23.9 C
Jakarta
Saturday, January 28, 2023

Flora dan Fauna di Benua Amerika

Benua Amerika pertama kali ditemukan oleh penjelajah dari Eropa bernama Christopher Columbus pada tahun 1492 yang mendarat di Pulau San Salvador bagian dari Kepulauan Bahama. Penjelajah lain yang berjasa mempopulerkan benua baru ke Benua Eropa adalah Amerigo Vespuci yang merupakan bangsawan dari Italia. Untuk mengenang jasa-jasa Amerigo Vespuci maka namanya diabadikan sebagai nama benua baru tersebut Benua Amerika.

Letak Astronomis Benua Amerika : 35 BB- 170BB dan 83 LU- 55 LS. Letak geografis Benua Amerika adalah di belahan bumi barat dan terletak antara Samudera Atlantik dan Samudera Pasifik, serta terletak antara Samudera Arktik dan Samudera Pasifik.Luas Benua Amerika 42.188.000 km2.

Flora dan Fauna

Faktor yang mempengaruhi sebaran flora dan fauna di Amerika adalah faktor iklim dan aktifitas manusia. Jenis flora dan fauna di Amerika:

Tundra

ilustrasi tundra

Tundra adalah suatu bioma tempat terhambatnya pertumbuhan pohon dengan rendahnya suhu lingkungan sekitar. Oleh karena itu, daerah ini disebut daerah tanpa pohon. Tundra terdapat di wilayah bumi sebelah utara, juga ditemukan di dekat antartika, dan terdapat di puncak pegunungan yang tinggi.

Semak belukar

ilustrasi semak belukar

Semak belukar adalah tanaman yang berukuran sedang dengan batang dan cabang berkayu, semua cabang berukuran sama dengan muncul di atas tanah. Tanaman ini umumnya kecil-kecil dan biasanya umurnya hanya semusim atau berumur pendek. Contoh yang paling umum dari semak belukar ini adalah Mawar, lemon, delima, kaktus, maupun pacar air.

Peranan semak dalam arsitektuk lanskap adalah sebagai tanaman hias, pembatas semu dan dekorasi lanskap di depan bangunan. Semak biasanya dipilih dari tanaman berbunga, sehingga bisa menjadi penambah estetika taman maupun bangunan.

Tanaman gurun,

tanaman gurun

Gurun atau padang gurun adalah suatu daerah yang menerima curah hujan paling sedikit di dunia, sekiranya kurang dari 250 mm per tahun. Wilayah gurun dianggap memiliki kemampuan yang kecil untuk mendukung kehidupan terhadap suatu ekosistem. Menjadi tempat yang paling kering di dunia, terdapat beberapa jenis tumbuhan yang ternyata berhasil bertahan hidup di lingkungan tersebut.

Baca Juga :  Cara Memperbanyak Tanaman Lidah Mertua, Bisa Pakai Air

Rumput

ilustrasi rumput

Tanaman Rumput adalah tumbuhan monokotil yang memiliki daun berbentuk sempit meruncing yang tumbuh dari dasar batang. Rumput sering kali ditanam sebagai tanaman hias, tanaman obat, dan pakan ternak.

Adapun fauna dibenua amerika antara lain:

Bison

ilustrasi bison

Bison adalah kelompok mamalia berkuku genap. Mereka membentuk genus Bison dari subfamili Bovinae dan familia Bovidae. Bison tinggal di bagian utara bumi. Bison Amerika tinggal di Amerika Utara. Mereka hidup hingga berusia 20 tahun, dan lahir tanpa tanduk.

Musang

ilustrasi musang

Musang adalah nama umum bagi sekelompok mamalia pemangsa dari suku Viverridae. Hewan ini kebanyakan merupakan hewan malam dan pemanjat yang baik. Yang paling dikenal dari berbagai jenisnya adalah musang luwak.

Armadillo

ilustrasi armadillo

Armadillo adalah mamalia plasental kecil, diketahui karena memiliki perisai pada tubuhnya. Dasypodidae adalah satu-satunya famili yang selamat pada ordo Cingulata. Panjang normal armadillo ini adalah 75 cm. Armadillo raksasa, armadillo terbesar mencapai panjang 90 cm.

Guanaco

ilustrasi guanaco

Guanako adalah binatang camelid yang merupakan binatang asli Amerika Selatan. Binatang ini memiliki tinggi sekitar 1.06 m dan berat 90 kg. Seperti llama, guanako berbulu dobel dengan rambut yang kasar dan lapisan bawah yang lembut. Guanako memiliki wol yang lembut.

Jaguar

ilustrasi jaguar
Jaguar adalah hewan sejenis kucing besar yang tergolong dalam genus Panthera. Binatang ini merupakan kucing liar ketiga setelah harimau dan singa, dan juga merupakan kucing terbesar di belahan Barat. Binatang ini meliputi wilayah Meksiko utara, melintasi Amerika Tengah hingga ke Paraguay, Argentina utara dan selatan.

Puma

puma

Hewan Puma atau cougar atau singa gunung adalah binatang mamalia yang tergolong dalam kelompok kucing besar. Puma umumnya dijumpai di kawasan benua Amerika. Puma mempunyai genetik yang lebih dekat dengan kucing dibandingkan dengan singa.

Baca Juga :  Fakta Menarik Kunang-Kunang

Itulah beberapa flora dan fauna yang ada di benua amerika.

 

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,200SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles