29 C
Jakarta
Sunday, February 5, 2023

8 Tanaman Unik di Dunia, dari yang Terkecil sampai Terbesar

Dunia flora atau tumbuhan sangat beraneka ragam, mulai dari yang biasa kamu lihat di pekarangan rumah, sampai tanaman-tanaman unik yang ada di hutan dan belahan dunia yang lain.

Keunikan ini dapat terjadi karena tanaman juga berevolusi sesuai dengan letak geografisnya, sehingga cuaca, kelembapan, curah hujan, dan intensitas sinar matahari mempengaruhi keunikan-keunikan tumbuhan itu tadi.

Dracula simia

anggrek monyet

Dracula simia merupakan jenis anggrek unik yang bentuknya sekilas mirip wajah monyet. Habitat anggrek ini berada di hutan Amerika Tengah dan Selatan.

Penelitian yang dilakukan menemukan bahwa anggrek ini memiliki aroma khas yang dapat menarik banyak lalat hutan untuk hinggap. Jadi selain bentuknya yang menarik perhatian, aromanya sendiri juga cukup disukai oleh kebanyakan serangga hutan.

Bunga bibir

Psychotria-elata

Bentuknya memang seperti bibir yang seksi, itu sebabnya bunga ini dinamakan bunga bibir. Nama lain dari tanaman ini adalah Psychotria Elata, dan uniknya tanaman ini juga dapat memproduksi senyawa dimethyltryptamine, di mana zat atau senyawa kimiawi ini dapat menggoda lalat dan serangga untuk menghampirinya.

Faktanya ternyata bibir merah merona tersebut bukanlah bunga utamanya. Bunga utama dari tanaman ini justru berwarna putih dan muncul dari tengah-tengah tanaman,

Welwitschia

welwitschia

Tanaman unik ini terlihat agak menyeramkan, hidup di gurun Namib, Namibia. Tampaknya tanaman ini merupakan salah satu jenis tanaman yang telah sukses berevolusi di tengah lingkungan panas yang tak mendukung kehidupan.

Victoria Amazonica

victoria amazonica

Baobab

baobab

Salah satu tumbuhan terbesar dan tertinggi di dunia ini ada di benua Afrika, tepatnya di Madagaskar. Saking besarnya tanaman ini, dibutuhkan sekitar 20 orang dewasa untuk dapat memeluk pohon baobab raksasa.

Dengan kata lain ukuran diameter mahkota pohon ini sangat besar, yakni mencapai 38 meter, dan rekor ini merupakan rekor baobab terbesar yang pernah diketahui. Tingginya sendiri bisa mencapai lebih dari 25 meter.

Nah, jika kamu berwisata ke Madagaskar, gak ada salahnya kamu juga mengunjungi taman nasional hutan baobab di Madagaskar, tentu bisa kamu jadikan salah satu pengalaman seru seumur hidup.

Hydnora africana

Hydnora africana

tanaman ini adalah tanaman parasit yang ditemukan di wilayah Afrika bagian selatan. Mereka tumbuh di bawah tanah dan seluruh tubuhnya terdiri dari bunga yang terlihat seperti sayatan daging mentah. Tak ada batang atau daun yang tampak.

Lithops

lithops

Tumbuhan lithops juga dikenal dengan nama living stone atau batu hidup. Pasalnya bentuk tumbuhan ini memang mirip batu apung berukuran sedang yang bergeletakan di tanah.

Sebenarnya lithops adalah genus sukulen yang cuma bisa ditemukan di bagian selatan Afrika. Bentuknya yang mirip batu adalah mekanisme pertahanan diri dengan kamufluase, dengan begitu dia tak akan mudah dimakan binatang.

Voodoo Lily

voodoo lily

Dracunculus vulgaris yang merupakan tanaman asli Mediterania timur memiliki penampilan yang cukup menyeramkan. Mekarnya hanya di saat musim semi dan musim panas. Bunganya berbau busuk agar bisa menarik penyerbuk. Selain voodoo lily, dia juga dikenal dengan nama dragon lily.

Itulah 8 tanaman atau tumbuhan unik yang ada di dunia. Semoga artikel ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan kamu di bidang flora, ya!

Baca Juga :  Jenis Tanaman Sela yang Cocok Ditanam di Kebun Mangga

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles