23.9 C
Jakarta
Saturday, August 13, 2022

5 Penyakit Akibat Gigitan Nyamuk

Nyamuk bertahan hidup dengan mengisap darah manusia atau hewan. Saat mengisap atau mengigit, nyamuk menyuntikkan air liur yang dapat memicu rasa gatal dan bentol-bentol di kulit. Namun, tak hanya itu, melalui gigitannya tersebut, nyamuk juga bisa menularkan virus, kuman, atau parasit penyebab penyakit.

Selain memicu rasa gatal, gigitan nyamuk juga bisa menyebarkan penyakit. Bahkan, asisten profesor entomologi dari niversity of California Riverside mengatakan bahwa nyamuk bisa menjadi hewan berbahaya di dunia. Organisasi Kesehatan Dunia juga melaporkan bahwa lebih dari 50 persen populasi dunia saat ini berisiko terkena penyakit yang dibawa nyamuk.

Penyakit karena gigita nyamuk Berikut beberapa penyakit yang bisa menyebar akibat gigitan nyamuk:

Virus Zika

ilustrasi virus zika

Virus Zika adalah penyakit yang ditularkan oleh nyamuk yang disebarkan oleh nyamuk Aedes. Nyamuk Aedes paling aktif saat siang hari. Virus zika bisa menyebabkan beberapa gejala seperti demam, ruam, nyeri sendiri, dan mata merah. Ibu hamil yang tertulas penyakit ini juga bisa menyebabkan sang bayi mengalami mikrosefali. Mikrosefali adalah cacat lahir yang menyebabkan kepala kecil dan kerusakan otak.

Saat terinfeksi virus ini, anak dapat mengalami gejala berupa ruam kulit, gatal di seluruh tubuh, sakit kepala, demam tinggi, nyeri sendi dan otot, mata merah atau konjungtivitis, nyeri di bagian belakang mata, serta kemungkinan terjadi pembengkakan di persendian tangan atau kaki.

Sementara, jika infeksi virus zika terjadi pada ibu hamil, maka ini berisiko menyebabkan kelainan kongenital atau cacat janin.

Demam berdarah

demam berdarah

Penyakit ini kerap terjadi di negara-negara tropos. Gejala yang dialami pasien demam berdarah antara lain ruam, emam, sakit kepala, mudah memar, dan gusi berdarah. Dalam kasus yang parah, demam berdarah bisa menyebabkan sindrom syok dengue yang menyebabkan sakit perut, pendarahan (perdarahan) dan kolaps peredaran darah (syok.), Tidak ada obat untuk demam berdarah. Namun, pengenalan dan pengobatan dini dapat membantu mengelola gejala dan mencegah kematian.

  • Demam tinggi
  • Sakit kepala berat
  • Nyeri pada bagian belakang mata
  • Ruam kulit berupa bintik-bintik merah
  • Kelelahan
  • Mual dan muntah
  • Nyeri sendi dan otot yang cukup parah
Baca Juga :  Penyebab Mual Setelah Minum Kopi

Malaria

malaria

Jika tidak diobati, malaria dapat menyebabkan masalah kesehatan yang parah seperti kejang, kerusakan otak, kesulitan bernapas, kegagalan organ dan kematian. Anda bisa tertular penyakit ini ketika digigit oleh nyamuk yang terinfeksi parasit kecil yang disebut plasomodium. Gejala malaria biasanya muncul 10 hari sampai satu bulan setelah orang tersebut terinfeksi. Namun, parasit penyebab malarisa bisa hidup di dalam tubuh selama beberapa tahun tanpa menimbulkan gejala.

Biasanya, gejala dan keluhan penyakit malaria akan muncul 10–15 hari setelah tergigit nyamuk. Penyakit malaria memerlukan penanganan segera, karena bisa membahayakan nyawa Si Kecil.

Demam kuning

penyakit demam kuning

Demam kuning adalah penyakit yang ditularkan oleh nyamuk yang terinfeksi virus penyebab demam kuning. Penyebab penyakit demam kuning adalah virus yang tergolong dalam genus Flavivirus, kelompok besar virus RNA. Penyakit ini bisa menyebabkan kulit dan bagian putih mata menjadi kuning. Infeksi yang kurang serius akan membuat Anda sakit kepala, sakit punggung, kedinginan, dan muntah.

Chikungunya

penyakit chikungunya

Chikungunya adalah penyakit akibat infeksi virus chikungunya yang menular lewat gigitan nyamuk Aedes aegypti atau Aedes albopictus. Penyakit ini ditandai dengan demam dan nyeri sendi mendadak yang bisa membuat anak sulit bergerak.

Gejala-gejala tersebut biasanya berlangsung sekitar satu minggu. Namun, pada beberapa kasus, nyeri sendi bisa berlangsung selama berbulan-bulan.

Nah itulah beberapa penyakit yang ditimbulkan dari gigitan nyamuk yang bisa berbahaya untuk tubuh.

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,430SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles