32 C
Jakarta
Wednesday, April 17, 2024

Duta Besar Myanmar, U Myo Thant Pe Meninggal Dunia di China

Duta Besar Myanmar untuk China dilaporkan meninggal dunia pada Minggu (7/8) waktu setempat. Sang Duta Besar Myanmar ini terakhir kali terlihat mengunjungi sebuah kota perbatasan China-Myanmar sebelum meninggal.

Seperti dilansir Reuters, Senin (8/8/2022), laporan media lokal menyebut Duta Besar U Myo Thant Pe terakhir kali terlihat pada Sabtu (6/8) malam waktu setempat saat bertemu dengan seorang pejabat lokal di Provinsi Yunnan, China yang berbatasan dengan Myanmar.

Ada 3 sumber diplomatik bahwa U Myo Thant Pe Meninggal Dunia

Tiga sumber diplomatik menuturkan kepada Reuters bahwa U Myo Thant Pe meninggal dunia pada Minggu (7/8) waktu setempat, saat bepergian di wilayah Yunnan. Menurut para sumber diplomatik itu dan berdasarkan laporan media lokal Myanmar, penyebab kematian diduga karena serangan jantung.

Diplomat tersebut terakhir terlihat pada Sabtu saat bertemu seorang pejabat pemerintah lokal di Provinsi Yunnan, wilayah yang berbatasan dengan Myanmar. U Myo Thant Pe diangkat menjadi dubes untuk China sejak 2019.

Ia tetap dipercaya menduki jabatan itu di bawah pemerintahan junta militer pimpinan Min Aung Hlaing. Seperti diketahui, militer Myanmad menggulingkan pemerintahan Aung San Suu Kyi pada 1 Februari 2021.

Ada 4 Dubes yang meninggal di China

U Myo Thant Pe merupakan dubes keempat yang meninggal di China sejak setahun terakhir. Sebelumnya Dubes Jerman Jan Hecker (54) meninggal pada September 2021 atau baru 2 pekan sejak menduduki jabatannya.

Dia menjadi Duta Besar asing keempat yang meninggal di China dalam setahun terakhir. Pada September lalu, Duta Besar Jerman Jan Hecker (54) meninggal dunia kurang dari dua pekan setelah ditugaskan ke Beijing.

Kemudian pada Februari lalu, Duta Besar Ukraina Serhiy Kamyshev (65) meninggal dunia saat atau tak lama setelah berkunjung ke lokasi Olimpiade Musim Dingin Beijing. Duta Besar Filipina Jose Santiage ‘Chito’ Sta Romana (74) meninggal dalam karantina Covid-19 di Provinsi Anhui pada April.

Nah, itulah informasi terbaru dari Duta Besar Myanmar, U Myo Thant Pe Meninggal Dunia di China.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles