31.1 C
Jakarta
Friday, January 27, 2023

5 Negara yang Paling Sulit Dikunjungi Wisatawan, Keselamatan Jadi Taruhannya

Ada 5 negara di dunia yang dikenal paling sulit dikunjungi oleh wisatawan. Hal ini tentu saja berkaitan dengan keamanan. Ada juga negara yang terlalu tertutup sehingga sangat ketat menerima kunjungan orang asing.

Liburan ke luar negeri memang impian banyak orang. Tapi, tak semua negara bisa mudah dikunjungi. Sebelum menentukan negara yang akan jadi rencana destinasi, pastikan dulu bagaimana keamanannya, seberapa sulit pengurusan visa, seketat apa peraturan di sana, dan bagaimana sikap mereka dalam menerima kunjungan warga asing.

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini 5 negara yang paling sulit dikunjungi.

Korea Utara

negara korea utara

Korea Utara alias Korut dikenal tertutup dengan modernisasi ala dunia luar. Jadi, untuk masuk ke Korut, turis asing akan melewati proses ketat. Pengurusan visanya bukanlah hal mudah mengingat terbatasnya keberadaan kedutaan negara lain di Korut.

Kemudian jika Anda berhasil datang ke Korea Utara, maka akan langsung diberikan deretan peraturan yang harus ditaati oleh turis. Serta hanya diperbolehkan bepergian ke tempat yang sudah ditentukan. Tak ada turis yang diizinkan bepergian sendirian, tanpa ditemani oleh pemandu wisata lokal.

Palestina

negara palestina

Palestina masih terus berseteru dengan Israel karena soal kekuasaan wilayah dan lainnya. Untuk ke Palestina, wisatawan harus memperhatikan pintu masuknya apakah lewat Israel atau Yordania.

Lewat jalur Israel tentu saja penjagaannya cukup ketat dan riskan terkena imbas konflik antara dua negara tersebut.

Sementara bagi yang ingin datang ke Palestina melalui Yordania, maka harus terbang ke bandara di Amman lebih dulu. Dilanjutkan menempuh perjalanan darat ke perbatasan Yordania-Israel, dikenal dengan Jembatan Allenby. Perbatasan tersebut beroperasi setiap Minggu hingga Kamis, pukul 8 pagi hingga 8 malam waktu setempat.

Baca Juga :  Inilah Penjelasanya Mengapa Negara Tropis Kaya Flora dan Fauna

Afghanistan

afghanistan

Afganistan didera konflik bersenjata selama bertahun-tahun. Sekarang perang memang sudah mereda dan negara tersebut kembali dikuasai Taliban dengan memberlakukan peraturan syariat Islam yang ketat dan keamanannya belum sepenuhnya pulih. Angka kejahatan yang tinggi membuat wilayah itu berbahaya bagi para turis.

Namun memang bisa saja jika Anda tetap nekad ingin pergi ke Afghanistan. Tapi perlu diingat, mengurus visa ke negara ini cukup sulit dan juga biayanya mahal. Terlebih dengan tingkat keselamatan dan keamanannya sangat minim, jadi Anda bisa mengunjungi negara lainnya yang jadi tetangga dari Afghanistan.

Bhutan

negara bhutan

Bhutan juga jadi salah satu negara yang sulit dikunjungi. Meskipun pemerintah negara ini membuka pintu bagi para wisatawan, akan tetapi Bhutan juga sangat melindungi lingkungan di negaranya agar tidak dirusak.

Oleh karena itu, bagi para calon wisatawan yang ingin berkunjung ke Bhutan, akan akan dibatasi dan diseleksi dengan cukup ketat. Hal itu artinya para pelancong harus memesan paket tur terencana terlebih dahulu, lengkap dengan pemandu wisatanya.

Untuk memesan paket tur tersebut, Anda harus membookingnya jauh-jauh hari sebelum waktu keberangkatan tiba. Bagi para wisatawan, pemerintah Bhutan memprioritaskan tur atau paket wisata berkualitas tinggi. Namun dengan jumlah wisatawan yang sangat dibatasi, guna melindungi warga negaranya.

Turkmenistan

turkmenistan

Negara ini terletak di Asia Tengah, berbatasan dengan Iran di bagian selatan dan Afghanistan di tenggara. Turkmenistan termasuk negara paling yang jarang dikunjungi oleh wisatawan, atau orang dari luar negeri karena memiliki kebijakan visa yang sangat kaku.

Namun hal itu dengan pengecualian, bagi pemegang paspor Kazakhstan atau Uzbekistan dan beberapa pengunjung dengan paspor diplomatik, maka masih memungkinkan dapat mengunjungi Turkmenistan.

Baca Juga :  Berbagai Sarapan di Negara, Roti Meses Belanda dan Vegemite Australia

Kemudian, apabila ingin mengajukan visa ke negara tersebut, maka Anda harus memiliki sponsor di Turkmenistan yang bisa menyediakan LOI (surat undangan) dan proses izin dokumennya bisa 20 hari lebih lamanya.

Jadi, itulah 5 Negara yang paling sulit dikunjungi wisatawan karena harus bertaruh keselamatan sebelum pergi ke negara ini lho.

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,200SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles