33.6 C
Jakarta
Sunday, February 5, 2023

Kapan Vaksinasi Covid-19 Dosis Keempat Dilakukan pada Masyakarat Umum?

Pemerintah akan menggulirkan vaksinasi Covid-19 dosis keempat dalam waktu dekat. Penerima vaksin Covid-19 dosis keempat diutamakan untuk tenaga kesehatan (nakes). Hal itu diungkapkan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin seperti diberitakan Kompas.com, Rabu (27/7/2022).

“Vaksin keempat sekarang sudah kita bagi, kita utamakan nakes dulu. Karena sekarang sudah enam bulan, data menujukkan imunitas menjadi menurun. Vaksin untuk nakes banyak, vaksin kita kan berlebih. Nakes ada 4 juta, vaksin kita sudah cukup kok,” kata Budi.

Menurutnya, stok vaksin Covid-19 saat ini masih berlimpah. Indonesia dipastikan tidak kekurangan vaksin untuk pemberian dosis keempat.

Penjelasan Kemenkes

vaksinasi dosis 4

Saat dikonfirmasi, Juru Bicara Covid-19 Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Moh Syahril mengatakan, regulasi vaksinasi Covid-19 dosis keempat masih disiapkan. Senada dengan Menkes Budi, Syahril juga memastikan bahwa stok vaksin yang akan digunakan untuk dosis keempat telah tersedia.

“Tunggu saja ya berita resminya. Ini masih dipersiapkan semua khususnya regulasinya. Kalo vaksinnya sudah siap,” ujarnya dikutip dari Kompas.com, Kamis (28/7/2022) pagi.

Menurut Syahril, nantinya vaksinasi Covid-19 dosis keempat terlebih dahulu diberikan kepada kelompok yang berisiko tinggi. Adapun yang tergolong kelompok berisiko tinggi antara lain nakes, lansia, imunocompromise atau orang yang memiliki masalah sistem imun, dan pelayan publik.

Ada 4 Juta Nakes Sasaran Pertama Vaksinasi Dosis Keempat

vaksinasi dosis 4

Pemerintah Pusat segera memulai vaksinasi dosis keempat atau booster kedua dalam waktu dekat. Tahap pertama vaksinasi booster kedua ini dilakukan dengan sasaran tenaga kesehatan.  Menteri Kesehatan Budi Gunadi menegaskan pemerintah pusat sudah siap untuk memulai vaksinasi dosis keempat. “Stok vaksin kita berlebih. Dan nakes kita di Indonesia kan ada 4 juta, kita sudah siap,” ujar Menkes dalam kunjungan kerja di Palembang, Rabu (27/7/2022).

Baca Juga :  Film Korea Alive

Menurut Menkes, vaksinasi dosis keempat memang harus dilakukan lantaran vaksinasi yang diperuntukkan memberi kekebalan kepada masyarakat akan berkurang manfaatnya setelah enam bulan.

“Sebentar lagi akan kita laksanakan vaksinasi dosis keempat karena setelah enam bulan vaksin, vaksin seterusnya harus dilakukan. Vaksin dosis keempat ini diutamakan untuk tenaga kesehatan (nakes) dulu,” ujar Menkes dalam kunjungan kerja di Palembang, Rabu (27/7/2022).

Menurut Budi, nakes merupakan garda terdepan yang setiap saat menangani pasien Covid-19. Memang setelah enam bulan, data menunjukkan imunitasnya akan menurun kadarnya sehingga perlu dilakukan vaksin lanjutan.

Vaksinasi Booster Kedua untuk Tenaga Kesehatan Mulai Dilaksanakan Besok

vaksinasi dosis 4

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI telah menerbitkan surat edaran perihal pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dosis penguat (booster) kedua pada kalangan tenaga kesehatan mulai Jumat (29/7/2022) besok.

Surat Edaran Nomor HK.02.02/C/3615/2022 tentang vaksinasi Covid-19 dosis booster (penguat) kedua bagi sumber daya manusia bidang kesehatan disampaikan ke seluruh daerah pada Kamis (28/7/2022).

“Hari ini dibuat edaran ke semua dinas kesehatan dan rumah sakit untuk pelaksanaan booster kedua bagi tenaga kesehatan,” kata Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI Maxi Rein Rondonuwu saat dimintai konfirmasi di Jakarta, Kamis.

Surat edaran perihal pelaksanaan vaksinasi Covid-19 dosis penguat kedua bagi sumber daya manusia bidang kesehatan disampaikan ke seluruh kepala dinas kesehatan tingkat provinsi dan kabupaten/kota serta pemimpinfasilitas pelayanan kesehatan yang melaksanakan vaksinasi Covid-19.

Menurut Kemenkes, vaksinasi booster kedua atau vaksinasi dosis keempat pada sumber daya manusia bidang kesehatan bisa dilakukan menggunakan produk vaksin Covid-19 yang telah mendapatkan persetujuan penggunaan dalam kondisi darurat (Emergency Use Authorization/EUA) dari Badan Pengawas Obat dan Makanan dengan memperhatikan ketersediaan.

Baca Juga :  Cerita Ojek Online di Bandung Dapat Order Kuburkan Janin Bayi

Itulah sedikit informasi tentang vaksinasi dosis keempat yang akan segera di edarkan kepada khalayak luas.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles