30.9 C
Jakarta
Saturday, March 23, 2024

5 Fakta Unik Tentang Kumbang yang Menarik!

Kumbang merupakan jenis serangga yang sering dianggap sebagai hama tanaman. Akan tetapi, tidak semua kumbang merupakan hama perusak tanaman. Ada juga beberapa jenis kumbang yang justru membantu penyerbukan tumbuhan. Kumbang memiliki bentuk tubuh yang unik dan mempunyai kemampuan terbang sebagaimana serangga lainnya.

Kumbang dikenal sebagai serangga sayap berlapis. Hal ini disebabkan kumbang memiliki dua pasang sayap yang saling mengeras. Pasangan sayap atas akan melindungi pasangan sayap di bawahnya dan juga melindungi tubuh kumbang itu sendiri. Untuk mengetahui lebih jauh tentang kumbang, berikut ini beberapa fakta unik dan menarik tentang kumbang yang wajib Anda baca.

Spesies kumbang banyak

Spesies kumbang

Kumbang memiliki sekitar 350.000 spesies yang tersebar di seluruh belahan dunia, kecuali di kutub dan laut. Kumbang banyak ditemukan di kebun maupun hutan, bahkan pada air tawar.Para peneliti menjelaskan bahwa bayi kumbang yang tidak rakus dalam meminta makanan akan memiliki kesempatan hidup yang lebih tinggi. Namun jika bayi kumbang memiliki selera makan besar, para induk tidak akan segan untuk membunuh dan memakan anaknya sendiri.

Kotoran kumbang hanya memakan feses

Kotoran kumbang hanya memakan feses

Kumbang kotoran tidak akan makan apa pun kecuali feses atau kotoran yang menyediakan nutrisi bagi mereka. Sebagian besar kumbang kotoran akan memakan kotoran herbivora (pemakan tumbuhan).

Kumbang berperan dalam menjaga ekosistem bumi

Kumbang berperan dalam menjaga ekosistem bumi

memiliki peranan penting penting dalam menjaga ekosistem bumi. Jadi kita dapat menjumpai kumbang di mana saja seperti di hutan, pegunungan, perkarangan, gua, padang rumput, dan perairan tawar. hewan ini juga menghuni berbagai substrat seperti di serasah, bangkai hewan, dedaunan, kayu yang membusuk, dan jaringan tumbuhan.

Kumbang kotoran salah satu hewan terkuat di dunia

kumbang kotoran

Dilansir dari Live Science, kumbang kotoran dapat membawa beban seberat 1.141 kali berat tubuhnya. Hal ini seperti seorang laki-laki dewasa yang mengangkat 6 bus bertingkat yang dipenuhi oleh penumpangkotoran memiliki kemampuan membawa beban 50 kali beban tubuh mereka sendiri, sehingga disebut sebagai salah satu hewan terkuat di dunia.

Hewan memiliki cara bertahan hidup yang unik

Hewan memiliki cara bertahan hidup yang unik

Sayap keras yang dimiliki kumbang selain untuk terbang juga sebagai pelindung tubuh dari serangan musuh dan cuaca yang ekstrim. Untuk mengelabuhi musuhnya agar seolah-olah terlihat mati, maka kumbang akan membalikkan tubuh dan menarik kakinya ke dalam.

Ada juga larva kumbang kentang yang menutupi tubuh dengan kotoran beracunnya sendiri supaya bertahan hidup.

Kumbang mengalami siklus metamorfosis yang sempurna6.

Kumbang mengalami siklus metamorfosis yang sempurna6.

hewan mengalami metamorfosis sempurna karena siklus hidupnya dimulai dari telur yang menjadi larva, kemudian pupa, dan berkembang menjadi lebih dewasa. hewan yang bertelur pada pohon sagu akan membentuk larva yang dikenal sebagai ulat sagu, yang biasanya dikonsumsi oleh masyarakat sekitar.

hewan memiliki corak warna yang unik dan beragam

Kumbang memiliki corak warna yang unik dan beragam

Kumbang mempunyai keunikan corak warna tubuh dan beragam sesuai jenis spesiesnya. Bahkan, kumbang tanduk merupakan salah satu jenis kumbang yang sering dijadikan sebagai hewan peliharaan karena keunikan tanduk dan warnanya. Hewan ini sangat menarik dengan banyak ragam corak warna yang banyak berminat pada kumbang.

Spesies kumbang terbesar di dunia

Spesies kumbang terbesar di dunia

Goliath adalah jenis kumbang terbesar di dunia yang memiliki berat hingga 3,5 ons dan panjang sekuar 11 cm. Besarnya kumbang ini kurang lebih sebesar kepalan tangan. Mereka adalah anggota subfamili Cetoniinae, dalam keluarga kumbang scarab. Di kepala kumbang goliath jantan juga dihiasi sepasang tanduk berbentuk hurup “Y” yang berguna untuk menarik pasangan, berkelahi, dan mempertahankan daerah kekuasaannya.

Nah, itulah beberapa fakta unik dan menarik tentang kumbang yang tidak diketahui banyak orang.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles