dalam lift membuat Mira takut dan merasa ‘sendiri’. Ketika Mira mengira semuanya akan berakhir tragis, sosok misterius muncul melalui suara di interkom. Seorang satpam bernama Adrian mencoba menemaninya melewati segalanya. Ada hubungan unik di antara mereka, yang membuat Mira akhirnya bisa berdamai dengan masa lalunya.

Pemeran

Berikut beberapa aktor dan aktris yang terlibat di dalam film ini:

  • Adinia Wirasti sebagai Miranda Arundati
  • Rio Dewanto sebagai Adrian
  • Ganindra Bimo sebagai Mika
  • Aisyah Aqilah sebagai Azizah
  • Sintya Marisca sebagai Sari
  • Giselle Tambunan sebagai Dinda
  • Jordan Haag sebagai Rigel
  • Ayu Dyah Pasha sebagai Nuraini
  • Lukman Sardi sebagai Yusuf
  • Yayu Unru sebagai Majid
Baca Juga :  Sinopsis Perjalanan Pertama, Dibintangi Aktor Beda Generasi dari Indonesia dan Malaysia

 

Review Film Kamu Tidak Sendiri

gambar istimewa

Lahir dari cerita gagasan Lukman Sardi, kemudian ditulis naskahnya oleh Titien Wattimena, Kamu Tidak Sendiri memiliki bentuk menarik. Berlatar di tengah gempa dahsyat, ini bukan tentang hancurnya seisi kota akibat bencana, tapi bagaimana bencana itu berdampak pada segelintir individu.

Ada dua tokoh sentral, yakni Mira (Adinia Wirasti), bos yang dikenal galak oleh anak buahnya, dan Adrian (Rio Dewanto), mantan anggota SAR yang kini menjadi sekuriti gedung kantor Mira. Suatu malam setelah lembur, Mira berada satu lift dengan Mika (Ganindra Bimo), yang sudah lama menjadi pengagum rahasianya. Mendadak lift tersebut macet, mengurung Mira bersama pria yang baru dikenalnya.

Banyak yang mempertanyakan fungsi Mika di narasinya. Jika diniati sebagai pemicu kesediaan Mira membuka diri pada orang lain (selama ini dia menutup diri, baik dari keluarga maupun rekan kerja), rasanya kurang sesuai. Pertama, karena tutur kata Mika memberi kesan creepy, yang ada di garis batas antara pengagum dan penguntit. Kedua, peran itu sudah diemban Adrian, begitu ia berkomunikasi dengan Mira melalui interkom.

Dimulainya interaksi Mira-Adrian turut mengawali titik balik Kamu Tidak Sendiri, dari thriller satu lokasi biasa, menjadi tuturan yang berorientasi psikis. Banyak penonton juga mengira Adrian bakal melakoni peran ala jagoan dalam film bencana, dengan menjadi heroik muncul sebagi penyelamat. Rupanya tidak, malah justru hampir tidak pernah melihat wajah Adrian, dan lebih banyak mendengar suaranya.

Inilah yang menjadikan daya tarik terbesar filmnya. Bukan sebuah upaya bertahan hidup sarat aksi, melainkan soal kekuatan kata-kata dalam interaksi manusia. Adrian memberi pertolongan pertama, yang bukan (hanya) menyasar fisik, pula psikis. Naskahnya secara bertahap membangun hubungan kedua tokoh, menjadikan ikatan keduanya terasa masuk akal, ketika pelan-pelan mereka (khususnya Mira) mulai membuka diri.

Baca Juga :  4 Serial Netflix Adaptasi Novel yang Wajib Diketahui!

 

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,200SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles