29.3 C
Jakarta
Saturday, August 13, 2022

Jenis Bayi Kembar Siam

Jenis kembar siam yang paling sering terjadi yaitu di dada, perut, atau panggul. Kembar siam adalah dua bayi yang lahir secara fisik terhubung satu sama lain dan beberapa ada yang berbagi organ.

Saat ini, kemajuan dalam pembedahan dan teknologi telah meningkatkan tingkat kelangsungan hidup kembar siam. Beberapa kembar siam yang masih hidup dapat dipisahkan melalui pembedahan. Keberhasilan operasi tergantung pada bagian dan organ mana mereka menyatu, serta pengalaman dan keterampilan tim bedah, dikutip dari Mayoclinic dan Cleveland Clinic.

Gejala Kehamilan Kembar Siam

bayi kembar siam

Tidak ada tanda atau gejala khusus yang mengindikasikan kehamilan kembar siam. Seperti kehamilan kembar lainnya, rahim dapat tumbuh lebih cepat dibandingkan dengan janin tunggal.

Terkadang hal ini dapat menyebabkan lebih banyak kelelahan, mual, dan muntah di awal kehamilan. Kembar siam dapat didiagnosis pada awal kehamilan menggunakan USG standar.

Jenis-jenis Kembar Siam

bayi kembar siam

Kembar siam biasanya diklasifikasikan menurut bagian dan organ mana mereka bergabung. Mereka terkadang berbagi organ atau bagian lain dari tubuh mereka. Anatomi spesifik dari setiap pasangan kembar siam adalah unik. Kembar siam dapat bergabung di bagian tubuh berikut ini:

Dada (Chest)

Jenis kembar siam ini disebut Kembar Thoracopagus (thor-uh-KOP-uh-gus). Mereka berhadap-hadapan di bagian dada. Kembar Thoracopagus sering berbagi satu hati dan usus bagian atas. Jenis ini adalah kembar siam yang paling umum.

Perut (Abdomen)

Kembar omphalopagus (om-fuh-LOP-uh-gus) bergabung di dekat pusar. Banyak kembar omphalopagus berbagi hati, dan beberapa berbagi bagian bawah usus kecil (ileum) dan usus besar. Mereka umumnya tidak berbagi hati.

Pangkal tulang belakang (Base of spine)

Kembar pygopagus (pie-GOP-uh-gus) biasanya bergabung saling membelakangi di pangkal tulang belakang dan bokong. Beberapa kembar pygopagus berbagi saluran pencernaan bagian bawah, dan beberapa berbagi organ genital dan kemih.

Baca Juga :  Manfaat Buah Nanas

Sepanjang tulang belakang (Length of Spine)

Rachipagus (ray-KIP-uh-gus) disebut juga rachiopagus (ray-kee-OP-uh-gus). Kembar siam ini menyatu di sepanjang tulang belakang. Jenis kembar siam Rachipagus ini sangat langka.

Panggul (Pelvis)

Kembar ischiopagus (is-kee-OP-uh-gus) menyatu di panggul, baik berhadap-hadapan atau ujung ke ujung. Banyak kembar ischiopagus berbagi saluran pencernaan bagian bawah, serta hati dan organ genital dan saluran kemih. Setiap kembar mungkin memiliki dua kaki atau, lebih jarang, si kembar berbagi dua atau tiga kaki.

Tubuh (Trunk)

Kembar parapagus (pa-RAP-uh-gus) bergabung berdampingan di panggul dan sebagian atau seluruh perut dan dada. Meski tubuh keduanya menyatu, namun mereka tetap memiliki kepala yang terpisah.

Kepala (Head)

Kembar craniopagus (kray-nee-OP-uh-gus) menyatu di bagian belakang, atas atau samping kepala, tetapi tidak di wajah. Kembar craniopagus berbagi sebagian tengkorak. Namun, otak mereka biasanya terpisah, meskipun mereka mungkin berbagi beberapa jaringan otak.

Kepala dan dada

Kembar Cephalopagus (sef-uh-LOP-uh-gus) bergabung di wajah dan tubuh bagian atas. Wajah-wajah berada di sisi berlawanan dari satu kepala bersama, dan mereka berbagi otak. Si kembar ini jarang bertahan.

Dalam kasus yang jarang terjadi, kembar siam dapat digabungkan dengan satu kembaran yang lebih kecil dan kurang terbentuk dibandingkan yang lain (kembar siam asimetris). Selain itu, dalam kasus yang sangat jarang lainnya, satu kembar dapat ditemukan berkembang sebagian di dalam kembaran lainnya (janin dalam janin).

Bagaimana terjadinya Kembar Siam?

bayi kembar siam

Kembar identik (kembar monozigot) terjadi ketika satu sel telur yang dibuahi membelah dan berkembang menjadi dua individu. Delapan sampai 12 hari setelah pembuahan, lapisan embrio yang akan membelah membentuk kembar monozigot mulai berkembang menjadi organ dan struktur tertentu.

Dipercaya, ketika embrio membelah lebih lambat dari ini -biasanya antara 13 dan 15 hari setelah pembuahan- pemisahan berhenti sebelum prosesnya selesai, dan kembaran yang dihasilkan menjadi siam. Sebuah teori alternatif menunjukkan dua embrio yang terpisah entah bagaimana bisa menyatu bersama dalam perkembangan awal. Namun, penyebabnya secara pasti tidak diketahui.

Baca Juga :  Prolaps Tali Pusat dan Bahayanya bagi Kehamilan

Jadi, itulah penjelasan dikit tentang bayi kembar siam dan bagaimana bisa terjadi bayi kembar siam.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,430SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles