9 Agama Tertua di Dunia, Ternyata Islam Bukan Agama yang Pertama

0
76

Agama tertua di dunia sudah ada sejak awal adanya manusia di bumi. Beberapa di antaranya pudar seiring waktu selagi agama lain tumbuh, seperti adanya sebuah kerajaan yang biasanya menganut kepercayaan tertentu.

Berdasarkan catatan sejarah, ada sejumlah agama tertua di dunia yang masih dapat ditelusuri jejak. Beberapa di antaranya juga masih punya pengikut atau pemeluk sampai hari ini.

Bahkan, agama yang menduduki peringkat pertama sudah ada sejak 8000 SM. Bukti keberadaan agama-agama tersebut ditemukan dalam bentuk prasejarah seperti candi, catatan arkeologi, dan beberapa sumber sejarah tertulis.

Pasti udah pada penasaran kan, apa agama tertua di dunia? Langsung saja simak 9 agama tertua di dunia berikut ini!

Agama Brahmanisme

agama brahmanisme

Brahamnisme ini merupakan pelopor agama Hindu dan agama Buddha. Agama ini berkembang di India bagian utara di antara kalangan bangsa Arya yang datang ke India kira-kira 8.000 tahun silam. Agama ini juga dikenal dengan nama Weda Brahmanisme merupakan agama yang meyakini kekuatan alam yang berasal dari dewa dan dewi. Beberapa dewa-dewi yang diikuti adalah Dewa Matahari, Dewa Angkasa, Dewa Siwa, Dewa Api, dan masih banyak lainnya.

Ciri dari Agama Brahmanisme

Ciri khas utama agama ini adalah siklus antara kematian dan kelahiran kembali reinkarnasi serta pembagian manusia dalam empat kasta yang berbeda. Kasta ini dalam Bahasa Sanskerta yang disebut warna.

Agama Hindu

agama hindu

Persebaran agama ini dimulai dari lembah sungai Indus atau Pakistan. Hindu merupakan agama yang tidak memiliki teks tunggal, melainkan hasil dari kolaborasi beberapa tradisi dan kepercayaan kuno. Beberapa waktu yang lalu, ditemukan kitab suci Rig Veda yang diyakini merupakan kitab suci tertua agama Hindu. Kitab tersebut diyakini oleh para arkeolog sudah berumur 7.000 SM.

Baca Juga :  Cerita Awal Dan Asal Usul Banaspati!

Jumlah Penganut Agama Hindu

Pemeluk agama Hindu mencapai sekitar 4,21 juta jiwa yang sebagian besar bermukim di Bali.

Agama Yudaisme

agama yudaisme

Yudaisme adalah agama Abrahamik, monoteistik, dan etnis yang terdiri dari tradisi dan peradaban agama, budaya, dan hukum kolektif orang-orang Yahudi. Ini berakar sebagai agama terorganisir di Timur Tengah selama Zaman Perunggu.

Ajaran Yahudi atau Yudaisme merupakan agama tertua di antara tiga agama monoteistik, yakni Islam dan Kristen. Kitab suci Taurat juga dikenal sebagai Tanakh atau Alkitab Ibrani.

Agama Zoroastrianisme

agama zoroastrianisme

Sebuah agama yang berasal dari Iran Raya dan merupakan salah satu agama terorganisir tertua yang masih terus dianut hingga sekarang, yang didasarkan pada ajaran seorang Nabi berbahasa Iran yakni Zoroaster.

Agama dengan konsep yang hampir mirip dengan Yahudi ini diyakini sudah ada sejak tahun 1.200–1.500 SM. Agama Zoroastrianisme percaya bahwa hanya ada satu Tuhan yang bernama Ahura Mazda. Mereka sering disalahapami sebagai penyembah api, padahal mereka hanya meyakini bahwa api atau cahaya sebagai bentuk simbol kebijaksanaan Tuhan.

Agama Shinto

agama shinto

Catatan sejarah menyebutkan bahwa akar agama Shinto adalah sekitar 700 SM, meskipun ada pula bukti catatan arkeologi yang menyebut bahwa telah muncul lebih jauh lagi daripada itu.

Tempat Peresmian Agama Shinto

Agama Shinto secara resmi ditetapkan sebagai agama di Negara Jepang selama periode Meiji, yakni sekitar tahun 1868 sampai 1912. Sekarang agama Shinto dan Buddha sudah terkait erat pada masyarakat dan budaya Jepang.

Agama Konfusianisme

agama konfusianisme

Kepercayaan Konfusianisme sering diakui sebagai agama meskipun oleh para pengikutnya tidak dipraktikkan sebagai agama tradisional yang terorganisir layaknya agama-agama lainnya. Penganut kepercayaan ini memandang Konfusianisme lebih sebagai sistem filsafat sosial dan etika dalam menjalani kehidupan sebagai seorang manusia yang berakal.

Baca Juga :  5 Penjualan Termahal Brighton Sepanjang Sejarah, Ben White Tertinggi!

Sebenarnya ia tidak berniat untuk mendirikan sebuah kepercayaan atau agama baru, namun tertarik untuk menghidupkan kembali nilai-nilai ajaran tersebut dan kepercayaan di masa dinasti Zhou.

Agama Konfusianisme Tersebar

kepercayaan konfusianisme menyebar di negara-negara Asia, seperti Jepang, Korea, hingga Vietnam. Kepercayaan ini memakai pandangan sistem filsafat, sosial, dan etika.

Agama Jainisme

agama jainisme

Hampir mirip dengan kepercayaan Hindu dan Buddha, agama yang menduduki peringkat ke-7 ini tidak memiliki satu teks agama rujukan. Penganut agama Jainisme percaya bahwa kebenaran telah terungkapkan di waktu yang berbeda oleh seorang nabi yaitu, Tirtahankaras.

Agama yang berkembang di India ini pendirinya adalah seorang pangeran yang bernama Mahavira. Jainisme adalah agama tradisional China yang dikenal juga dengan sebutan Kon Fut Se dan kepercayaan ini dibawa oleh seorang guru atau filsuf sosial.

Ajaran agama ini sangat kental dengan adat-adat Tionghoa kuno. Di Indonesia sendiri, agama ini lebih dikenal dengan sebutan agama Kong Hu Cu yang diyakini muncul pada abad ke-6 SM yang dimana sudah ada agama Buddha.

Agama Buddha

agama buddha

Buddha yang juga masih memiliki banyak penganut ini berada di rentang tahun yang hampir sama dengan agama pendahulunya, yaitu Jainisme. Agama Buddha didirikan oleh seorang guru spiritual yang bernama Sidharta Gautama.

Menurut sejarah, Sidharta Gautama menjadi Buddha ketika duduk di bawah pohon Bodhi (pohon pencerahan). Bersamaan dengan saat itu, Sidharta sudah mencapai pencerahan akan makna kehidupan.

Agama Taoisme

agama taoisme

Taoisme adalah kepercayaan yang didasarkan pada ajaran Tao Te Ching, yang merupakan sebuah buku pendek berisi ajaran Lao Tzu. Kepercayaan ini menekankan pada keharmonisan spiritual kehidupan dalam diri individu.

Tidak ada perbedaan yang signifikan antara dua aliran utama dalam agama Taoisme, yakni Tao-chia yang cenderung berfokus pada tulisan- tulisan Lao Tzu, Chuang-Tzu, dan mistik awal lainnya.

Baca Juga :  Belajar Sejarah Tenis Meja Dunia, Salah Satu Olahraga Seru yang Populer

Selain itu juga Taoisme atau Tao-chiao yang menekankan ritual keagamaan dengan tujuan mencapai keabadian. Taoisme adalah salah satu agama terkuat di Tiongkok yang sekarang sudah pulih kembali. Agama Taoisme banyak dipraktikkan di Tiongkok, Taiwan, Asia Tenggara, sampai Sebagian kecil negara di Barat.

Nah itu dia 9 Agama Tertua di Dunia, yang mungkin kalian belum ketahui. Semoga informasinya membantu ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here