23.9 C
Jakarta
Saturday, August 13, 2022

5 Kreasi Unik dari Bakpia Khas Jogja, Isinya Beraneka Ragam!

Ketika menyebut nama bakpia, rasanya ingatan langsung dibawa ke Kota Jogja ya. Cemilan satu ini jadi makanan khas dari kota pelajar itu. Berbentuk bulat dan memiliki aneka varian rasa, membuat bakpia semakin digemari oleh banyak orang. Makanan ini memang sudah sangat terkenal sejak zaman dulu sampai saat ini.

Meski isian kacang hijau menjadi ciri khasnya, kini semakin banyak kreasi bahan yang dimasukkan. Mulai dari aneka buah sampai berbagai rasa yang unik. Agar bisa bertahan di tengah perkembangan aneka kreasi kue modern, bakpia pun terus mengalami inovasi menarik.

Bahkan, isian dan adonan utamanya dibuat hingga sekreatif mungkin. Tidak selalu berisi kacang hijau, ada banyak kreasi unik bakpia yang wajib untuk kamu coba, beberapa di antaranya sebagai berikut ini:

Bakpia Telur Asin

bakpia telur asin

Makanan versi klasik dikenal sebagai salah satu makanan yang memiliki tekstur unik. Sebab, makanan ini tidak terlalu lembut, tapi juga tidak keras. Faktor yang membuatnya terasa spesial adalah bakpia sering diisi menggunakan aneka bahan unik.

Kali ini bakpia akan dimasak dengan isian yang spesial. Hal tersebut karena kamu bisa menyisipkan pasta kacang yang dilengkapi dengan kuning telur asin. Kombinasi rasanya cenderung nano-nano, tapi lezat.

Bakpia Brownies Kukus

bakpia brownies kukus

Olahan kreasi ini menjadi salah satu inovasi makanan yang populer. Terutama jika kamu datang ke sentra oleh-oleh. Makanan ini cenderung bertekstur mirip seperti kue bolu dengan isian yang variatif.

Olahan bakpia kukus memiliki aneka macam pilihan, salah satunya brownies. Adonan utama makanan ini terdiri dari tepung terigu, cokelat telur, dan lain-lain. Sementara isiannya yang paling cocok dinikmati bersama dengan krim keju yang lumer di mulut.

Baca Juga :  Di Jogja, Uang 2 Juta itu Udah Cukup Banget. Kamu Aja yang Nggak Paham dan Kurang Bersyukur~

Bakpia Isi Pisang

bakpia isi pisang

Seperti diketahui, pisang merupakan buah yang bertekstur lunak dengan rasa manis dan aroma yang wangi. Keberadaan buah ini begitu laris manis di Indonesia karena dapat dikreasikan menjadi beragam santapan yang sedap.

Penggunaan pisang pun dapat dimaksimalkan sebagai isian dari bakpia. Cukup haluskan pisang dan masak bersama mentega. Setelah itu, ambil adonan pisang dan letakkan di dalam bakpia. Panggang bakpia menggunakan oven atau wajan sampai matang.

Bakpia Coklat Keju

bakpia coklat keju

Jika bisa menyisipkan dua rasa sekaligus, kenapa harus satu ya kan? Itulah kira-kira yang bisa kamu temukan dalam olahan bakpia satu ini. Sebab, di dalam isiannya terdapat perpaduan antara coklat dan keju yang memberikan sensasi berbeda.

Sumber perasa yang digunakan bisa coklat batang atau kental manis. Kemudian, masukkan keju favorit untuk membuat rasa dari bakpia jadi asin dan manis, tetapi tetap serasi saat dikombinasikan bersama kulit bakpia panggang.

Bakpia Durian

bakpia durian

Durian menjadi salah satu buah yang cukup banyak disukai oleh masyarakat Indonesia. Karakteristik dari hasil panen tersebut terletak pada buahnya yang lembut tetapi juga beraroma khas.

Durian sering kali dimanfaatkan sebagai isian untuk aneka macam masakan. Kali ini, kamu bisa menggunakan daging buah tersebut untuk dijadikan filling olahan bakpia. Bila ingin lebih creamy, masukkan tambahan keju ke dalam sajian tersebut.

Nah itulah 5 pembahasan tentang masakan kreasi dari bakpia yang isinya bukan hanya dari kacang hijau saja, tetapi beraneka ragam. Bakpia juga merupakan salah satu makanan tradisional yang sangat melegenda di negara Indonesia.

Makanan ini terus mengalami inovasi, mulai dari tekstur hingga isian yang digunakan didalamnya. Jadi, kira-kira kamu mau cobain yang mana nih?

Baca Juga :  CAFÉ TERMEWAH DI DUNIA, ESTETIK DENGAN MENU NYENTRIK!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,430SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles