29.2 C
Jakarta
Thursday, February 9, 2023

5 Minuman Khas Jepara yang Menyegarkan

Menjadi kota kelahiran RA Kartini, Jepara memiliki beberapa minuman segar yang sayang untuk dilewatkan saat kalian pergi ke sana. Rasanya yang segar dan enak berasal dari beberapa hasil bumi dan laut Jepara, seperti biji kopi dan rumput laut.

Tak hanya cocok diminum saat cuaca panas, beberapa minuman khas Jepara juga sering dikonsumsi untuk penghangat badan. Tak heran jika pada akhirnya minuman khas Jepara terkenal sampai ke beberapa daerah.

Berikut dibawah ini merupakan minuman khas Jepara yang menyegarkan dan cocok diminum saat cuaca panas:

Es Dawet

es dawet ayu

Minuman ini memang familiar dan sangat mudah untuk ditemukan. Salah satunya yang berada di daerah Jepara ini. Namun, es dawet khas Kota Ukir ini punya ciri khas tersendiri. Dawet dari Jepara memiliki tekstur kenyal dan juga halus.

Biasanya dawet terbuat dari tepung beras sedangkan dawet dari Jepara terbuat dari sagu aren. Es dawet di Jepara memakai isian berwarna putih yang disajikan dengan kuah campuran gula merah dan santan.

Tak ketinggalan, es dawet ditambahkan tapai ketan hitam/putih yang menambah sensasi rasa. Perpaduan rasa manis dan asamnya bikin ketagihan.

Kopi Tempur

kopi tempur

Berada di kaki Gunung Muria membuat sebagian besar tanah di Jepara cukup subur untuk ditanami kopi. Tak heran bila kopi menjadi komoditas unggulan di kota ini. Produk kopi yang terkenal adalah kopi tempur.

Nama tempur berasal dari desa tempat produksi minuman hitam ini. Ciri khas kopi ini adalah warnanya yang hitam pekat. Kamu bisa langsung mencicipi kopi ini di Desa Tempur, Jepara, sambil menikmati indahnya pemandangan Gunung Muria.

Kopi tempur juga banyak disajikan dalam bentuk kemasan, sehingga praktis untuk dibawa pulang dan diseduh di rumah.

Baca Juga :  5 Kuliner Makanan Tradisional Khas dari Purwokerto

Es Gempol Pleret

es gempol pleret

Minuman yang satu ini terkenal di hampir seluruh wilayah Jawa Tengah khususnya Solo, Sukoharjo, Jepara, Semarang dan Pati. Es gempol pleret jadi salah satu minuman segar yang banyak ditemui di Kota Ukir ini.

Es Gempol Pleret adalah minuman manis dan gurih yang disajikan dalam mangkuk kecil ini adalah minuman yang mulai jarang untuk ditemukan. Gempol Pleret ini berisi bulatan putih empuk yang terbuat dari tepung beras.

Isiannya berbentuk pita/pipih yang terbuat dari tepung beras juga. Rasa isiannya hambar dilengkapi dengan kuah manis gurih yang disiramkan di atasnya. Cocok banget disantap saat cuaca panas di siang hari.

Adon Adon Coro

adon adon coro

Minuman ini merupakan minuman rempah khas dari kota Jepara yang dipercaya menjadi favorit RA Kartini. Minuman ini sering dikonsumsi masyarakat Jepara untuk menghangatkan badan, terutama saat dimusim hujan tiba.

Dibuat dari campuran santan, gula merah, cengkih, jahe, merica, kayu manis, dan lengkuas, rasa minuman hangat ini manis dengan sensasi sedikit pedas dari merica yang dipakai. Aromanya kuat dan warnanya yang pekat.

Es Rumput Laut

es rumput laut

Jangan heran kalau saat ke Jepara kamu banyak menemukan kedai es rumput laut. Sebab, Jepara memiliki rumput laut yang cukup melimpah dari pantai atau laut di sana.

Dengan begitu, saat membeli es segar ini kamu akan melihat isiannya yang komplet, mulai dari rumput laut, aneka buah, cincau hitam, santan, dan gula. Rasanya segar, manis, dan gurih.

Walaupun Jepara bukan termasuk kota besar tetapi kota ini memiliki kuliner yang wajib untuk kamu cicipi. Jangan lupa mencobanya ketika kamu berlibur ke kota Jepara ya!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles