28.4 C
Jakarta
Sunday, February 5, 2023

Fauna Unik dan Langka yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Ternyata masih banyak fauna-fauna lain dengan ciri dan keunikan yang hanya sedikit orang mengetahuinya. Keunikan tersebut bisa nampak dari bentuk tubuh atau fisiknya yang aneh. berikut adalah daftar beberapa hewan unik yang kemungkinan belum kita ketahui, bahkan diantaranya ada yang terancam punah dan patut dilestarikan.

Lalat Kalajengking / Kalajengking Terbang

kalajengking terbang

Dari namanya, kita sudah bisa membayangkan bagaimana bentuk serangga ini. Serangga lalat ini memiliki ekor yang bentuknya mirip ekor kalajengking. Namun bedanya ekor lalat kalajengking tidak bisa menyuntikkan bisa atau racun, melainkan alat kelamin yang dimiliki oleh betina. Nama latinnya adalah Panorpa communis.

Siput Laut Naga Biru

siput laut naga biru

Biota laut dengan nama latin Glaucus atlanticus adalah spesies langka dengan ukuran tubuh sangat kecil. Habitatnya berada di wilayah perairan Sydney, Australia. Meski bentuk dan warnanya sangat indah, namun ternyata siput ini memiliki racun yang sangat berbahaya bagi manusia. Bahaya sengatannya sama dengan ubur-ubur dan bahkan para ilmuwan menyatakan lebih berbahaya.

Saiga Antelop

saiga antelope

Hewan ini adalah binatang mamalia yang hidup di kawasan Stepa Eurasia. Keunikan hewan ini terletak pada bentuk hidungnya. Di alam liar, spesies ini tengah terancam dan berada diambang kepunahan akibat serangan bakteri yang meracuni darahnya.

Ulat Bertanduk Setan / Hickory Horned Devil

ulat bertanduk setan

Hickory Horned Devil  ini memiliki sungut, yakni organ pada bagian kepalanya yang bentuknya mirip tanduk setan. Meski penampilannya menyeramkan, ternyata ulat ini tidak berbahaya bagi manusia. Warna cerah tubuh dan tanduknya merupakan bentuk kamuflase agar pemangsa mengira ualt ini berbahaya.

Ngengat Pudel Venezuela

Ngengat Pudel Venezuela

Hewan anek berikutnya adalah serangga ngengat yang bentuknya terlihat lucu. Bahkan banyak yang beranggapan bentuk tersebut adalah rekayasa. Ngengat ini mempunyai tubuh mirip anjing pudel dengan bulu-bulu indah. Fungsi bulu ini ialah untuk mengindari predator. Bulu tubuhnya akan terlepas dan memberikan efek bau dan rasa gatal. Hingga saat ini ngengat pudel belum memiliki nama latin. Hanya saja beberapa ahli satwa menyatakan serangga ini termasuk dalam keluarga Lasiocampidae.

Baca Juga :  Cara Menggunakan Cengkih sebagai Pestisida Alami untuk Tanaman

Udang Mantis

udang mantis

Binatang unik berikutnya adalah udang mantis. Dinamakan mantis karena bentuk dan sifatnya yang mirip dengan belalang mantis atau belalang sembah. Selain disebut udang mantis, ia dikenal pula sebagai belalang laut. Keunikan dari biota laut ini adalah bentuk cakarnya yang digunakan untuk memukul lawan guna melindungi diri dari ancaman.

Mudskipper

mudskipper

Ikan ini awalnya membuat bingung para ahli biologi. Bentuknya mirip ikan namun ia memiliki kemampuan berjalan di daratan. Akan tetapi, spesies ini tak sanggup hidup lebih dari sehari di daratan meski dapat bernafas di air dan di darat. Sebaran ikan ini disekitar pantai Samudera Hindia, meliputi Afrika, India, Cina, Jepang, Indonesia dan Australia.

Ikan Axolotl

ikan axolotl

Axolotl adalah salamander asli Meksiko, tepatnya dari danau Xochimilco. Ikan ini termasuk jenis neotenic, artinya tidak selalu bermetamorfosis dari larva ke bentuk dewasa seperti pada salamander umumnya. Hewan unik ini memiliki insang berbulu merah muda menyala dan menonjol ke belakang kepala.

Axolotl memiliki kampuan regeneratif luar biasa. Saat terluka atau kehilangan anggota tubuhnya, maka ia dapat menyembuhkannya sendiri. Masa hidupnya pun lama, yakni 10 hingga 15 tahun dengan berat mencapai 30 kg dan panjang tubuh 90 cm.

Tikus Hidung Bintang

tikus hidung bintang

Binatang ini adalah tikus tanah bernama latin Condylura Cristata. Keunikan tikus ini terdapat pada hidungnya yang memiliki tentakel kecil dan mekar seperti bintang. Tentakelnya berjumlah 22 buah. Selain itu, kakiknya berukuran besar, ekor panjang dan tebal, serta mata yang hampir buta menjadi pembeda dari tikus kebanyakan.

Itulah beberapa fauna unik didunia yang jarang kita ketahui karena keberadaannya yang sudah langka.

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles