29 C
Jakarta
Sunday, February 5, 2023

Artis Baim Wong Akhirnya Lepas Citayam Fashion Week

Artis Baim Wong memutuskan melepas niatannya untuk mendaftarkan Citayam Fashion Week sebagai Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI). Baim Wong memberikan pernyataan melalui Instagram-nya, Selasa (26/7/2022).

“Jadi memang kita mau melepaskan karena menurut saya enggak mau jadi kayak seperti ini ya, enggak ada niatan kita,” ujar Baim Wong.

Baim Wong mengurungkan niatnya untuk mendaftarkan HAKI bersama Bonge, Roy, Jeje, dan Kurma. “Tadinya juga berpikir akan dibikin HAKI bareng-bareng sama mereka, cuma saya bilang daripada berkelanjutan, kayaknya saya pun bisa bilang enggaklah karena kita juga niatannya tidak ke sana sama sekali,” lanjut Baim. Ia menegaskan awalnya ingin mendaftarkan Citayam Fashion Week sebagai merek untuk membuat kompetisi besar, bukan mencari keuntungan.

Sedih juga pas baca ‘Mengambil untung dari ini’. Aduh saya bilang, malah kita mau menjadikan ini ajang besar dan hasilnya buat mereka semua,” tutur Baim. Diberitakan sebelumnya, Baim Wong membenarkan tentang perusahaannya, PT Tiger Wong Entertainment yang mendaftarkan merek Citayam Fashion Week.

PT Tiger Wong Entertainment tercatat mengajukan permohonan kekayaan intelektual untuk merek “Citayam Fashion Week” pada 20 Juli 2022 dengan nomor pendaftaran JID2022052181. Namun, tindakan Baim Wong tersebut menuai kritik dari berbagai pihak, termasuk sejumlah selebritas hingga Ridwan Kamil.

Tindakan Baim Wong menuai kritik

Baim Wong

Baim kemudian memberikan penjelasan tentang maksud dan tujuannya mendaftarkan merek Citayam Fashion Week. “Saya hanyalah orang yang punya visi menjadikan Citayam Fashion week sebagai ajang untuk membuat trend ini menjadi wadah yang legal dan enggak musiman. Dan yang paling penting, bisa memajukan fashion Indonesia di mata dunia,” tulis Baim di akun Instagram @baimwong.

Baim Wong juga mengaku sudah membahas hal itu bersama Bonge. Bonge merupakan salah satu remaja yang viral di area Citayam Fashion Week. “Tujuan besarnya lebih untuk kalian, lebih untuk Indonesia. Saya peduli dengan negara saya,” lanjut Baim Wong.

Baca Juga :  Polisi Gandeng Densus Menyelidiki Perampokan Toko Emas di Serpong

Tanggapan DJKI Kemenkumham

Baim Wong

Sementara itu, Koordinator Humas Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham Irma Mariana menyebut permohonan merek Citayam Fashion Week dari perusahaan Baim Wong sudah masuk. Namun, dia mengatakan prosesnya masih lama.

“Memang sudah masuk dalam permohonan pengajuan. Tapi kita kan ada berapa tahapan lagi, masih jauh untuk bisa menentukan apakah merek itu bisa diberikan atau tidak,” kata Irma saat dihubungi, Minggu (24/7/2022).

Baim Wong menyampaikan permohonan maaf

Baim Wong

Dia lantas berbicara soal Citayam Fashion Week sebagai domain publik. Dia menyampaikan permohonan maaf karena baru mengerti.

“Cuma, kalau saya balik lagi, nggak apa-apa. Memang mungkin salah saya ketika awalan, harusnya saya agak mengerti ini adalah domainnya publik. Saya kan belum terlalu mengerti begitu, ya maaf ya soal IP. Makanya tadi ada orang ke sini menjelaskan mengenai IP,” imbuh Baim Wong.

“Jadi menurut saya, baru penjelasan itu saya mengerti karena Harajuku pun yang punya Jepang dia tidak ada ininya, karena itu domain publik. Oh begitu ya, saya bilang. Memang saya tidak tahu dan maaf banget kalau memang saya itu begitu, tapi jauh sekali dengan persepsi orang yang mengambil untung atau gimana, malah saya mau kebalikannya, mau menjadikan ini seperti sebagai ajang yang bagus,” beber Baim Wong.

Sebelumnya, diketahui bahwa permohonan PT Tiger Wong tersebut teregistrasi dengan nomor JID2022052181. Permohonan itu diterima PSDKI Kemenkumham pada 20 Juli 2022.

Citayam Fashion Week yang diajukan PT Tiger Wong diterima pada 20 Juli 2022 dengan nomor permohonan JID2022052181. Citayam Fashion Week, dalam permohonan perusahaan Baim Wong, disebut sebagai hiburan dalam peragaan busana hingga podcast.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles