29.3 C
Jakarta
Saturday, August 13, 2022

2 Cara Mudah Membuat Twibbon Kreasi Sendiri di HP

Masuk tim kepanitiaan desain terus diminta buat bikin Twibbon, tapi gak ahli Photoshop? jangan khawatir. Dengan segala kecanggihan teknologi, ada banyak alternatif cara membuat twibbon yang bisa kamu coba sendiri. Berkat adanya twibbon ini, yakin acara dan publikasimu jadi semakin meriah.

Gak harus membuat dari awal, beberapa tools berikut menyediakan berbagai dekorasi visual yang menarik. Kamu tinggal mix-match dengan elemen yang disediakan atau mengunggah template hiasan yang sudah dibuat lebih dulu. Di samping itu, coba kreasikan sesuai kebutuhan. Pengen tau gimana cara membuat twibbon yang mudah? Yuk langsung saja disimak artikel berikut ini :

Apa itu Twibbon?

twibbon

Pernah melihat foto mahasiswa baru sedang ospek dengan bingkai foto yang menghiasi? Nah, bingkai itulah yang dinamakan twibbon. Selain foto utama, twibbon biasanya juga berisi identitas yang berkaitan dengan acara tertentu. Misalnya, logo kampus, logo acara, tagline, dan sebagainya.

Kamus populer Macmillan Dictionary mengartikan twibbon sebagai gambar yang menimpa foto utama pada profil media sosial untuk menunjukkan dukungan pada suatu gerakan. Kata twibbon sendiri merupakan gabungan dari Twitter dan ribbon. Kini, twibbon gak cuma digunakan di Twitter, tetapi nyaris di semua media sosial, khususnya yang mendukung gambar.

Lalu, mengapa twibbon penting? Meski terkesan sepele, twibbon bermanfaat untuk mempromosikan sebuah acara. Dengan memasangkan twibbon ke foto utama, kamu gak hanya melihat foto seseorang, tetapi juga gerakan yang ia dukung atau sedang diperkenalkan kepada pengikutnya di media sosial.

Cara Membuat Twibbon di Canva

canva

Buat kamu yang kurang mahir dalam mendesain, Canva adalah aplikasi yang bisa untuk kamu pakai. Namun, tetap membutuhkan kreativitasmu, ya. Memanfaatkan Canva sebagai cara untuk membuat twibbon juga cukup mudah.

Baca Juga :  Aplikasi TV Online untuk Android, Langsung Unduh di Playstore!

Namun, untuk langkah pertama kamu tentukan tema atau gunakan konsep yang sesuai dengan acara maupun campaign. Kemudian, cari contoh atau referensi sebanyak-banyaknya sebagai inspirasi. Ingat, gunakan konsep ATM alias amati-tiru-modifikasi. Poin ini penting agar kamu terhindar dari plagiarism. Setelah menemukan tema yang sesuai, kamu bisa mulai mendesain twibbon milikmu sendiri.

Caranya seperti ini:

  1. Pasang aplikasi atau kunjungi situs resmi Canva di Canva.com
  2. Login menggunakan akun yang sudah kamu miliki atau tautkan dengan Google. Jika belum punya, kamu bisa membuat terlebih dahulu guna menyimpan desainmu nanti
  3. Setelah berhasil masuk, klik opsi ‘Buat Desain’ di bagian kanan atas samping ikon profil
  4. Klik tanda plus (+) dengan keterangan ‘Ukuran Khusus’ di bagian kiri bawah jendela opsi
  5. Tentukan panjang dan lebar ukuran twibbon. Biasanya berbentuk persegi dengan ukuran 720 x 720 piksel atau 1080 x 1080 piksel. Semakin luas twibbon, makin besar pula ukuran file nantinya
  6. Kamu akan otomatis diarahkan ke jendela baru yang memuat kanvas kosong
  7. Temukan template yang bisa kamu gunakan di bagian kiri layar. Kamu juga bisa mengombinasikan elemen yang ada atau mengunggah icon, shape, atau gambar pendukung buatanmu sendiri. Padu padankan sesuai kreativitasmu
  8. Jangan lupa berikan space untuk foto profil. Misalnya, bikin lingkaran berwarna kontras dengan latar belakang agar lebih mudah dihapus nantinya. Jika sudah, klik ‘Bagikan’ di kanan atas > Unduh dalam format PNG untuk menyimpannya.

Cara Membuat Twibbon di PicsArt

picsart

PicsArt merupakan rumah bagi kreativitas dalam desain maupun editing foto. Nah, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi PicsArt sebagai media untuk membuat twibbon. Bahkan twibbon buatanmu juga bisa jadi sambil goleran.

Caranya seperti ini :

Baca Juga :  Urutan Rank Mobile Legends Season Terbaru

Setelah mengumpulkan inspirasi, pastikan aplikasi PicsArt telah terunduh dan terpasang di HP kamu. Jika sudah, lalu:

  1. Jalankan aplikasi PicsArt, kamu bisa login apabila ingin menyimpan twibbon kreasimu di penyimpanan awan PicsArt
  2. Tekan tanda (+) di bagian tengah bawah untuk menambah kanvas baru
  3. Pilih ukuran kanvas sesuai kebutuhan. Biasanya, twibbon menggunakan ukuran square
  4. Setelah halaman kanvas terbuka, kamu bisa membuat kreasi twibbon sesuka hati. Jika perlu, buat elemen sendiri secara terpisah dengan menggunakan fitur draw pada PicsArt atau mengunggah icon, shape, dan unsur lain yang free license di internet
  5. Buat space di bagian tengah untuk menempatkan foto utama
  6. Setelah selesai mendesain, tekan tanda centang
  7. Pada opsi yang muncul, pilih ‘Simpan dan Bagikan’ untuk menyimpan ke galeri.

Nah, jadi seperti itulah cara mudah untuk membuat Twibbon yang bisa kamu coba sendiri. Selamat mencoba!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,430SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles