26.3 C
Jakarta
Saturday, April 20, 2024

Ini Hewan Terbesar di Dunia, Beratnya Setara 33 Gajah

Paus biru Antartika (Balaenoptera musculus) menjadi hewan terbesar di dunia yang diketahui saat ini. Beratnya bisa mencapai 400.000 pon (sekitar 181.436 kg) atau setara 33 gajah dan panjangnya hampir 30 meter. Saat ini, sekitar 5.000 hingga 10.000 paus biru ada di Belahan Bumi Selatan. Jauh lebih sedikit dibandingkan dengan populasi pra-perburuan paus, yakni sekitar 350.000 paus di sana, menurut Center for Biological Diversity

Mamalia laut yang tergolong dalam subordo paus balin ini hidup di laut Antartika yang sangat dingin. Menurut laporan World Wildlife Fund (WWF), selama musim dingin, paus biru Antartika akan mengonsumsi sekitar 3.599 kg krill per hari. Paus biru Antartika juga dikenal sebagai hewan dengan suara terkeras di Bumi. Ia dapat mengeluarkan suara mencapai 188 desibel, lebih keras dari mesin jet yang mencapai 140 desibel.

Ciri Paus Biru Antartika

paus biru antartika

Nama ilmiah paus biru adalah ‘Balaenoptera musculus’. Saat ini ada empat subspesies paus biru, yang diakui oleh Society for Marine Mammalogy’s Committee on Taxonomy. Paus biru memiliki tubuh yang panjang, ramping, berbintik-bintik biru keabu-abuan, tetapi mereka cenderung berwarna biru di bawah air. Pola bintik-bintik ini sangat bervariasi dan khas, agar mudah membedakan masing-masing individu.

Panjang mamalia terbesar ini mencapai 31 meter yang didokumentasikan oleh Komite Penemuan. Namun, individu paus biru terpanjang yang diukur secara ilmiah adalah 29,9 meter. Panjang paus biru betina lebih besar dari jantan. Dilansir dari Vedantu, karena kendala metabolisme dan energi, paus biru tidak dapat melebihi lebih dari 33 meter. Ketika kita melihat paus biru yang sangat besar, pertanyaan pertama yang muncul di otak si Kecil mungkin adalah “Berapa berat paus biru?”

Namun setiap jenis paus biru memiliki berat yang berbeda. Misalnya Di wilayah Belahan Bumi Utara, paus biru jantan memiliki berat rata-rata 100 ton, dan betina memiliki berat 112 ton.  Kemudian di Pasifik Utara Timur, paus biru jantan memiliki berat rata-rata 88,5 ton, dan betina memiliki berat 100 ton. Lalu di wilayah Antartika, jantan memiliki berat rata-rata 112 ton dan betina memiliki berat rata-rata 130 ton.

Sama seperti panjangnya, bobot paus biru betina selalu lebih banyak daripada jantan. Berat paus biru terbesar adalah 190 ton paus biru betina yang diburu di Samudra Selatan, Antartika pada 20 Maret 1947. Berat paus biru terbesar ini bahkan setara dengan sekitar 30 gajah atau 2.500 orang!

Paus Biru Antartika Masuk Daftar Sangat Terancam Punah

paus biru antartika

WWF melaporkan lebih lanjut, populasi paus biru di Antartika berkurang drastis seiring dengan penangkapan ikan paus komersial di Samudra Atlantik selatan pada 1904 lalu. Meskipun sudah ada payung hukum dari Komisi Penangkapan Paus Internasional (IWC) pada 1960-an, namun perburuan ilegal masih berlanjut hingga 1972.

Dari sekitar 125.000 individu pada 1926, jumlahnya berkurang menjadi sekitar 3.000 individu pada 2018. Berdasarkan data tersebut, paus biru Antartika masuk dalam Daftar Merah IUCN (International Union for Conservation of Nature) sebagai spesies sangat terancam punah.

Klasifikasi Ilmiah Paus Biru Antartika

paus biru antartika

Melansir Ensiklopedia Britannica, paus biru Antartika adalah cetacea dan diklasifikasikan secara ilmiah dalam ordo Cetacea sebagai rorqual (famili Balaenopteridae) yang berkerabat dengan paus abu-abu (famili Eschrichtiidae) dan paus kanan (Balaenidae dan Neobalaenidae) dari subordo paus balin, Mysticeti.

Paus biru berwarna biru abu-abu dengan bintik-bintik abu-abu yang cenderung lebih terang. Permukaan bawah siripnya berwarna abu-abu terang atau putih untuk beberapa spesies. Selain itu, paus biru kerap dijuluki paus ‘perut belerang’.

Paus biru memiliki kepala yang lebar, sirip punggung kecil yang terletak di dekat kebetulan, dan 80-100 alur panjang memanjang di tenggorokan dan dada. Mulutnya berisi hingga 800 piring pendek, lebar, balin hitam, atau “tulang paus”, dengan bulu tebal dan kasar yang digunakan untuk menangkap makanan. Betina umumnya lebih besar dari jantan, dan hewan terbesar hidup di Samudra Selatan sekitar Antartika.

Habitat dan Perilaku Paus Biru Antartika

paus biru antartika

Paus biru betina umumnya lebih besar dari jantan. Spesies terbesarnya diketahui hidup di Samudra Selatan sekitar Antartika. Melansir situs One Kind Planet, paus biru betina hanya berkembang biak setiap tiga tahun sekali dengan usia kehamilan antara 11-12 bulan. Betina biasanya hanya memiliki satu anak.

Paus biru memiliki kebiasaan unik. Mereka terkadang berenang dalam kelompok kecil tapi sering kali terlihat berenang sendiri atau berpasangan. Mereka dianggap memiliki hubungan yang erat antar sesamanya. Meskipun kita tidak dapat mendengarnya, paus biru adalah salah satu hewan paling keras di planet ini. Mereka berkomunikasi satu sama lain menggunakan serangkaian denyut, erangan, dan erangan frekuensi rendah. Menurut perkiraan para ilmuwan, hewan terbesar di dunia ini dapat mendengar suara satu sama lain pada jarak hingga 1.600 km.

Itulah penjelasan tentang paus biru antartika yang beratnya bisa setara dengan 33 ekor gajah.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles