29.3 C
Jakarta
Saturday, August 13, 2022

7 Kuliner Khas Korea Selatan yang Cocok disaat Musim Panas

Musim panas di Korea bisa menjadi sangat panas dan membuat orang-orang tidak merasa nyaman. Penduduk lokal biasanya mengonsumsi beberapa jenis makanan yang dapat membantu mengalahkan gerahnya musim panas. Salah satu jenis hidangan yang cukup populer saat musim panas adalah mie.

Selain mie ada juga salad serta hidangan penutup yang cukup banyak diminati di negara tersebut. 7 hidangan Korea Selatan berikut ini bisa kamu nikmati disaat hari sedang terasa panas. Penasaran ada kuliner apa saja? Yuk langsung kita simak artikel berikut ini:

Patbingsu

patbingsu

Kuliner yang satu ini merupakan makanan penutup yang digemari di Korea Selatan khususnya saat musim panas. Hidangan yang biasanya disajikan untuk dua atau tiga orang ini memiliki beberapa variasi.

Patbingsu versi tradisional terbuat dari campuran es serut yang diberi topping dengan susu kental, pasta kacang merah, dan kue beras (moci). Sementara patbingsu modern biasanya diberi topping coklat, teh hijau, atau potongan buah seperti mangga dan stroberi yang menyegarkan.

Naengmyeon

naengmyeon

Hidangan berbahan dasar mie dari Pyeongyang ibu kota Korea Utara tersebut menjadi kuliner yang banyak diminati di Korea Selatan. Mie tipis dalam hidangan naengmyeon sendiri dibuat dari tepung soba atau tepung gandum.

Mie dingin tersebut kemudian disajikan dengan kuah kaldu daging sapi yang ringan. Lalu tambahkan mentimun, lobak, irisan daging tipis, dan lengkapi dengan telur di atasnya.

Oi-muchim

oi-muchim

Didalam bahasa Korea hidangan yang satu ini berarti mentimun yang dibumbui. Salad mentimun khas negeri gingseng tersebut termasuk hidangan populer musim panas karena terbuat dari mentimun yang memberi efek mendinginkan.

Cara membuatnya pun cukup sederhana dan tidak perlu memasak dengan api. Kamu hanya perlu mengiris timun tipis-tipis, lalu tambahkan garam, cuka, bawang putih cincang, gochugaru atau bubuk cabai, dan minyak wijen. Setelah semua bahan tercampur, hidangkan oi muchim dengan ditaburi biji wijen dan irisan daun bawang.

Baca Juga :  Makanan Khas Indonesia

Kongguksu

kongguksu

Hidangan ini merupakan salah satu hidangan mie dingin yang cocok untuk seorang vegetarian. Disajikan dalam kuah kental gurih dan dingin yang terbuat dari kacang kedelai. Cara menyajikannya dapat dimulai dengan menyiapkan kuah kacang kedelai, lalu siapkan garnish berupa irisian timun tipis, dan potongan tomat.

Setelah itu, masak mie di air mendidih dengan tambahan sedikit garam lalu cucilah mie dengan air dingin. Kemudian sajikan mie dalam mangkuk, tambahkan kuah kedelai gurih, lalu garnish dengan timun dan tomat yang telah disipakan.

Samgyetang

samgyetang

Hidangan yang satu ini cukup berbeda dengan sajian populer musim panas lainnya yang memberikan efek menyegarkan karena mempunyai bahan yang dingin. Orang Korea percaya bahwa untuk mengatasi hari terpanas yaitu dengan menyantap hidangan panas seperti samgyetang.

Sajian ini dibuat dengan memasak ayam utuh dalam kaldu panas yang terbuat dari berbagai rempah-rempah sehat untuk meningkatkan imunitas serta melancarkan sirkulasi darah dalam tubuh.

Bibim Guksu

bibim guksu

Hidangan mie luar biasa lainnya yang cocok untuk musim panas yaitu bibim guksu. Rasanya yang pedas dan asam dapat mengembalikan nafsu makan yang hilang selama hari-hari yang panas dan lembap. Bibim guksu termasuk hidangan salad mie dingin yang ringan dan lezat.

Kamu bisa membuatnya menggunakan mie soba yang telah direbus dan dicuci dengan air es. Lalu siapkan sayuran seperti selada, kubis, mentimun, dan wortel yang telah diris tipis. Kemudian yang paling penting adalah membuat saus dengan campuran gochujang (pasta cabai merah), cuka beras, soy sauce, gula merah, minyak wijen, dan biji wijen.

Kalguksu

kalguksu

Dinamakan kalguksu karena hidangan ini memiliki bahan mie yang dipotong dengan pisau. Secara sederhana, kalguksu merupakan sajian mie yang dilengkapi dengan kaldu dari ayam, kerang, ikan teri, ataupun daging sapi. Di atas mie ditambahkan dengan potongan daging dan irisan daun bawang.

Baca Juga :  Makanan Khas Batam Wajib Di Coba

Nah jadi itulah beberapa kuliner khas Korea Selatan yang cocok untuk disantap disaat musim panas. Selamat mencoba!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,430SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles