31.1 C
Jakarta
Thursday, March 28, 2024

Minuman dari Makassar yang Menyegarkan!

Makassar merupakan salah satu kota di Indonesia yang kaya wisata, mulai dari wisata pantai hingga air terjun. Tak heran jika kota ini menjadi tujuan para wisatawan saat liburan. Tidak hanya memiliki banyak tempat wisata, Makassar juga memiliki kuliner yang unik. Salah satu kuliner kota Makassar adalah minuman khas dari daerah ini yang tidak bisa ditemukan di daerah lain. Penasaran apa saja minuman yang ada di Makassar? Yuk langsung aja disimak artikel dibawah ini :

Pallu Butung

es pallu butung

Memiliki nama yang unik, minuman ini dibuat dari campuran bubur tepung beras dan pisang raja yang ditambahkan sirup. Pallu butung merupakan minuman yang sangat nikmat disantap saat lapar. Minuman ini sangat cocok dinikmati di sore hari. Selain itu, bubur tepung beras dan pisang yang merupakan isian,  bisa mengenyangkan perut yang lapar setelah seharian mengelilingi kota Makassar.

Pallu butung dapat disajikan hangat maupun dengan es. Sajian hangat pallu butung biasanya menggunakan kuah santan yang dimasak hingga matang. Minuman ini sangat pas dinikmati saat panas, dengan menambahkan sirup DHT dan serutan es yang semakin menambah segar. Di daerah Makassar, minuman es pallu butung sangat mudah dijumpai, apalagi ketika bulan puasa.

Sarabba

sarabba

Minuman ini mungkin hampir sama dengan minuman ronde yang ada di Jawa. Namun, sarabba memiliki rasa yang lebih unik karena dibuat dari berbagai macam rempah-rempah seperti jahe, kayu manis, merica bubuk, biji pala bubuk dan gula jawa. Minuman ini biasanya ditambahkan dengan santan dan kunig telur kampung sebelum dihidangkan. Sarabba akan lebih nikmat jika diminum saat dingin, karena dapat menghangatkan tubuh.

Tidak hanya nikmat dan menghangatkan tubuh, khasiat telur yang ditambahkan pada minuman sarabba dapat menghilangkan penat dan mengembalikan energi yang hilang. Khasiat rempah-rempah pada sarabba yang dapat menghangatkan tubuh sehingga keluar keringat, dipercaya dapat menyembuhkan penyakit flu dan masuk angin dengan cepat.

Es Pisang Ijo

es pisang ijo

Segar dan mengenyangkan, es pisang ijo sangat cocok saat diminum siang hari. Dinamakan es pisang ijo karena pisan pada minuman ini dibalut dengan adonan tepung ketan yang berwarnarna hijau. Es pisang ijo memiliki isian yang hampir sama dengan pallu butung. Yang membedakan adalah isian pisang pada es pisang ijo, dibalut dengan adonan tepung ketan. Selain itu, minuman ini biasanya diberi tambahan kacang tanah sangrai sebelum dihidangkan.

Bahan dasar pisang ijo menggunakan pisang raja, karena memiliki tekstur yang padat meskipun matang. Es pisang ijo biasanya dihidangkan dengan sirup, es serut dan santan secukupnya. Pisang yang dibalut dengan adonan tepung ketan, dipotong-potong terlebih dahulu lalu disajikan di dalam mangkuk. Perpaduan dari rasa legit dari pisang dan gurihnya santan, serta manisnya sirup yang ditambah dengan dingginnya es,membuat rasanya sangat unik.

Sirup Markisa

sirup markisa

Di Sulawesi Selatan, markisa tumbuh dengan sangat subur, tepatnya di Kelurahan Malino, Kabupaten Gowa. Tak heran jika Makassar sendiri dapat memanfaatkan buah ini menjadi salah satu minuman khasnya, apalagi jika bukan sirup markisa. Sirup markisa khas Makassar punya cita rasa yang berbeda. Pasalnya, proses pengolahan sirup markisa di kota ini melalui sejumlah tahapan, mulai dari pencucian, ekstraksi buah, pengemasan dalam botol, sampai pasteurisasi. Rasa asam khas buah markisa masih terasa ketika kamu meminum sirup ini. Pembuatnya akan menambahkan sedikit gula untuk menetralisir rasa asam tersebut.

Kopi Susu Makassar

kopi susu makassar

Minuman kopi mungkin bisa kamu temukan dengan mudah di setiap daerah di Indonesia. Namun, perlu kamu ingat bahwa setiap daerah pasti mempunyai cara unik atau resep tersendiri dalam mengolah minuman kopinya. Sama halnya dengan Makassar, kota ini juga mempunyai resep rahasia tersendiri untuk mengolah kopi. Bahkan, ada banyak tempat minum kopi di Makassar yang mengunggulkan menu kopi susu yang mungkin tampak sederhana.

Nah demikianlah beberapa minuman dari Makassar yang menyegarkan dan tentunya jangan lupa untuk kalian coba ya!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles