25.6 C
Jakarta
Wednesday, April 17, 2024

Inilah Titik Rawan Kemacetan Saat Wisata ke Kota Batu

Batu adalah sebuah kota di Provinsi Jawa Timur, Indonesia. Kota ini terletak 90 km sebelah barat daya Surabaya atau 15 km sebelah barat laut Malang. Kota Batu berada di jalur yang menghubungkan Malang-Kediri dan Malang-Jombang.

Meski masih dalam situasi pandemi Covid-19, kunjungan wisatawan ke Kota Batu, Jawa Timur sudah normal. Peningkatan kendaraan bermotor ketika akhir pekan bisa mencapai lebih dari 25 persen dibandingkan hari biasanya. Sejumlah kendaraan luar daerah yang didominasi wilayah Jawa Timur, seperti pelat L dari Surabaya, pelat W dari Sidoarjo, dan pelat AG dari Kediri.

Satlantas Polres Batu telah meluncurkan Tim Urai yang berisikan 30 personel untuk melakukan pengaturan lalu lintas yang difokuskan di 8 titik rawan kemacetan, yakni:

  • pintu masuk Kota Batu, yakni
  • pertigaan Pendem
  • Jalan Ir Soekarno dekat SPBU Beji yang berdekatan dengan salah satu tempat wisata
  • Jalan WR Supratman
  • Simpang Sono Sini
  • Pertigaan Bendo

Penyebab kemacetan

kemacetan kota batu

di Kota Batu Kapolres Batu AKBP Oskar Syamsuddin menyampaikan penyebab kemacetan di Kota Batu saat hari libur. Menurut dia, jaringan ruas jalan di wilayah Kota Batu tidak sebanding dengan jumlah kendaraan yang lewat. Adapun Kota Batu merupakan wilayah wisata yang terdapat beberapa kegiatan usaha pariwisata, seperti tempat wisata danpenginapan, sehingga menjadi daya tarik wisatawan.

“Kita perlu adanya upaya untuk mengantisipasi gelombang arus lalu lintas meningkat. Kita laksanakan secara operasional, personel kita bentuk secara khusus untuk melaksanakan kegiatan pengaturan lalu lintas,” kata Oskar di Mapolres Batu pada Jumat (29/7/2022). Tim khusus dibentuk untuk mengurai titik-titik rawan kemacetan dengan mengendarai sepeda motor. Para personel akan diinformasikan oleh petugas Kepolisian di Command Center Polres Batu dan dapat meluncur dengan segera apabila terjadi kemacetan.

Harapannya, dengan adanya Tim Urai maka arus lalu lintas yang ada di ruas jalan Kota Batu dapat terus lancar. “Arus lalu lintas tidak stagnan di jalan. Pengendara tidak berhenti, tetapi bisa jalan walaupun dengan kecepatan rendah,” katanya.

Beberapa Tempat Wisata di Kota Batu

tempat wisata kota batu

Sejak berdiri sendiri, Batu telah berbenah mengembangkan potensi wisatanya. Hasilnya, sebagian besar wisata populer dan kekinian yang ada di Malang Raya saat ini merupakan produk kota Batu.

Apa saja objek wisata keren yang dimiliki Batu? Berikut ini beberapa wisata Batu yang bisa dipertimbangkan. Cek status operasionalnya dulu, ya. Pasalnya, banyak tempat wisata Batu yang ditutup sementara untuk mendukung anjuran social distancing dari pemerintah beberapa waktu lalu.

Alun-Alun Kota Wisata Batu

alun alun kota batu

Objek wisata Batu pertama dan paling mudah diakses tentunya adalah alun-alun kota. Memiliki ciri khas berupa monumen berbentuk apel dan bianglala, tempat ini menjadi lokasi wisata murah meriah bagi warga Batu dan sekitarnya.

Banyak wahana permainan khas pasar malam kagetan yang bisa dicoba di sini. Misalnya odong-odong dan kereta kelinci. Para pedagang kaki lima juga mudah ditemui di sekeliling alun-alun, menawarkan berbagai jenis jajanan menarik seperti sate seafood, cilok, sate kelinci, hingga susu sapi murni yang memang menjadi produk khas di sana.

Museum Angkut

wisata Museum Angkut

Museum yang memajang berbagai jenis kendaraan antik, mulai dari dokar, mobil sport, sampai pesawat terbang. Semuanya ditata apik seperti movie set, sehingga bisa dijadikan latar foto yang keren. Museum ini berlokasi di Jalan Terusan Sultan Agung 2.

Selain berbagai jenis kendaraan kuno dan spot foto cantik, Tempat ini juga punya Pasar Apung Nusantara. Ini adalah spot wisata kuliner di mana pengunjung bisa bersantai sambil menikmati jajanan di saung-saung di atas sungai atau berkeliling naik perahu seperti pedagang di pasar terapung beneran.

Jawa Timur Park 1

jawa timur park 1

Jika memasuki Batu dari Malang, Taman hiburan keluarga ini berlokasi di Jalan Kartika nomor 2. Ini adalah taman bermain terbesar pertama di Jawa Timur, cikal bakal dari Jatim Park 2, Jatim Park 3, dan objek wisata Batu lainnnya yang juga dikelola Jatim Park Group (JTP).

Anda bisa mencoba berbagai jenis wahana ramah anak sampai wahana ekstrem seperti drop train, flying tornado, sky ride, dan volcano coaster. Ada Bagong Adventure Museum Tubuh dan Museum D’Topeng juga, lho.

Pasar Parkiran Batu

pasar parkiran batu

Coba lirik pusat kuliner kaki lima di samping pintu masuk Jatim Park 1. Inilah Pasar Parkiran yang bisa dijadikan pilihan hiburan malam murah meriah. Tempat ini tampil semarak di malam hari berkat lampion cantik dan lampu warna-warni. Ada juga kontainer bekas dengan warna mencolok yang difungsikan sebagai taman baca gratis, rumah kaca, dan wahana 3D art. Pilihan kuliner yang ditawarkan wisata Batu ini pun cukup beragam.

Jawa Timur Park 2

jawa timur park 2

Sudah bosan dengan Jatim Park 1, main ke Jatim Park 2 yang berlokasi di Jalan Oro-Oro Ombo nomor 9. Objek wisata Batu yang satu ini punya Batu Secret Zoo dan Eco Green Park yang pasti disukai anak-anak. Juga ada akuarium dengan berbagai jenis ikan, pulau harimau, rumah terbalik, fantasy land, dan river adventure yang tak kalah seru. Buat akomodasi, ada Pohon Inn Hotel yang memiliki desain bangunan unik seperti rumah pohon raksasa.

Nah, itulah tempat tempat rawan macet saat ingin berwisata dikota batu dan beberapa tempat wisata yang ada di kota batu.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles