28.4 C
Jakarta
Sunday, February 5, 2023

3 Kebiasaan Buruk Pemicu Stroke

Stroke adalah kondisi serius yang terjadi ketika suplai darah ke berbagai bagian otak terganggu. Hal ini bisa membuat jaringan orak kekurangan nutrisi dan oksigen. Di negara maju sekelas Amerika, Stroke juga menjadi penyebab kecacatan nomor satu. Kabar baiknya, 80% stroke bisa dicegah denganmenghindari kebiasaan tak sehat.

Ada banyak kebiasaan buruk yang membuat kita berisiko tinggi mengalami stroke. Dari pola makan yang tidak sehat hingga gaya hidup pasif, ada berbagai faktor yang membuat Anda rentan terkena stroke.  Berikut beberapa kebiasaan yang bisa memicu stroke:

Merokok

ilutrasi merokok

Merokok adalah kebiasaan yang merugikan dan sangat berbahaya. Selain memicu stroke, merokok juga berdampak pada kesehatan jantung dan fungsi pernapasan Anda. Para ahli di John Hopkins Medicine mengatakan bahwa merokok hampir meningkatkan risiko Anda terkena stroke iskemik hingga dua kali lipat.

Kurang olahraga

ilustrasi kurang olahraga

Kurang olahraga bisa membuat Anda kelebihan berat badan dan obesitas. Hal ini juga dapat menyebabkan Anda rentan terkena penyakit kronis, salah satunya stroke. Untuk mengurangi risiko stroke dan masalah kesehatan lainnya, para ahli dari American Heart Association merekomendasikan untuk melakukan olahraga setidaknya 150 menit aktivitas intensitas sedang, atau 75 menit aktivitas berat, setiap minggu. Contoh aktivitas intensitas sedang termasuk jalan cepat, bersepeda santai, berkebun, dan menari. Contoh aktivitas berat termasuk berlari, berenang, bersepeda, dan mendayung.

Konsumsi alkohol berlebihan

mengonsumsi alkohol berlebihan

Mengkonsumsi terlalu banyak alkohol juga meningkatkan kadar trigliserida darah, yang berpotensi mengeraskan arteri dan berkontribusi terhadap serangan jantung atau stroke. Ini juga dapat meningkatkan tekanan darah Anda, yang merupakan salah satu risiko stroke.

Tips Mencegah Penyakit Stroke

mencegah stroke

Pola makan sehat

Cara mudah terhindar dari serangan stroke yang pertama adalah pola makan yang sehat. Konsumsi lebih banyak buah, sayur, ikan, biji-bijian utuh, produk susu rendah lemak, serta hindari makanan yang terlalu manis, berlemak, daging olahan, atau lainnya.

Baca Juga :  3 Kandungan Minyak Telon Beserta Manfaatnya untuk Bayi

Olahraga

Tidak ada yang meragukan manfaat olahraga untuk kesehatan. Cukup berolahraga ringan selama 40 menit atau lebih setiap hari ditambah dengan olahraga yang sedikit berat di akhir minggu akan membuat Anda terhindar dari serangan stroke.

Berhenti merokok

Kebiasaan merokok memberi dampak yang besar pada risiko serangan stroke. Jika ingin terhindar dari serangan stroke, sebaiknya segeralah berhenti merokok.

Hindari minuman beralkohol

Minum minuman beralkohol hingga sembilan gelas alkohol per minggu bisa meningkatkan risiko stroke. Karena itu agar terhindar dari serangan stroke segera hentikan kebiasaan minum alkohol.

Menjaga berat badan tetap ideal

Memiliki berat badan ideal juga bisa membantu Anda terhindar dari serangan stroke. Caranya adalah dengan berdiet dan menjaga pola makan, serta gaya hidup yang sehat. Bila Anda sedang diet cobalah diet mediterania, karena diet ini merupakan diet yang ampuh dan sehat.

Kurang tingkat stres

Stres dapat meningkatkan tekanan darah, memperburuk sensitivitas insulin dan merangsang sistem saraf simpatis. Hal ini dapat berujung pada munculnya hipertensi dan diabetes. Agar terhindar dari stres, cobalah lakukan kegiatan seperti baca buku, berwisata olahraga, mendengarkan musik dan berkumpul bersama orang terdekat Anda.

Lakukanlah 6 cara mudah terhindar dari serangan stroke seperti diatas mulai sekarang. Stroke dapat dicegah bila kita secara dini mengenali faktor risiko stroke dan mengendalikannnya. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

Jadi, itulah beberapa kebiasaan buruk yang dapat menyebabkan stroke dan penjelasan beberapa cara agar terhindar dari serangan stroke.

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles