29.9 C
Jakarta
Saturday, January 28, 2023

5 Fitur yang Bisa Dilakukan di HP Android!

Debat untuk mencari tahu mana yang lebih baik antara Android dan iOS tidak akan pernah usai. Dari tahun ke tahun, keduanya menghadirkan banyak peningkatan dan perubahan UI, di samping beberapa fitur yang tak jauh berbeda.

Akan tetapi, terlepas dari hal-hal baru yang diberikan Apple terhadap iOS, ternyata masih ada banyak hal yang eksklusif di Android alias tidak bisa digunakan di iOS atau dirasakan oleh pengguna iPhone. Ada apa saja? yuk langsung disimak artikel dibawah ini :

Membuat lebih dari satu akun pengguna

Multiple Users dan Guest Mode menjadi fitur yang sangat membantu pengguna yang juga berbagi HP dengan keluarga atau orang lain. Meski digunakan oleh banyak orang, tetapi fitur ini tetap menjaga privasi pengguna utama dari pengguna lain. Setiap pengguna bisa memiliki password, data, dan aplikasi yang berbeda-beda. Selain itu, pengguna lain juga bisa langsung menginstal aplikasi dari pengguna utama tanpa harus mengunduh lagi di Play Store. Di Android, fitur yang satu ini pertama kali diperkenalkan lewat Android 5.0 pada tahun 2014.

Mengakses penyimpanan internal via kabel USB

Ketika dihubungkan ke PC lewat kabel USB, iPhone hanya memberi pengguna akses ke foto dan video. Android, di sisi lain, memberi kebebasan kepada pengguna untuk mengakses semua yang ada di penyimpanan internal maupun eksternal. Dari situ, pengguna bisa dengan mudah berbagi file dari Android ke PC atau sebaliknya. Tidak hanya itu, Android juga memiliki opsi USB tethering untuk memanfaatkan HP sebagai sumber koneksi internet bagi PC yang terhubung. Jika tidak ingin berbagi file, pengguna juga bisa memilih opsi No data transfer untuk hanya mengisi daya.

Kustomisasi home screen

Opsi untuk kustomisasi home screen selalu terbatas di iPhone. Pada iOS 14, Apple memperkenalkan beberapa fitur baru seperti App Library dan Home Screen Widget, tetapi itu masih jauh ketinggalan dibanding apa yang ditawarkan Android. Mulai dari mengganti desain ikon hingga menggunakan launcher berbeda, Android memiliki segudang cara untuk kustomisasi home screen. Beberapa lainnya termasuk mengubah ukuran atau konfigurasi kolom aplikasi, menyembunyikan aplikasi tertentu, dan menampilkan akumulasi jumlah notifikasi masuk di ikon aplikasi.

Baca Juga :  WhatsApp Akan Rilis Fitur Keluar Grup Diam-diam, Asyik!

Menggandakan aplikasi

Di Android, pengguna bisa menggandakan aplikasi dan menggunakan dua akun berbeda pada masing-masing aplikasi. Misalnya, jika pengguna ingin memiliki dua nomor WhatsApp dalam satu HP, maka mereka tinggal menggandakan WhatsApp dan masuk dengan akun atau nomor baru di aplikasi kloningannya. Beberapa brand seperti Xiaomi, Samsung, dan OnePlus menghadirkan fitur-fitur secara bawaan dan bisa diakses di pengaturan. Akan tetapi jika tidak ada, pengguna bisa dengan mudah mengunduh aplikasi pengganda aplikasi di Play Store secara gratis.

Mengganti aplikasi default

Dukungan mengganti aplikasi default selalu menjadi sesuatu yang membuat iPhone tampak kurang ramah pengguna. Setelah iOS 14 dirilis, iPhone memang memberi opsi untuk mengganti aplikasi default namun hanya untuk aplikasi e-mail dan browser. Android di sisi lain jauh lebih terbuka, yang mana pengguna bisa mengganti semua aplikasi default mulai dari aplikasi telepon, pesan, asisten digital, dan banyak lagi ke aplikasi pihak ketiga yang mungkin punya UI lebih bagus dan fitur yang lebih lengkap.

Nah, itulah tadi ulasan mengenai beberapa fitur yang bisa dilakukan di HP Android tetapi tidak bisa di iPhone. Dengan beberapa fitur eksklusif di atas, bagaimana pendapat kalian? Apakah Android bisa dikatakan lebih unggul daripada iPhone?

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,200SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles