32.1 C
Jakarta
Sunday, February 5, 2023

Menemukan Pemandian dan Vila Elite Kuno di Yerusalem

Penggalian arkeologi di samping Tembok Barat, Yerusalem, telah mengungkap sejarah kota itu ribuan tahun lalu. Salah satu temuan terbarunya adalah vila kuno berusia 2.000 tahun yang dipenuhi hiasan dan pemandian ritual, Dikutip dari Live Science. Tembok Barat adalah salah satu situs paling suci dalam Yudaisme dan dikunjungi oleh jutaan turis setiap tahun.

Namun, pengunjung biasanya harus menuruni 142 anak tangga untuk mencapai tempat suci itu Pada 2017. Pemerintah membangun dua lift untuk akses penyandang disabilitas di samping tangga yang ada di tepi kawasan Kota Yahudi Kuno. Para arkeolog kemudian mulai menggali area kecil di daerah tersebut pada 2019.

“Kami benar-benar diberi kesempatan luar biasa untuk menggali sebidang tanah yang tidak terganggu di dalam Kota Tua. Ini berarti menggali semua lapisan di bawah kota yang hidup dan aktif dalam semua kerumitan dan perjuangannya, baik masa lalu maupun sekarang,” kata Michal Haber, seorang arkeolog di Hebrew University of Jerusalem.

Penemuan paling spektakuler

penemuan sepektakuler

Penggalian arkeologi berakhir beberapa bulan yang lalu. Setelah penemuan struktur dan artefak dari setidaknya lima fase berbeda dari sejarah kota kuno yang luas. Namun, penemuan paling spektakuler di situs tersebut adalah kerangka sebuah vila elite yang ditempati tepat sebelum Romawi menghancurkan Temple Mount pada 70 M.

Di dalamnya terdapat banyak panci masak. Beberapa di antaranya masih utuh, serta tangki air yang diplester untuk mandi ritual pribadi atau mikveh. Arkeolog Hebrew University Oren Gutfeld mengatakan, hukum Yahudi melarang mengisi pemandian ritual dengan tangan.

Sebaliknya, pemandian itu hanya bisa diisi dengan curah hujan atau dengan air yang mengalir dari sumber lain. Tampaknya, para pembangun menempatkan tangki dan mikveh (tempat mandi ritual Yahudi) sehingga air dari saluran air kuno mengalir ke dalamnya. Pada saat vila itu ditempati, Temple Mount di dekatnya masih digunakan.

Baca Juga :  Update 5 Kasus Kematian Brigadir J, Ferdy Sambo Dimutasi

Area itu dikhususkan untuk orang-orang yang sangat kaya. “Vila ini unik karena benar-benar berada di tebing, tepat di sebelah Temple Mount. Sebuah tempat di mana Anda tidak akan menemukan arsitektur karena kemiringannya,” jelasnya. Haber pun mengamini pemikiran Gutfeld tentang vila dan pemandian itu.

Ada beberapa langkah dari tempat Kuil Yahudi

tempat Kuil Yahuditempat Kuil Yahudi

Menurut Mikveh era Herodian adalah penemuan yang luar biasa. “Saya mengatakan ini sebagai seseorang yang benar-benar sekuler, tetapi yang tidak dapat melepaskan diri dari pentingnya penemuan yang begitu dekat dengan Temple Mount,” katanya lagi.

Vila yang terletak beberapa langkah dari tempat Kuil Yahudi berdiri ditemukan selama beberapa tahun. Penggalian penyelamatan di Kawasan Yahudi di Kota Tua Yerusalem yang bersejarah. Para arkeolog melakukan penggalian penyelamatan untuk membuat studi ilmiah tentang artefak dan bangunan kuno sebelum dipindahkan untuk memberi jalan bagi konstruksi modern.

Situs pemandian ritual Yahudi

Situs pemandian ritual Yahudi 

Ditemukan di dekat Tembok Barat di Kota Tua Yerusalem, pada Minggu, 17 Juli 2022. Penggalian untuk membangun lift yang dapat diakses dari Kawasan Yahudi ke Tembok Barat dekat Bukit Bait Suci oleh Institut Arkeologi Universitas Ibrani Yerusalem telah menemukan mikveh yang berasal dari abad ke-1 Masehi.

Selama penggalian para arkeolog dengan hati-hati mengupas lapisan konstruksi dan puing-puing yang telah terkumpul selama lebih dari dua milenium, total lebih dari 9 meter. Titik jalan bersejarah termasuk pipa Ottoman yang dibangun di saluran air berusia 2.000 tahun yang memasok Yerusalem dengan air dari mata air dekat Betlehem.

Kemudian ditemukan lampu minyak

lampu minyak

Pada masa Islam awal, ada pula batu bata yang dicap dengan nama Legiun ke-10 tentara Romawi yang mengepung, menghancurkan dan kemudian berkemah di Yerusalem dua ribu tahun yang lalu. Temuan lainnya termasuk sisa-sisa vila Yudea dari hari-hari terakhir sebelum kehancuran Kuil Yahudi kuno pada tahun 70.

Baca Juga :  Viral, Video Kepala Sekolah Berbuat Mesum di Toilet Masjid

nah, jadi itulah pembahasan dari  Pemandian dan Vila Elite Kuno di Yerusalem.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles