32.2 C
Jakarta
Sunday, February 5, 2023

Mengenal Ciri-ciri Bioma Taiga, dan Perbedaannya dengan Tundra

Bioma Taiga adalah ekosistem yang vegetasinya hanya terdiri atas satu spesies pohon. Bioma sendiri dapat didefinisikan sebagai sebuah ekosistem besar berdasarkan iklim yang di dalamnya terdiri dari flora dan fauna tertentu.

Tumbuhan merupakan bioma terluas dibandingkan dengan bioma-bioma lainnya yang ada di bumi. Dikutip dari Encyclopedia Britannica, 17 persen daratan bumi merupakan jenis bioma ini.

Dilansir dari National Geographic, bioma taiga dapat dikenal karena sebagian besar tersusun atas pohon konifer berdaun bentuk jarum.  Bioma taiga umumnya terdapat di daerah antara subtropika dengan daerah kutub, seperti daerah Skandinavia, Rusia, Siberia, Alaska, dan Kanada.

Samadi dalam buku Geografi SMA Kelas XI, mengungkapkan bahwa kata “taiga” berasal dari bahasa Rusia yang berarti hutan gelap yang misterius. Bioma ini sering disebut juga hutan boreal.

ilustrasi bioma taiga
Sedangkan Taiga berasal dari bahasa Rusia yang mempunyai arti hutan. Jadi, Bioma Taiga adalah suatu ekosistem yang berada di hutan yang didalamnya hanya terdapat satu spesies pohon yang sejenis. Spesies tersebut misalnya seperti pinus, konifer, cemara dan lainnya yang sejenis.

Ciri – ciri Bioma Taiga.

gambar contoh hutan pinus
  1. Terletak di kawasan subarktik, dimana musim dingin akan berlangsung cukup panjang dan dan musim panas berlangsung sangat pendek (1-3 bulan saja).
  2. Memiliki curah hujan hingga 400-750 mm per tahun.
  3. Perbedaan antara suhu musim panas dan musim dingin cukup tinggi. Suhu yang ada pada bioma taiga bisa mencapai 90°F atau lebih pada musim panas.
  4. Pertumbuhan tanaman terjadi pada musim panas berlangsung antara 3 -6 bulan.
  5. Tumbuhan akan tetap hijau sepanjang tahun, baik itu di musim dingin dengan suhu rendah sekalipun.
  6. Jenis tumbuhan yang hidup cenderung lebih sedikit dan spesifik, yaitu hanya terdiri dari 2-3 jenis saja.
  7. Flora khasnya adalah pohon berdaun jarum, seperti pohon konifer (pinus). Contoh flora khas lainnya yaitu, cemara, dan albus.
  8. Fauna yang dapat hidup merupakan hewan berdarah dingin. Contoh hewan yang ada dalam bioma adalah beruang, serigala, beruang hitam, rubah, rusa kutub, dan burung-burung yang berimigrasi.
  9. Daerahnya berfungsi sebagai daerah penghasil kayu, untuk dimanfaatkan sebagai penghasil kertas.
Baca Juga :  Manfaat Buah Lengkeng Bagi Kesehatan Bisa Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Contoh makhluk hidup.

bioma taiga

Tumbuhan dan binatang dalam bioma taiga harus beradaptasi dengan musim tanam yang pendek. Beberapa contoh makhluk hidup yang ada di bioma taiga, yaitu:

  • Flora

Flora dalam bioma taiga seperti pinus, spruce, larch, dan cemara yang memiliki bentuk daun seperti jarum dengan biji seperti kayu berbentuk kerucut.  Selain itu juga ada lumut daun, lumut kerak, dan jamur yang tumbuh langsung di tanah, batu, dan batang pohon konifer yang tua.

  • Fauna

Beberapa fauna yang ada di bioma taiga, seperti moose atau jenis rusa terbesar di dunia, beruang, harimau siberia, lynx, dan lainnya. Hewan-hewan ini harus bisa beradaptasi dengan baik karena cuaca yang dingin pada bioma taiga.

Perbedaan dengan bioma tundra.

bioma tundra

Dilansir dari situs resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, taiga dan tundra sama-sama memiliki tipe iklim dingin. Namun, juga memiliki perbedaan.  Perbedaan bioma tundra dan taiga terletak pada vegetasi atau tumbuhan yang mendominasi.

Bioma taiga didominasi oleh tumbuhan konifer sehingga disebut tumbuhan boreal, sementara bioma tundra didominasi oleh lumut kerak karena terletak di kutub utara atau selatan.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai bioma taiga beserta ciri-cirinya dan contohnya. Semoga bisa membuat detikers jadi lebih paham ya!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles