32.1 C
Jakarta
Saturday, February 4, 2023

Fungsi Hormon Gas Etilen pada Tumbuhan

Hormon untuk memasakkan buah secara manual adalah gas etilen. Gas etilen merupakan hormon utama pada tumbuhan yang memengaruhi beragam proses dalam pertumbuhan, perkembangan, dan respons stres sepanjang siklus hidup tanaman.

Pertumbuhan dan perkembangan tumbuhan dipengaruhi oleh sejumlah faktor. Adapun faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan tumbuhan adalah gen, hormon, makanan, air, dan mineral. Faktor-faktor tersebut yang berkontribusi pada cepat atau lambatnya pertumbuhan tumbuhan.

Pengertian Hormon Etilen

Ilustri Hormon Etilen

Etilen merupakan salah satu hormon tumbuhan yang berbentuk gas oleh sebab itu etilen juga dikenal dengan sebutan gas etilen.

Produksi etilen terjadi ketika tumbuhan berada di lingkungan yang terlalu kering, banjir, mengalami infeksi ataupun tekanan liku.

Gas etilen sebenarnya sudah ada pada buah secara konstan walaupun buah masih belum masak di pohon. Namun ketika buah mulai masak maka emisi hormon etilen ini Akan semakin meningkat. Hal tersebut akan berpengaruh pada aktivitas fisiologis yang Juga meningkat semakin cepat.

Hormon tumbuhan

gambar Hormon tumbuhan

Hormon merupakan senyawa organik yang mengatur pertumbuhan dan perkembangan Pada makhluk hidup. Pada tumbuhan terdapat, beberapa macam hormon yang memiliki Pengaruh pada pertumbuhanya.

Dilansir dari Sumber Belajar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), Hormon yang berpengaruh terhadap pertumbuhan tumbuhan adalah hormon auksin, Giberelin, sitokinin, kalin, asam absisat dan gas etilen.

Gas etilen

Gambar Gas etilen

Hormon untuk memassakan buah secara manual adalah gas etilen. Gas etilen Merupakan Hormon utama pada tumbuhan yang memengaruhi beragam proses dalam Pertumbuhan, Perkembangan, dan respons stres sepanjang siklus hidup tanaman.

Fungsi gas etilen

ilustri Gas etilen

Dikutip dari BioMed Central, lebih lengkapnya, berikut adalah beberapa fungsi gas etilen bagi pertumbuhan tanaman:

  • Perkecambahan biji.
  • Perkembangan akar dan tunas.
  • Pertumbuhan akar Pembentukan akar adventif.
  • Absisi daun dan buah.
  • Pembungaan Penentuan.
  • jenis kelamin Penuaan daun dan bunga.
Baca Juga :  Spesies Tanaman Baru Ditemukan Hidup di Lapisan Es Antartika

Etilen juga memediasi respon adaptif terhadap berbagai tekanan, seperti kekeringan, banjir, serangan patogen dan salinitas tinggi.

Saat tergenang air, misalnya, gas etilen menginduksi pembentukan jaringan aerenkim (terdiri dari rongga berisi udara) untuk oksigenasi. Namun, etilen paling dikenal karena fungsi esensialnya dalam pematangan buah-buahan klimakterik, seperti tomat, pisang, pir, dan apel.

Menempatkan pisang matang dalam kantong kertas yang berisi alpukat mentah, misalnya, akan mempercepat pematangan alpukat karena akumulasi etilen yang dihasilkan oleh buah pisang.

Dimana letak Hormon Etilen?

Gambar letak Hormom Etilen

Etilen adalah hormon pertumbuhan berbentuk gas yang dapat mempercepat pematangan pada buah. Hormon etilen berada pada buah juga daun yang mengalami penuaan

Proses Pembentukan  Etilen

Proses Pembentukan  Etilen

Produksi hormon etilen itu bisa terjadi ketika tumbuhan mengalami beberapa fase tumbuh mulai dari fase perkecambahan biji, pemekaran bunga, pematangan buah, kelayuan bunga hingga kekeringan buah.

Produksi hormon etilen itu bisa terjadi ketika tumbuhan mengalami beberapa fase Tumbuh mulai dari fase perkecambahan biji, pemekaran bunga, pematangan buah, Kelayuan bunga hingga kekeringan buah.

Sedangkan faktor eksternal yang berpengaruh pada proses produksi gas etilen Diantaranya seperti, luka, stress yang berasal dari lingkungan, kadar oksigen yang Terlalu rendah dan serangan patogen.

Stress lingkungan itu bisa disebabkan karena kekeringan, banjir, kondisi dingin/panas Berlebihan. Hormon etilen itu memiliki banyak manfaat, namun pemanfaatannya harus Dilakukan dengan bijak agar tidak merusak atau merugikan lingkungan.

Jika tidak dimanfaatkan dengan bijak maka etilen bisa menimbulkan masalah salah satu contohnya seperti proses pemasakan buah yang tidak alami.

Nah, Itulah penjelasan dari Hormon Etilen semoga kalian mengerti ya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles