32.2 C
Jakarta
Sunday, February 5, 2023

6 Buah Aneh Tapi Nyata, Uniknya Bikin Kepikiran

Beragam jenis buah-buahan tersebar di seluruh dunia. Dari yang umum dijumpai seperti jeruk dan apel, hingga buah aneh sekaligus yang tidak disangka-sangka keberadaannya nyata.

Beberapa buah unik menyerupai buah iblis yang ada di serial manga atau anime Jepang One Piece. Dalam serial karya Eiichiro Oda itu, buah iblis memberikan kekuatan kepada orang yang mengonsumsinya dengan bayaran hilangnya kemampuan berenang. Berikut buah-buahan yang bentuknya aneh tapi nyata, mirip dengan buah iblis dari One Piece.

Jabuticaba

Buah Jabuticaba

Jabuticaba sejenis tanaman anggur yang memiliki nama latin Plinia cauliflora. Tanaman ini banyak tersebar di Amerika Selatan seperti di Brazil, Peru, Argentina. Buah ini unik karena bukan jenis anggur yang merambat seperti pada umumnya.

Buah Jabuticaba berbuah di batang pohon atau dahan. Buah ini di Brazil banyak dibudidayakan untuk minuman wine tidak hanya itu, buahnya juga bisa digunakan untuk selai, jus, ataupun jelly.

Ternyata buah ini memiliki banyak manfaat seperti anti kanker, obat diare, untuk masker rambut, obat asma, dan buah yang cocok untuk para pelaku diet. Kandungan vitaminnya juga cukup banyak seperti Vitamin C, B1, fosfor, zat besi, kalsium, serta memiliki anti oxidan tinggi dan anthosianin yang digunakan sebagai anti kanker.

Kiwano (melon tanduk)

Buah Kiwano (melon tanduk)

Buah Kiwano memiliki nama latin Cucumis metuliferus yang tergolong tanaman mentimun. Tanaman ini bisa ditemukan di Afrika Selatan. Sekilas tanaman ini seperti buah naga, namun dalamnya seperti timun. Kiwano umumnya berwarna oranye dengan bagian dalam berwarna hijau dan agak berlendir.

Walau namanya melon, rasanya lebih kepada gabungan dari ketimun, zucchini, dan kiwi belum matang. Bila mentah, rasanya hambar. Namun, semakin matang, rasa juga semakin manis.

Baca Juga :  Inilah 4 Buah-Buahan yang Hampir Punah di Indonesia

Tanaman Kiwano kaya akan serat da vitamin c, selain itu buah ini memiliki kandungan vitamin lain seperti Vitamin A, Beta Carotene, Magnesium dan kandungan mineral yang cukup tinggi.

Kiwano memiliki manfaat untuk menurunkan berat badan, sebagai anti oxidan, untuk kesehatan mata sampai meningkatkan kinerja otak dan bagus untuk kulit karena memiliki kandungan vitamin E. Buah ini dimanfaatkan untuk sebagai tambahan salad, minuman, sampai masker wajah.

Tomat berbentuk bebek

buah aneh
Buah Tomat berbentuk bebek

Tidak selalu bergantung pada sebuah alat. Terkadang buahan bisa terbentuk unik secara alami. Meskipun kemungkinannya sangat kecil, tapi tomat berbentuk bebek ini sungguh unik dan menggemaskan. Apakah di kebunmu pernah mengalami hal serupa?

Buah Cupuacu

buah aneh
Buah Cupuacu

Buah Cupuaca sekilas mirip dengan coklat. Cupuacu masih satu rumpun dengan cocoa dengan nama latin Theobroma grandiflorum. Buah ini bisa ditemukan di wilayah Brazil, Peru, Columbia dan Bolivia atau lebih tepatnya di sepanjang sungai di hutan tropis Amazon yang tumbuh secara liar.

Berdasarkan penelitian, buah ini mengandung banyak vitamin seperti Vit A, B1, B2, B3, C, Lemak dan Asam Amino. Karena kadungannya yang mengandung antioxidan dan juga manfaat untuk menurunkan tingkat kolestrol serta membuat kulit dan rambut lebih sehat.

Buah ini banyak dimanfaatkan untuk bahan pembuat mentega, produk shampoo dan perawatan kulit yang lain. Buah ini musim pada bulan Januari dan April, di mana dengan masa tanam 5-6 tahun.

Cakar harimau atau jari Buddha

buah aneh
Buah Cakar harimau atau jari Buddha

Buah satu ini berasal dari China dan India. Bila diperhatikan, cakar harimau atau jari buddha tampak seperti lemon pada umumnya, tapi memiliki jari-jari sehingga membuatnya seperti tangan.

Biasanya, cakar harimau dikonsumsi dengan mematahkan jarinya, lalu diparut di atas makanan, bumbu-bumbu, atau saus salad. Aromanya yang kuat membuat cita rasa makanan menjadi unik.

Baca Juga :  Manfaat Buah Pisang Untuk Kecantikan Kulit Wajah

Pandanus

buah aneh
Buah Pandanus

Mirip dengan nanas, buah pandarus memiliki bagian yang bentuknya seperti kunci. Bagian tersebut bisa memproduksi cairan dengan rasa manis dan sedikit asam. Rasanya itu seperti perpaduan antara mangga dan nanas. Daun-daunnya dibuat menjadi rok, tikar, atau keranjang di Kepulauan Marshall. Ada juga yang menjadikan bagian dari daunnya menjadi benang gigi alami.

Nah, itulah buah-buahan yang bentuknya aneh tapi nyata yang mirip dengan buah iblis dari One Piece.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles