28 C
Jakarta
Tuesday, April 16, 2024

9 Kota Terpanas di Indonesia

Beberapa waktu terakhir, terdapat beberapa kota terpanas di Indonesia menurut pantauan dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika atau BMKG. Sebagian wilayah di Indonesia belakangan ini memang sedang mengalami suhu panas yang tinggi. Hal tersebut terjadi karena posisi matahari yang sedang berada di wilayah utara ekuator, dan menjadikan pertumbuhan awan hujan semakin berkurang. Tingginya suhu tersebut tersebut dapat dirasakan di berbagai daerah di Indonesia yang belakangan terasa begitu panas. Kota dan daerah mana sajakah itu?

Daftar Urutan Daerah Terpanas di Indonesia

gambar istimewa

Dibandingkan dengan negara subtropis, Indonesia yang merupakan negara tropis memang lebih panas. Di bawah ini urutan 9 daerah dan kota terpanas yang ada di Indonesia:

Ciputat, Kota Tangerang Selatan, Banten

gambar istimewa

Ciputat adalah sebuah kecamatan di Kota Tangerang Selatan, Provinsi Banten. Sebelum pendirian Kota Tangerang Selatan, Ciputat merupakan kecamatan dari Kabupaten Tangerang. Menurut Balai Besar Wilayah 2 Ciputat, suhu Ciputat mencapai 36 derajat celcius di mana daerah ini menjadi wilayah terpanas di Indonesia.

Kabupaten Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah

gambar istimewa

Kabupaten Kotawaringin Barat adalah salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Tengah. Ibu kota kabupaten ini terletak di Pangkalan Bun. Menurut stasiun meteorologi Iskandar, suhu udara Kotawaringin Barat pernah mencapai 35,8 derajat celcius.

Kota Palembang, Sumatra Selatan

gambar istimewa

Palembang adalah ibu kota dan kota terbesar di provinsi Sumatra Selatan. Kota dengan luas wilayah 400,61 km² ini dihuni oleh lebih dari 1,6 juta penduduk pada 2020. Suhu udara kota yang terkenal dengan Sungai Musinya ini juga termasuk terpanas di Indonesia, yaitu mencapai 35,1 derajat celcius menurut stasiun klimatologi Palembang.

Kota Medan, Sumatra Utara

gambar istimewa

Medan adalah ibu kota provinsi Sumatra Utara, Indonesia. Kota ini merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia setelah DKI Jakarta dan Surabaya serta kota terbesar di luar pulau Jawa. Terletak hampir di ujung pulau Sumatra, kota Medan juga tercatat sebagai kota terpanas dengan suhu 34,8 derajat celcius menurut Balai 1 BMKG.

Tiwatobi, Kabupaten Flores Timur, NTT

gambar istimewa

Daerah terpanas selanjutnya dipegang oleh Tiwatobi. Tiwatobi merupakan salah satu desa yang ada di kecamatan Ile Mandiri, kabupaten Flores Timur, provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Suhu udara di daerah ini menurut stasiun meteorologi Gewayantana mencapai 34,8 derajat celcius.

Kota Jayapura, Papua

gambar istimewa

Kota terpanas yang ada di Indonesia selanjutnya ialah Jayapura. Menurut stasiun meteorologi Sentani, kota Jayapura mencapai suhu udara 34,8 derajat celcius.

Kota Bandar Lampung, Lampung

gambar istimewa

Kota Bandar Lampung adalah sebuah kota di Indonesia sekaligus ibu kota dan kota terbesar di Provinsi Lampung. Dengan kepadatan 5.332/km2, Bandar Lampung merupakan salah satu kota terpadat di Pulau Sumatra, serta termasuk salah satu kota besar di Indonesia dan Kota terpadat di luar Pulau Jawa. Menurut stasiun meteorologi Maritim Panjang) suhu daerah ini mencapai 34,6 derajat celcius.

Kota Banda Aceh, Aceh

gambar istimewa

Banda Aceh merupakan kotamadya dan ibu kota dari provinsi Aceh, provinsi paling Utara di pulau Pulau Sumatra, Indonesia. Sebagai pusat pemerintahan, Banda Aceh menjadi pusat kegiatan ekonomi, politik, sosial dan budaya. Dari stasiun meteorologi Sultan Iskandar Muda menyebutkan suhu daerah ini mencapai 34,4 derajat celcius.

Semarang, Jawa Tengah

gambar istimewa

Daerah terpanas di Indonesia di urutan kesepuluh jatuh pada kota Semarang. Kota Semarang adalah ibu kota Provinsi Jawa Tengah, Indonesia. Kota ini sekaligus menjadi Kota metropolitan terbesar kelima di Indonesia setelah Jakarta, Surabaya, Bandung, dan Medan. Stasiun meteorologi Maritim Tanjung Emas mengungkapkan bahwa suhu daerah ini mencapai 34,4 derajat celcius.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles