27 C
Jakarta
Saturday, January 28, 2023

Apa Itu Fenomena Aphelion yang Heboh Dikaitkan dengan Suhu Dingin di Bumi?

Fenomena Aphelion tengah diperbincangkan lantaran tersebar kabar adanya efek fenomena inipada suhu dingin di bumi. Fenomena antariksa ini merupakan kondisi saat posisi bumi berada jauh dari matahari. Berikut ini penjelasan terkait apa itu fenomena Aphelion. Jarak Bumi dan Matahari saat fenomena Aphelion terjadi yakni 94,51 juta mil atau sekitar 152,1 kilometer dari Matahari.

Mengenal Fenomena Aphelion

fenomena alphelion

Bumi akan menyelesaikan revolusinya untuk mengelilingi matahari. Karena lintasannya yang berbentuk elips atau 1/60 kelonjongan. Maka, bumi akan berada di jarak terdekat atau Perihelion dan jarak terjauh atau Aphelion dari matahari. Nantinya, Matahari akan tampak lebih kecil di langit dibandingkan waktu lainnya dalam satu tahun. Pada saat bersamaan bumi akan menerima radiasi paling sedikit dari matahari.

Diameter matahari akan terlihat sedikit lebih kecil dibandingkan rata-ratanya, yaitu sekitar 15,73 menit busur atau berkurang 1,68 persen. Saat posisi matahari di utara, maka tekanan udara di belahan utara akan lebih rendah dibandingkan belahan Selatan yang mengalami musim dingin. Menurut penjelasan Ahli Geofisika Chris Vaughan, ia mengawasi langit malam dengan perangkat lunak yang disebut dengan SkySafari.

Perangkat tersebut mengatakan saat bumi jauh dari matahari, maka suhu dingin ini muncul dari arah kemiringan sumbu bumi yang bertentangan dengan jarak ke matahari. Sudut kemiringan tersebut sangat berpengaruh pada lokasi yang terkena sinar matahari. Apakah lebih tinggi atau lebih rendah?

Penjelasan beberapa Ahli

fenomena aphelion

Beberapa ahli menjelaskan bahwa fenomena Aphelion terjadi setiap tahun pada sekitar bulan Juli. Efek kemiringan sumbu rotasi Bumi dibanding dengan bidang orbit hingga 23 derajat menyebabkan adanya perbedaan musim di bumi utara dan selatan.

Baru-baru ini tersebar hoaks yang menyatakan bahwa fenomena Aphelion ini menyebabkan suhu dingin yang terjadi pada beberapa waktu belakangan ini. Namun, seorang peneliti BRIN, Andi Pangerang menjelaskan bahwa fenomena Aphelion tidak berkaitan dengan suhu dingin yang melanda bumi beberapa waktu belakangan ini. Faktor iklim lah yang memiliki peran dan dampak besar pada perubahan suhu di suatu wilayah.

Baca Juga :  5 Fenomena Langit yang Bisa Diamati di Bulan Juni 2022

Fenomena Aphelion Tidak Berdampak pada Suhu di Bumi

fenomena aphelion

Saat fenomena Aphelion terjadi, diameter matahari akan terlihat lebih kecil dibandingkan rata-rata, yakni sekitar 15,73 menit busur atau berkurang 1,68 persen. Namun, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) menyebutkan posisi bumi yang berada pada titik terjauh dari matahari tidak akan berpengaruh pada suhu maupun panas yang diterima bumi. Panas dari matahari akan terdistribusi ke seluruh bumi, dengan distribusi yang juga dipengaruhi pola angin.

Fenomena Aphelion dan Perihelion

fenomena aphelion

Selain fenomena Aphelion, ada juga fenomena Perihelion yang akan terjadi. Dilansir dari situs Almanac, Perihelion adalah keadaan dimana titik orbit bumi yang terdekat dengan matahari. Pada tahun 2022, fenomena Perihelion ini akan terjadi pada 4 Januari pukul 1:52 A.M EST. Bumi akan 3% lebih dekat ke matahari, sekitar 5 juta km lebih dekat.

Fenomena Aphelion Juga Terjadi di Planet Lain

fenomena aphelion

Setiap planet memiliki titik-titik dalam orbitnya ketika mereka terjauh atau terdekat dari bintangnya. Misalnya, planet Mars memiliki orbit yang lebih elips daripada bumi. Sebagai perbandingan, orbit bumi tampak hampir melingkar, orbit yang hampir melingkar ini menjadi alasan mengapa iklim bumi relatif stabil.

Mars juga memiliki empat musim tetapi dua kali lebih lama karena dibutuhkan sekitar dua tahun bumi bagi Mars untuk mengelilingi matahari. Belahan selatan Mars memiliki musim semi dan musim panas yang lebih hangat dan lebih pendek daripada di utara, karena Mars paling dekat dengan Matahari menjelang akhir musim semi selatan. Selain itu, musim dingin selatan lebih lama karena Mars berada paling jauh dari matahari saat itu.

Jadi, itulah penjelasan singkat mengenai fenomena aphelion yang terjadi di bumi dan sekitarnya.

Baca Juga :  Ramai soal Bola Api Terbang Disebut Banaspati, Apa Itu?

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,200SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles