27 C
Jakarta
Thursday, April 25, 2024

Makhluk Laut Aneh Langka Mirip Monster Demogorgon Ditemukan di Samudra Pasifik

Para peneliti berhasil merekam makhluk laut aneh dengan tentakel raksasa yang tampak seperti monster tengah melayang di kedalaman Samudra Pasifik. Spesies ini belum pernah terlihat sebelumnya sehingga membuat kagum para peneliti.

Tim ilmuwan melihat hewan aneh mirip monster ini saat berada di atas E/V Nautilus, sebuah kapal peneliti yang digunakan Ocean Exploration Trust, organisasi nirlaba yang melakukan penelitian di laut dalam.

Makhluk itu melayang lambat menggerakan tentakel

makhluk aneh samudra pasifik

Video yang baru dirilis di akun YouTube EVNautilus memperlihatkan bagaimana makhluk itu melayang lambat sembari menggerakan tentakelnya. Video diambil oleh kendaraan yang dioperasikan dari jarak jauh (ROV). Menurut peneliti, makhluk ini punya tentakel sepanjang 40 centimeter dengan panjang tubuh total mencapai hampir 2 meter. Tentakel itu dilengkapi dengan cabang seperti duri.

Jika dilihat dari jauh, maka ia tampak seperti bunga aneh yang bisa berenang. Dan apabila dilihat dari dekat, terutama bagian kepalanya, ia mirip monster Demogorgon di serial Netflix populer Stranger Things. Hewan terlihat di kedalaman 2.994 meter di bawah permukaan laut di dekat gunung bawah laut yang belum dijelajahi, tepatnya di utara Johnston Atoll, AS, pada 7 Juli 2022.

Peneliti awalnya menduga hewan ini adalah Solumbellua monocephalus yang juga dikenal sebagai pena laut Solumbellula, bagian dari filum Cnidaria mencakup ubur-ubur dan hydra. Namun, satu-satunya penampakan pena laut yang diketahui terjadi di Samudra Atlantik dan Hindia. Jadi ada kemungkinan ini adalah spesies baru.

Menariknya, penemuan hewan yang diduga pena laut kali ini tak lama setelah ilmuwan lain menemukan dua genera baru pena laut, yakni Pseudumbellula dan Solumbellula. Adapun temuan diterbitkan di jurnal Invertebrate Systematics.

Penuturan dari Para Peneliti

Melibe viridis

Auscavitch mengatakan, penelitian lebih lanjut dibutuhkan untuk mengidentifikasi apakah makhluk yang dia temukan adalah pena laut Solumbellula monocephalus atau bukan. Atau bisa jadi itu adalah spesies baru.

“Temuan seperti ini jarang terjadi, dan kami tidak pernah menyangka akan melihat sesuatu seperti ini,” katanya. “Bagian paling menarik dari penelitian ini adalah kami menemukan hal-hal baru dari waktu ke waktu, dan itu benar-benar memperluas cakrawala kami tentang di mana hewan dapat hidup di laut dalam.”

Melibe viridis dapat tumbuh mencapai panjang tubuh hingga 120 mm. hewan moluska ini sesungguhnya tidaklah menakutkan seperti demogorgon, kepalanya yang dapat membesar serta mengembang dan mengempis merupakan strategi bertahan hidup dan mencari makan.

“Aku sudah menyelam sejak tahun 2005 dan ini adalah kali pertama aku menemukan spesies ini. Mereka sangat langka dan sangat senang bisa menyaksikannya untuk pertama kali”, ungkap Jace.

“Aku melihat ada sesuatu yang bergerak di atas pasir di ujung cahaya senterku, terlihat sangat aneh”, lanjutnya. “Seluruh jenis nudibranch Melibe yang ada 17, secara khusus memang mencari makan dengan cara ini. Hal ini sangat tidak lazim bagi Nudibranch”.

Melibe kesemuanya bersifat karnivora dan merupakan predator aktif. Meskipun hewan ini terlihat seperti kumpulan alga atau rumput laut yang tumbuh di dasar laut dan tidak berbahaya, sesungguhnya mereka adalah predator garang. Aku tidak ingin menjadi seekor udang yang berenang di sekitaran mereka.

Nah, itulah makhluk laut aneh langka mirip monster demogorgon ditemukan di Samudra Pasifik.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,600SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles