28.4 C
Jakarta
Sunday, February 5, 2023

Tumbuhan dan Hewan yang Dapat Hidup di Dataran Tinggi

Dataran tinggi adalah sebuah dataran yang terletak di ketinggian 700 mdpl. Dataran tinggi umumnya bercuaca dingin, perlu kekebalan tubuh yang baik untuk bertahan hidup di dataran tinggi. Oleh karena itu, tidak semua hewan dan tumbuhan dapat hidup di dataran tinggi.

Beberapa hewan yang dapat dibudidayakan di daerah dataran tinggi

gambar istimewa

Sapi

Sapi adalah salah satu hewan ternak yang bisa hidup di dataran tinggi dan makanan utama sapi adalah rumput yang banyak ditemukan di dataran tinggi. Beberapa penelitian menyatakan bahwa sapi memiliki kekebalan tubuh untuk menahan udara dingin dan Ketersediaan rumput sebagai makanan juga menjadikan sapi mampu bertahan hidup di dataran tinggi.

Domba

Domba merupakan salah satu hewan peliharaan yang dapat bertahan hidup di dataran tinggi. Di Indonesia terdapat berbagai jenis domba seperti domba ovis dan domba peliharaan biasa. Domba adalah hewan herbivora, dimana rumput sebagai makanan pokoknya dan dataran tinggi sangat cocok bagi berbagai jenis domba.

Kuda

Kuda adalah hewan yang memiliki daya tahan tubuh kuat dan bisa hidup di dataran yang bersuhu dingin. Makanan pokok kuda adalah rumput dan banyak jenis rumput beserta dedaunan yang tersedia di dataran tinggi.

Kerbau

Kerbau adalah salah satu hewan ternak yang populer di Indonesia. hewan ini memiliki kekebalan tubuh yang sangat baik, sehingga kerbau sering digunakan untuk membajak sawah.

Kambing

Hewan kambing memiliki kekebalan tubuh yang baik, sehingga menjadi salah satu hewan yang bisa hidup di dataran tinggi. Kambing sering dimanfaatkan manusia sebagai hewan penghasil daging.

Lutung

Lutung (atau dalam bahasa lain disebut langur) merupakan kelompok monyet Dunia Lama yang membentuk genus Trachypithecus. Secara garis besar, lutung tersebar di dua wilayah: Asia Tenggara (India barat daya, Tiongkok selatan, Kalimantan, dan Bali) dan India selatan berikut Sri Lanka.

Baca Juga :  Cara Menggunakan Cengkih sebagai Pestisida Alami untuk Tanaman

Lutung berbadan langsing dan berekor panjang. Warna bulu (rambut) tubuhnya berlainan tergantung spesiesnya, dari hitam dan kelabu, hingga kuning emas. Jika dibandingkan dengan kakinya, tangan lutung terbilang pendek, dengan telapak yang tidak berbulu. Ukuran lutung berkisar antara 40-80 cm, dengan berat 5-15 kg; pejantan berbadan lebih besar daripada betinanya. Tonjolan di atas matanya membedakan lutung dari saudara dekatnya, surili.

Tumbuhan ada banyak macam jenis tanaman yang di dataran tinggi

gambar istimewa

Kakao

Tanaman ini dapat tumbuh baik di ketinggian sekitar 1200 mdpl. Selain itu, suhu yang cocok untuk Kakao yaitu berada di 18-30 C.

Selada

Tanaman ini akan cocok di dataran dengan ketinggian 500-2000 mdpl, supaya daunnya yang lebih hijau serta segar, dan suhunya harus berada disekitar 17- 21C.

Wortel

Wortel adalah sayuran yang dapat tumbuh di tanah bertekstur baik, seperti andosol, latosol, regosol, dan alluvial. Semua jenis tanah tersebut hanya ada di dataran tinggi, yang mulai dari 1.200 hingga 1.500 mdpl. Suhu dingin dibutuhkan oleh wortel untuk menyerap mineral dan nutrisi.

Buah Stroberi

Di Indonesia sendiri stroberi sangat cocok ditanam di daerah dataran tinggi dengan ketinggian minimal 1000 mdpl dengan curah hujan 600-800 mm per tahun. Stroberi sangat cocok ditanam di daerah bersuhu 20C serta kelembaban 75-90%.

Kubis

Sayuran yang satu ini dapat bertahan di daerah yang memiliki suhu 14-20 C serta pada ketinggian 700-2.000 mdpl. Hal tersebut disebabkan karena daunnya membutuhkan kelembaban yang lebih tinggi.

Teh

Teh adalah tanaman dataran tinggi dengan media tanam lembab serta kering. Suhu yang dibutuhkan sekitar dari 14-25C, dengan ketinggian sekitar 1.500 mdpl.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles