25 C
Jakarta
Saturday, February 4, 2023

Makanan dan Minuman Khas Gorontalo Sulawesi!

Gorontalo, sebuah kota yang memiliki julukan “Kota Serambi Madinah” atau sering juga disebut Kota Hulontalo merupakan Ibukota Provinsi Gorontalo yang letaknya berada di Pulau Sulawesi Utara. Kota ini terkenal akan eksotisnya keindahan alam di sana.

Gorontalo memang terkenal, namun masih jarang orang yang menyinggahinya, sehingga keindahan alamnya masih sangat terjaga secara natural. Kekayaan Gorontalo bukan hanya keindahan alam saja. Namun, dalam segi kuliner, Gorontalo juga menyimpan segudang makanan khas yang lezatnya tak kalah dengan kuliner di daerah lain.

Binte Biluhuta

gambar istimewa

Gorontalo, terkenal sebagai daerah penghasil jagung yang subur. Oleh masyarakat pribumi, hasil bumi tersebut dimanfaatkan untuk menciptakan kuliner khas Gorontalo, yaitu ‘Binte Biluhuta’. Nama Binte yang berarti jagung, sedangkan biluhuta yaitu disiram. Jadi diartikan secara bahasa adalah jagung yang disiram. Binte Biluhuta ini paling enak disantap saat masih panas. Racikannya sendiri terdiri dari jagung putih ketan, dicampur dengan parutan kelapa, udang dan suwiran ikan cakalang, kemudian disiram dengan kuah berbumbu rempah-rempah khas Gorontalo.

Es Brenebon

gambar istimewa

Nah kalo kamu berkunjung ke Gorontalo, saat siang bolong paling nikmat menyantap kesegaran ‘Es Brenebon’ minuman khas Gorontalo. Brenebon adalah sebutan oleh masyarakat Gorontalo, lebih dikenal luasnya yaitu es kacang merah. Es Brenebon ini memang paling nikmat disantap siang hari, untuk menemani waktu santai kamu. Tak hanya cita rasa yang nikmat, minuman es ini juga memiliki banyak manfaat yang menyehatkan. Bahan utama kuliner minuman ini menggunakan kacang tanah yang berwarna merah.

Tili Aya

gambar istimewa

Tili Aya merupakan kuliner khas Gorontalo yang disajikan sangat sederhana. Biasanya Tili Aya disajikan sebagai lauk atau pelengkap nasi dan makanan berat lainnya di setiap acara-acara adat. Tili Aya terbuat bahan dasar gula merah, dicampur dengan beberapa butir telur, lalu ditambahkan santan kelapa. Setelah semua tercampur, adonan tersebut dikukus hingga matang. Pembuatan Tili Aya ini memang terbilang mudah.

Baca Juga :  Tempat wisata di Gorontalo yang wajib kalian kunjungi

Ayam Iloni

gambar istimewa

Secara tampak rupanya memang sama seperti ayam bakar atau ayam panggang lainnya. Namun, yang menjadi perbedaan itu adalah bumbunya. Racikan bumbu yang digunakan sebagai penyedap rasa Ayam Iloni ini menggunakan rempah-rempah jahe, kemiri, kunyit, bawang merah dan putih, serta beberapa rempah khas Indonesia lainnya.Dari campuran rempah-rempah tersebut menghasilkan racikan bumbu yang nikmat. Serta ditambah dengan santan yang membuat cita rasa Ayam Iloni semakin sempurna.

Illabulo

gambar istimewa

Mungkin bagi anda yang bukan orang Gorontalo jika melihat makanan ini pasti akan mengira ini pepes. Illabulo memang tampak sekilas seperti pepes. Tapi, coba dulu cicipi cita rasanya. Jika dirasakan maka akan terasa sangat berbeda sekali dengan pepes.Illabulo adalah makanan khas Gorontalo yang terbuat dari sagu dan ati ayam. Dalam pengolahannya dimasak menggunakan santan. Biasanya Illabulo disajikan oleh masyarakat Gorontalo sebagai hidangan makan siang.

Kue Karawo

gambar istimewa

Oleh-oleh khas Gorontalo yang satu ini bernama ‘Kue Karawo’, adalah kue yang penyajiannya dihias seperti motif Kain Karawo. Kue karawo terbuat dari campuran tepung terigu, telur, mentega, susu, gula, maizena, dan vanili.Setelah semua bahan tersebut diolah, lalu menjadi adonan yang siap untuk dicetak. Adonan kue karo dicetak menyesuaikan selera, namun kebanyakan adonan dibentuk hati atau bulat. Setelah adonan telah dicetak semua, lanjut pada proses panggang pada oven. Setelah dipanggang, lalu bagian atas kue dihias dengan krim.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles