29.2 C
Jakarta
Thursday, February 9, 2023

5 Negara Kecil Dekat Indonesia yang Jarang Diketahui Orang

Tetangga Indonesia bukan hanya Singapura, Malaysia, bahkan Timor Leste. Tapi, ada negara-negara kecil lain yang berada dekat bumi Nusantara yang mungkin namanya jarang terdengar. Apa saja?

Tak kalah memesona dari Indonesia, sejumlah negara kecil ini pun memiliki daya tariknya tersendiri. Meskipun, wilayahnya tak begitu luas dan penduduknya pun tergolong sedikit. Mengutip dari YouTube Daftar Populer, berikut ini ada 5 negara-negara kecil yang dekat dengan Indonesia.

Kepulauan Solomon

Negara ini adalah sebuah negara kepulauan yang terletak di samudera pasifik yang digolongkan sebagai kawasan benua Oseania. Kepulauan Solomon yang berada diantara  5°-13° LS dan 155°-169°BT ini memiliki 992 buah pulau. Beberapa pulau utama Kepulauan Solomon diantara seperti Guadalcanal, Malaita, Santa Isabel, Makira dan Sikaiana. Ibukota Kepulauan Solomon yaitu kota Honiara terletak di pulau Guadalcanal.

Jarak Kepulauan Solomon dari Jakarta hanya sekitar 5.800 KM. Kepulauan ini membentang seluas 28.540 Km2. Lantaran 90 persen ditutupi oleh hutan hujan, Kepulauan Solomon juga dihuni oleh banyak flora dan fauna. Soal keindahan alam, wisata alam di daerah ini tak bisa diremehkan.

Begitu pula dengan jalur pendakian Gunung Popomanaseu yang digadang-gadang sebagai gunung tertinggi di Pasifik Selatan. Uniknya, Kepulauan Solomon tak memiliki militer.

Guam

adalah sebuah pulau di bagian barat Samudera Pasifik dan juga sebuah organized unincorporated territory Amerika Serikat. Ibu kotanya adalah Hagatna, dulunya Agana. Mayoritas ekonomi Guam berasal dari sektor pariwisata (90% turis berasal dari Jepang) dan pangkalan Tentara Amerika Serikat.

Sebagai salah satu teritorial AS yang paling dekat dengan Garis Tanggal Internasional, Guam dijuluki sebagai “tempat di mana Amerika dimulai”, sehingga frasa itu menjadi semboyan teritorial pulau itu. Guam merupakan sebuah contoh utama dari efek berbahaya sebuah spesies invasif: seekor ular pohon cokelat (Boiga irregularis) yang beracun namun tidak membahayakan masuk ke kapal pengangkut tentara AS secara diam-diam pada akhir Perang Dunia II.

Baca Juga :  7 Destinasi Wisata Candi di Jogja, Wajib Kalian Datangi!!

Kapal itu berangkat dari Filipina menuju Guam. Di Guam, ular itu membunuh hampir seluruh populasi burung di pulau yang tadinya bebas ular. Ular itu tidak mempunyai pemangsa alami di Guam; sekarang, Guam merupakan salah satu wilayah dengan kepadatan ular yang tertinggi di dunia (2.000 ular/km²). Guam sangat dekat dengan Palung Mariana.

Untuk sampai ke negara ini, jaraknya hanya sekitar 4.700 km dari Jakarta. Memiliki populasi sebanyak 159.00 orang, penduduk Guam merupakan keturunan suku Chamorro. Perawakannya mirip dengan orang Indonesia Barat dan juga Filipina. Kabarnya, negara ini pernah menjadi sasaran nuklir Kim Jong Un. Sang presiden merasa terancam dengan adanya pangkalan militer Amerika yang canggih di Guam.

Federasi Mikronesia

Jarak Federasi Mikronesia dari Jakarta sekitar 5.900 KM. Kawasan ini terbentuk dari 607 pulau dan luasnya mencapai 702 Km2 saja. Sebagian besar wilayahnya adalah lautan. Jadi wajar saja jika pendapatan Federasi Mikronesia banyak didapat dari para turis yang datang guna menikmati indahnya laut di sana.

Ada fakta unik dari penduduk Federasi Mikronesia. Sekitar 92 persen penduduk dewasa mengalami obesitas dan diabetes level dua. Hal ini disebabkan karena maraknya restoran cepat saji dan juga standar kecantikan yang super unik. Lelaki atau wanita dianggap menarik jika memiliki tubuh gempal dan pipi cabi.

Republik Palau

Republik Palau hanya memiliki penduduk sekitar 17.000 saja. Adapun mereka merupakan penduduk asli palau. Negara ini terbentuk dari 8 pulau utama dan 250. Luasnya pun hanya mencapai 459 Km2

Daya tarik Republik Palau ada pada gugusan pulau kecil yang indah serta pemandangan laut yang siap membuat takjub.

Pulau Natal

Pulau Natal amat sangat dekat dari Indonesia. Bayangkan saja, jaraknya hanya 460 KM dari Jakarta. Meskipun dekat dengan Indonesia, Pulau Natal sudah diakuisisi terlebih dahulu oleh Inggris dan juga Australia. Jika menyambangi Pulau Natal, kamu tak akan merasa berbeda. Pasalnya, para penduduk berasal dari suku melayu yakni Brunei, Indonesia, dan Malaysia.

Baca Juga :  5 Tempat Wisata Di Sentul Bogor Paling Rekomendasi Saat Ini

Jadi, 5 negara kecil dekat indonesia yang jarang diketahui orang yang tidak kalah indah dari negara lain.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles