29.2 C
Jakarta
Thursday, February 9, 2023

5 Wisata Laut Terindah di Indonesia

Indonesia merupakan negara maritim yang memiliki kawasan laut yang luas. Bukan hanya luas, tapi juga indah sehingga kerap dijadikan objek wisata. Banyak pula wisatawan asing datang ke Indonesia untuk menikmati keindahan laut. Berikut adalah daftar wisata laut terindah di Indonesia yang bisa jadi rekomendasi untuk kamu kunjungi.

Raja Ampat, Papua

ilustrasi raja ampat

Tidak diragukan lagi, Raja Ampat memiliki pesona laut yang luar biasa. Raja Ampat menjadi salah satu dari 10 perairan terbaik di seluruh dunia. Hal ini didasarkan pada berbagai penelitian tentang kekayaan flora-fauna dan kelestarian alam laut yang dimiliki Raja Ampat.

Sebuah laporan badan konservasi internasional pun pernah menyebutkan bahwa perairan Raja Ampat memiliki sekitar 75% spesies laut seluruh dunia. Luas wilayah laut dan darat Raja Ampat yang mencapai 4,6 juta hektar ini menjadi rumah bagi 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan dan ribuan biota laut lainnya. Tak heran jika Raja Ampat dianggap sebagai surga bawah laut tercantik di Indonesia bahkan dunia.

Pink Beach, Pulau Komodo NTT

ilustrasi Pink Beach

Salah satu keunikan dari pantai ini adalah pasir berwarna pink. Pasir berwarna pink ini disebabkan karena campuran pasir pantai dengan serpihan karang dan biota lain yang terbawa arus ke daratan. Pantai dengan pasir berwarna pink ini hanya ada tujuh di dunia, dan yang tercantik ada di Indonesia yaitu Pink Beach atau Pantai Pink. Pantai ini terletak di Pulau Komodo tepatnya di Nusa Tenggara Timur. Selain menikmati keindahan pantai, ketika kamu berkunjung ke sini kamu juga bisa melihat hewan purba yang masih tersisa hingga saat ini yaitu Komodo.

Pulau Ora, Maluku Tengah

ilustrasi Pulau ora

Pantai Ora adalah surga tersembunyi di Maluku Tengah. Keindahan pantai ini serupa dengan Pantai Bora-Bora yang terletak di Samudera Pasifik. Karakteristik Pantai Ora memiliki adalah pasir putih dengan air laut yang sangat jernih, sehingga kamu bisa menikmati langsung keindahan karang dan dunia bawah laut dari perahu. Pantai Ora memiliki resor penginapan yang mengambang di atas pantai. Ketika malam tiba, kamu bisa menikmati bintang-bintang di langit dari dermaga. Indah, bukan?

Baca Juga :  Inilah 5 Pantai Terbersih di Dunia

Pantai Nihiwatu, Sumba

ilustrasi Pantai Nihiwatu

Pantai Nihiwatu masuk dalam urutan ke-17 dan satu-satunya pantai di Indonesia yang terpilih menjadi pantai terbaik di Asia. Bukan hanya itu saja, Pantai Nihiwatu berhasil melangkahi keindahan Pantai Hanalei Bay di Hawaii yang berada di peringkat 27.

Tempat ini yang terletak di Sumba, Nusa Tenggara Timur (NTT) ini memiliki pasir putih, air laut yang jernih, dan pemandangan matahari terbenam yang super cantik yang selalu menarik perhatian wisatawan. Selain itu, kamu juga bisa melakukan beberapa aktivitas seru seperti diving, berselancar, menikmati sunset, atau bergabung bersama penduduk lokal untuk menangkap gurita dan kepiting.

Pulau Derawan, Kalimantan Timur

ilustrasi Pulau Derawan

Pulau Derawan yang terletak di Kalimantan Timur ini masuk dalam urutan ke-63 Dengan terjaganya pulau ini memiliki pantai yang masih bersih dengan pasirnya yang putih dan air yang jernih. Tak hanya itu saja, ada berbagai macam flora dan fauna laut yang langka di dunia ada di sini. Kamu bisa melihat sekaligus berenang dengan biota-biota laut yang beragam, seperti terumbu karang yang cantik, ubur-ubur, penyu hijau, penyu bersisik, dan binatang laut lainnya. Untuk menuju ke sini, kamu bisa transit terlebih dahulu di Kota Balikpapan.

Nah, itulah 5 Wisata Laut Terindah yang ada di Indonesia yang bisa kamu kunjungi untuk menikmati keindahan Indonesia.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles