29.3 C
Jakarta
Saturday, August 13, 2022

7 Air Terjun Tertinggi di Dunia

Air terjun merupakan salah satu keindahan alam yang dikagumi manusia. Ketinggian, aliran air yang deras maupun yang tenang, suara gemercik air, dan suasana di sekitar tebing, bebatuan, dan air membuat air terjun menarik bagi wisatawan, penjelajah, maupun peneliti. Dari berbagai air terjun tinggi di dunia, ada di antaranya yang sangat tinggi. Beberapa bahkan hanya bisa dinikmati manusia dari kejauhan, dari laut, bahkan dari udara
menggunakan pesawat atau helikopter. Apa saja air terjun tertinggi di dunia?

Air terjun Iguazu

ilustrasi air terjun iguazu

Air terjun Iguazu berlokasi di perbatasan Argentina dan Brasil. Ia adalah satu-satunya air terjun yang dapat menandingi air terjun Victoria. Iguazu paling mempesona jika disaksikan dari sisi Brasil. Hutan hujan di sekitar Iguazu pun membuatnya tampak semakin menarik.

Air terjun Victoria

ilustrasi air terjun victoria

Air terjun Victoria membentang dengan tirai sepanjang 1.708 meter dan ketinggian hingga 108 meter. Proporsi inilah yang menjadikan air terjun Victoria sebagai air terjun terbesar yang sangat mempesona. Salah satu air terjun terbesar di dunia ini berada di perbatasan antara Zambia dan Zimbabwe.

Air terjun Niagara

ilustrasi air terjun niagara

Air terjun Niagara merupakan salah satu air terjun terbesar di dunia yang sangat populer. Terbukti, setiap tahun, jutaan orang datang untuk melihat keajaiban air terjun Niagara. Air terjun Niagara ini terdiri dari air terjun Amerika, air terjun Bridal Veil, dan air terjun Horseshoe.

Air terjun Angel

ilustrasi Air terjun Angel

Terletak di Venezuela, air terjun Angel merupakan salah satu air terjun terbesar di dunia dengan ketinggian 807 meter.  pertama kali dilihat di awal abad ke-20 oleh penjelajah Ernesto de Santa Cruz, air terjun ini tidak dikenal dunia sampai ditemukan secara resmi oleh penerbang Amerika, James Crawford Angel yang sedang terbang mencari lokasi tambang emas.

Baca Juga :  Sejarah, dan Tempat Wisata di Kota Kaohsiung

Pada tahun 1936, James Angel kembali dan mendaratkan pesawatnya di dekat air terjun. Akhirnya air terjun ini dinamakan “Air terjun Angel” untuk mengenang penemunya, James Crawford Angel.

Air Terjun Sutherland, Selandia Baru

ilustrasi Air Terjun Sutherland

Air Terjun Sutherland berada di lokasi terpencil namun sepadan dengan semua usaha untuk mencapainya. Terselip di dalam pegunungan epik, lokasi ini menjadi salah satu air terjun paling dramatis yang pernah ada.

Dengan tiga air terjun terpisah, Air Terjun Sutherland membentang hingga 580 meter yang mengesankan. Karena terletak di dalam pegunungan K Tiritiri o te Moana yang terpencil, wisatawan harus terbang atau mendaki beberapa hari untuk mencapainya.

Air Terjun Jog, Karnataka

Air Terjun Jog

Dikelilingi oleh hutan hijau yang rimbun, Jog Falls terkenal sebagai air terjun terjun tertinggi kedua di India. Airnya berasal dari sungai Sharavathi yang membelah menjadi empat air terjun yang menakjubkan, yang bergabung untuk membentuk air terjun besar yang megah. Air terjun ini menakjubkan karena volume airnya yang mengalir deras setiap detik dari ketinggian sekitar 829 kaki atau sekitar 252 meter.

Air Terjun Kaieteur, Guyana

ilustrasi Air Terjun Kaieteur

Lokasinya yang terpencil adalah daya tarik tambahannya. Terletak di Taman Nasional Kaieteur di hutan hujan Amazon Guyana, air terjun yang megah ini adalah pemandangan yang harus dilihat. Dialiri oleh Sungai Potaro, air terjun ini mengalir 226 meter dari tebing yang luas. Ini adalah salah satu tempat wisata terkemuka di Guyana. Untuk menyaksikan keindahannya, wisatawan harus naik pesawat wisata lokal karena lokasinya yang terpencil.

Nah, itulah 7 air terjun tertinggi di dunia yang beberapa hanya bisa dinikmati manusia dari kejauhan, dari laut, bahkan dari udara menggunakan pesawat atau helikopter.

Baca Juga :  5 Fakta Komodo yang Wajib Diketahui!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
8,430SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles