29.2 C
Jakarta
Thursday, February 9, 2023

Motor Susah Distarter Padahal Aki Baru? Inilah 7 Penyebabnya

Aki baru saja diganti, tapi motor justru susah distarter? Mengganti aki baru gak menjamin elektrik motor dapat bekerja normal. Ini bisa terjadi karena terdapat sejumlah penyebab yang jarang disadari.

Nah, sebaiknya kenali terlebih dahulu penyebab motor susah distarter padahal aki baru berikut. Sebab, belum tentu permasalahnya berasal dari aki. Bisa jadi dari bagian motor yang lain.

Kotornya starter elektrik

Kotornya starter elektrik

Kotornya starter elektrik juga menjadi penyebab motor susah di-starter padahal aki baru. Ini biasa terjadi karena banyaknya debu, hujan, dan kotoran lain yang menempel pada tombol starter. Kotoran tersebut pun lalu menghambat aliran listrik, sehingga busi gak menyala. Untuk solusinya terbilang mudah, yakni dengan membersihkan area starter listrik, lalu tekan tombol starter hingga menyala. Jika belum berhasil, bersihkan pula komponen lain di dalamnya.

Masalah pada kabel dan soket

Masalah pada kabel dan soket

Aki lemah jadi salah satu penyebab motor susah di-starter. Meski begitu, gak semua masalah disebabkan oleh aki yang lemah. Bisa jadi ini disebakan oleh kabel yang bermasalah. Sebab, sistem kelistrikan dan starter elektrik melibatkan banyak kabel dan soket.

Untuk mencegah hal ini, pemasangan kabel harus benar agar dapat mengalirkan arus listrik. Sebab, getaran berlebihan dan gigitan tikus berpotensi memutuskan kabel sehingga aliran listrik terhenti. Bahkan, terjadinya korsleting pun dapat merusak komponen lain, seperti lampu hingga mesin gak menyala.

Dinamo starter bermasalah

Dinamo starter bermasalah

Jika motor tetap gak menyala setelah dibersihkan, silakan cek dinamo starter. Komponen ini bertugas memutar gigi flywheel untuk mengaktifkan mesin. Kerusakan dinamo starter sebetulnya jarang ditemukan. Namun, ini bisa terjadi karena brush terputus.

Kerusakan dinamo starter diawali dengan terjadinya korsleting. Jika ini disebabkan oleh posisi brush yang gak tepat, silakan ketuk perlahan. Namun, jika tetap bermasalah silakan perbaiki ke bengkel terdekat.

Baca Juga :  Pria di Bekasi Nyamar Jadi Jamaah Sholat Subuh Malah Mencuri Motor

Busi melemah

Busi melemah

Kondisi busi yang lemah termasuk penyebab motor susah di-starter padahal aki baru yang jarang disadari. Umumnya, ini disebabkan oleh masa pakai busi yang terlalu lama, sehingga membuat percikan apinya menurun.

Akibatnya, motor jadi sulit dinyalakan meski sudah diganti aki baru. Permasalahan busi lainnya juga terletak pada elektrodanya. Pada hal ini, busi akan mengalami keausan juga kotor.

Kompresi mengalami kebocoran

Kompresi mengalami kebocoran

Kebocoran kompresi dapat menyebabkan motor gak menyala, lho! Namun, tenang, kamu bisa melakukan pengecekan mandiri terkait masalah ini. Caranya, lepaskan busi, kemudian tutup lubangnya dengan ibu jari. Lalu, nyalakan kendaraan dengan kick starter.

Apabila tekanan kakinya lemah atau los, dapat dipastikan terjadi akibat kebocoran kompresi. Jika terasa berat, maka penyebab motor susah di-starter padahal aki baru bukanlah pada bagian ini. Bisa jadi, pada bagian kelep atau antara ring piston dengan dinding siliner.

Switch rem bermasalah

Switch rem bermasalah

Penyebab motor susah di-starter padahal aki baru ini umum dialami motor modern dengan tambahan pengaman side stand switch. Ini bekerja ketika kamu menurunkan standar samping, bersamaan dengan berhentinya mesin.

Bagian ini dapat bekerja akibat komponen switch rem yang bisa memutus arus listrik. Jadi, saat standar motor diturunkan, mesin gak menyala. Meski begitu, komponen ini tetap berpotensi bermasalah, karena kotoran dan posisi turun sehingga wajib diganti.

Rusaknya bendik

Rusaknya bendik

Motor mempunyai komponen bendik yang berfungsi sebagai pemicu aliran listrik. Ini berasal dari aki yang akan dihantarkan ke dinamo starer baru, sehingga mesin dapat menyala.

Ketika komponen bendik bermasalah, arus listrik gak akan sampai ke dinamo starter. Jadi, motor pun gak akan menyala dan menimbulkan suara aneh. Jika hal ini terjadi, silakan ganti saja komponen bendik.

Baca Juga :  Cara Memakai dan Merawat Soflen dengan Baik dan Benar Untuk Pemula

Nah, itulah penyebab motor susah di-starter padahal aki baru yang perlu diketahui. Untuk mencegahnya, perhatikan penyebab di atas sebelum buru-buru membeli aki. Cek dulu komponennya satu per satu untuk memastikan kerusakannya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles