28.4 C
Jakarta
Sunday, February 5, 2023

Inilah Penyebab dan Cara Mengurangi Perasaan Kesepian

Setiap orang pasti pernah merasa kesepian. Terlebih, pada masa awal pandemi yang mengharuskan kita melakukan pembatasan sosial. Alhasil, interaksi yang sebelumnya dibangun lewat bertatap muka, harus diubah menjadi daring. Merasa kesepian merupakan hal wajar yang dialami manusia. Akan tetapi, perasaan ini bisa jadi berbahaya jika kita mengalami periode kesepian yang cukup intens. Bahkan, hal ini bisa memicu masalah mental yang lebih besar.

Awal Mula Munculnya Perasaan Kesepian

kesepian

Perasaan kesepian bisa muncul karena pengaruh dari internal dan eksternal. Karena, “Terkadang, loneliness bukan hanya selalu merasa sendiri secara fisik, namun merasa sepi di tengah keramaian juga sering dirasakan oleh kita,” ungkap Azzah. Adapun pengaruh dari dalam diri disebabkan adanya masalah sosialisasi yang pemicunya dari orang lain. Misalnya, perasaan trauma karena pernah dikucilkan atau dirundung. Hal ini tentunya sangat memengaruhi kesehatan mental seseorang. Penyebab kedua adalah dari luar diri. Biasanya, hal ini terjadi karena seseorang tidak berada di lingkungan yang tepat. Alhasil, orang tersebut pun tak nyaman karena nihilnya ketertarikan yang sama.

Penyebab seseorang merasa kesepian

penyebab kesepian

Rasa sepi dan kesepian juga sering muncul secara tiba-tiba dan tanpa alasan hingga membuat kita merasa bingung dengan diri kita sendiri. Padahal kenyataannya, berbagai emosi dan perasaan manusia adalah respon terhadap berbagai hal yang kita alami sebagai makhluk hidup. Jadi, akan selalu ada alasan dan penyebab rasa sepi dan kesepian itu muncul. Perasaan ini tentu membuatmu merasa tidak nyaman.

Berikut adalah penyebab yang mungkin menjadi alasan seseorang merasa kesepian.

  • Tidak tahu cara untuk terhubung dengan orang lain.
  • Merasa takut dengan hubungan yang intim
  • Mengalami berbagai perubahan
  • Terlalu mementingkan orang lain dan sulit bergantung dengan orang lain
  • Tidak terhubung dengan diri sendiri
  • Merasa tidak ada yang mengerti dan memahami
  • Merasa tidak berguna
  • Menghabiskan waktu dengan orang-orang yang salah
  • Depresi
Baca Juga :  Lambangkan Status Sosial, Jam Tangan Emas ini Layak Dikoleksi

Dampak Buruk dari Kesepian

dampak kesepian

Memiliki relasi adalah suatu kebutuhan bagi manusia. Jika seseorang selalu merasa sendiri, tentu akan ada dampak buruk yang menanti. Melansir dari PsychologyToday, kesepian bisa menghancurkan mental kita. Biasanya, hal ini dimulai dengan adanya perasaan bahwa diri kurang berharga yang dipicu oleh minimnya teman. Hal itu lantas membuat kita, “Merasa tidak ada yang peduli dan memahami perasaan saya. Jadinya, semua masalah saya simpan sendiri.”

Perasaan terisolasi itu lantas memicu hormon stres yang berlebihan. Dampaknya pun bisa mengikis arteri kita sehingga timbul tekanan darah tinggi dan kerusakan fungsi kognitif. Tak hanya itu, penelitian Cacioppo (2014) menunjukkan bahwa kesepian juga bisa memicu obesitas, melemahkan sistem kekebalan tubuh, gangguan kecemasan, depresi, alzheimer, hingga kematian.

Cara Mengurangi Perasaan Kesepian

mengurangi kesepian

Oleh sebab itu, jika sudah merasa tak nyaman dengan rasa kesepian itu, kita harus segera mencari solusi untuk menyembuhkannya. Pertama adalah memaafkan diri sendiri dan mencoba menerima keadaan. Bisa saja rasa kesepian muncul karena kita masih terjebak dengan suatu hal traumatis. Yakinkanlah kepada diri sendiri bahwa hal itu bukanlah sebuah aib yang harus ditutupi. Terimalah perasaan traumatis itu sebagai bagian dari diri. “Tidak apa-apa ketika kita merasa tidak baik-baik saja. Terimalah perasaan itu. Terkadang, semakin kita menerima, semakin jiwa merasa lega,” pungkas Azzah.

Setelah perlahan-lahan menerima kekurangan diri, kita juga harus berani mencoba untuk menjalin relasi. Meskipun tahap ini sangat sulit dilakukan, tapi kita harus bisa keluar dari zona nyaman. Mulailah dengan membuka diri pada orang-orang yang selalu berada di samping kita. Kita juga tidak perlu memiliki banyak teman. Hal terpenting adalah temukanlah teman yang mau membantu dan menerima kita apa adanya.

Baca Juga :  Tipe Kepribadian yang Jago Simpan Rahasia

 

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles