31.6 C
Jakarta
Saturday, February 4, 2023

5 Mie Khas Korea Selatan yang Cocok Untuk Temani Saat Nonton KDrama

Kuliner khas Korea kini menjadi salah satu kuliner yang sedang diminati karena ia kerap muncul di setiap season KDrama. Karena sering muncul itulah, tentu membuat para penonton setianya dibuat penasaran akan kelezatan makanan khas Negeri Ginseng tersebut.

Sebenarnya ada banyak makanan khas Korea yang bisa kamu untuk kamu coba, salah satunya dari bahan dasar mie ini. Didominasi bercita rasa pedas dan gurih, berikut dibawah ini merupakan kuliner mie khas Korea Selatan yang bisa kamu coba sambil nonton KDrama:

Ramyeon

ramyeon

Mie Ramyeon sering dianggap serupa dengan ramen, padahal keduanya sangat berbeda baik dari bahan pembuatan serta penyajiannya. Ramyeon sendiri adalah mie instan yang begitu populer di Korea karena terkenal memiliki harga menjangkau berbagai kalangan.

Dalam penyajian ramyeon pun sangat instan, yakni cukup diseduh dengan bumbu pendamping dan mie ramyeon sudah siap dinikmati selagi hangat.

Naengmyeon

naengmyeon

Hidangan mie yang satu ini berbahan dasar mie soba yang disajikan dari kuah kaldu sapi dingin yang berisikan irisan timun, irisan daging, dan sayuran. Mie ini juga menawarkan cita rasa gurih dengan sensasi dingin, umumnya naengmyeon dinikmati oleh warga Korea disaat musim panas.

Meski berbeda dengan penyajian mie pada umumnya yang disajikan selagi hangat, namun naengmyeon selalu dinanti saat musim panas di Korea. Terlebih, sajian mie dingin ini memiliki dua varian di antaranya naengmyeon dan mul naengmyeon, sehingga penikmatnya bisa memilih antara versi kuah atau tanpa kuah.

Japchae

japchae

Kuliner mie ini kerap disamakan dengan bihun goreng karena konon memiliki tampilan yang mirip. Padahal, japchae sendiri terbuat dari dangmyeon alias sohun berbahan dasar ubi jalar. Lalu,dangmyeon yang telah direbus ini nantinya diberi tumisan bumbu minyak wijen, bawang putih, kecap asin, dan gula.

Baca Juga :  Resep Pancake Durian Pelangi

Setelah itu, daengmyeon diberi pelengkap daging sapi dan sayuran seperti wortel, paprika, jamur, bawang bombay, serta bayam. Rasanya gurih menjadikan japchae sebagai menu utama yang disantap bareng dengan nasi.

Jajangmyeon

jajangmyeon

Mie ini awalnya berasal dari sebuah restoran di Shandong, Cina yang dikelola oleh seorang imigran Cina. Mengingat jaraknya tak jauh dari Korea, wajar jika muncul anggapan bahwa jajangmyeon memiliki perpaduan antara masakan Cina-Korea. Sejak saat itu, jajangmyeon menjadi salah satu mie pasta kedelai hitam yang digemari hingga sekarang.

Apalagi, kini jajangmyeon menawarkan tiga varian di antaranya ada ganjajangmyeon  dengan mie dan saus yang terpisah, samseon jajangmyeon dengan saus bercampur hidangan laut, dan samseon ganjajangmyeon yang berisi mie dan saus olahan laut yang disajikan secara terpisah.

Jjampong

jjampong

Memiliki hasil laut yang melimpah menjadikan kuliner khas Korea banyak yang bercita rasa seafood, salah satunya seperti JjampongJjampong sendiri adalah sajian mie soba dengan sensasi rasa pedas gochugaru serta gurih dari makanan laut seperti kerang, udang, dan cumi-cumi.

Bisa dibilang kuliner pedas karena menyuguhkan kuah berwarna kemerahan, jjampong  memang paling cocok dinikmati saat musim dingin di Korea. Perpaduan pedas gurihnya bumbu dan aneka seafood menjadi kombinasi yang bikin badan menjadi hangat.

Kuliner mie tak hanya disukai oleh warga lokal, melainkan juga turis yang datang ke Korea. Tak heran jika banyak yang menyajikan mie ini dengan varian rasa sesuai selera masing-masing.

Nah, jadi itulah pembahasan tentang 5 mie khas Korea Selatan yang cocok untuk dijadikan teman saat nonton KDrama.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles