25.8 C
Jakarta
Saturday, January 28, 2023

Harta Karun dari Kapal Karam Ditemukan di Perairan Bahama

Sejumlah harta karun berupa emas, perhiasan, permata, koin perak dan artefak bersejarah telah ditemukan di perairan Bahama. Berbagai barang berharga tersebut berasal dari kapal buatan Spanyol abad ke-17 bernama Nuestra Senora de Las Maravillas (Our Lady of Wonders). Kapal dengan tipe dua dek tersebut karam pada 4 Januari 1656 di tepi Little Bahama Bank, Bahama Utara dalam perjalanan dari Kuba menuju Seville.

Dilansir dari Foxnews, kapal seberat 891 ton itu sempat bertabrakan dengan armada lainnya, kemudian oleng hingga menabrak karang 30 menit setelahnya dan berakhir tenggelam. Selama lebih dari 360 tahun, para arkeolog dan ilmuwan terus berusaha menemukan puing-puing kapal yang terdapat di dasar laut.

Sebagian besar harta karun tersebut diperkirakan menyimpan 3,5 juta keping, beberapa di antaranya sempat ditemukan ada tahun 1656 dan awal 1990-an. Pada tahun 2022, Allen Exploration, sebuah perusahaan yang menemukan harta karun tersebut mengakui telah memperbaharui segala macam alat dengan teknologi terkini. Seperti menggunakan magnetometer beresolusi tinggi, GPS teknologi terbaru hingga alat pendeteksi logam canggih.

Deretan harta karun yang berhasil ditemukan

Deretan harta karun yang berhasil ditemukan

Kedalaman air di perairan Bahama, menurut Allen tidak terlalu dalam. Jaraknya sekitar 50 kaki dari permukaan laut. Tapi pasir di dasar lautnya mengubur harta karun itu sampai kedalaman 20 kaki. Alat berteknologi tinggi yang digunakannya sudah mendapatkan izin resmi dari Pemerintah Bahama untuk melakukan pencarian.

“Kami telah menemukan ribuan artefak. Meriam, jangkar, zamrud dan batu kecubung. Temuan kami mencapai sekitar 3.000 koin perak dan 25 koin emas,” kata Allen.

Awalnya, banyak orang pesimis bahwa Allen dan timnya bisa menemukan harta karun dari kapal asal Spanyol tersebut. Tetapi dengan usaha dan teknologinya yang mumpuni, dia tidak menyangka bahwa upayanya membuahkan hasil.

Baca Juga :  Jangan Pernah Menutup Wawancara Kerja dengan 3 Hal Ini, Apa Saja?

“Saya sudah memikirkan ini sepanjang hidup saya,” papar dia. Dari pencarian yang dilakukan, benda-benda bersejarah yang ditemukan lainnya adalah toples zaitun Spanyol, porselen China hingga tali-temali besi. Lalu, ditemukan juga satu liontin emas dengan Salib Santiago yang dirancang dalam model cangkang.

Harta karun akan dipamerkan Museum Bahama

Harta karun akan dipamerkan Museum Bahama

Jim Sinclair, seorang arkeolog senior yang terlibat dalam temuan itu mengatakan, penemuan harta karun ini sekiranya dapat mengungkapkan bagaimana cara manusia hidup di masa kolonial dan Dunia Baru. Dia dan timnya juga menganggap analisis artefak sebagai perkembangan yang luar biasa dalam mendeteksi perilaku dan sejarah manusia.

Total harta karun yang ditemukan ini pun ditaksir senilai jutaan dollar AS. Tetapi, para ilmuwan mempercayai bahwa barang-barang tersebut tidak ternilai harganya. Dalam waktu dekat, berbagai penemuan ini akan menjadi bagian dari pameran di Museum Maritim Bahamas Allen Exploration di Port Lucaya Marketplace, di Freeport, Bahama.

Museum ini dibuka pada Sabtu, 6 Agustus 2022 yang mengungkap sejarah maritim Bahama, serta perdagangan dan menampilkan kisah karamnya kapal. Menurut Allen, temuan bangkai kapal Maravillas merupakan satu hal yang sangat berharga, karena pada saat itu Spanyol sedang berjuang secara finansial dan kapal tersebut dipenuhi barang-barang berharga.

Itu adalah salah satu kapal dengan harta karun terbesar yang pernah di temukan di Hindia. Dia juga berharap suatu saat nanti, bisa menemukan peninggalan berharga dari kapal The Mother Lode yang masih menjadi misteri. Kapal Lode itu belum ditemukan. Ketika itu berhasil, maka hasil temuan itu akan menjadi penemuan yang sangat berharga.

“Manifestasi biasanya terdapat di kapal-kapal tua. Karena seringkali apa yang ditemukan itu hanya setengah dari barang aslinya. Ada begitu banyak barang selundupan. Jadi, itulah poin yang menarik,” jelas Allen.

Baca Juga :  5 Spesies Burung Terlangka yang Ada di Dunia

Nah, itulah penjelasan harta karun dari kapal karam yang ditemukan di perairan bahama.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,200SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles