31.3 C
Jakarta
Thursday, March 28, 2024

10 Agustus Hari Veteran Nasional, Inilah Sejarah dan Tujuannya

Pada tanggal 10 Agustus setiap tahunnya, masyarakat Indonesia memperingati Hari Veteran Nasional. Momen ini dapat dilakukan untuk mengenang jasa-jasa para pejuang nasional yang memiliki pengalaman di bidang militer atau penegakan hukum di Indonesia.

Sebagai tanda penghargaan dan penghormatan bagi para pejuang dan pembela kemerdekaan Republik Indonesia (RI) pada masa perang, pemerintah dan masyarakat Indonesia turut memperingati Hari Veteran Nasional setiap tahunnya.

Peringatan Hari Veteran Nasional juga diadakan untuk mengenang gencatan senjata pada tanggal 10 Agustus 1949 setelah para Pejuang Kemerdekaan Republik Indonesia melawan pasukan Belanda. Berikut ini sejarah, tujuan, jenis, dan hak para veteran di Indonesia.

Pengertian dari Veteran Nasional

pengertian hari veteran

Veteran Nasional Indonesia merupakan warga negara Indonesia yang bergabung ke dalam kesatuan bersenjata resmi yang diakui oleh pemerintah, seperti penegak hukum atau bidang militer. Mereka berperan aktif dalam peperangan menghadapi negara lain.

Para pejuang yang sudah gugur dalam mempertahankan kedaulatan NKRI juga akan ditetapkan sebagai para Veteran Nasional Indonesia, lho. Mereka berhak mendapatkan Tanda Kehormatan Veteran Republik Indonesia.

Sejarah Hari Veteran Nasional

sejarah hari veteran

Para Veteran Nasional Indonesia dinaungi oleh satu organisasi resmi yang bernama Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI). Anggotanya terdiri dari para pejuang kemerdekaan Indonesia yang turut andil dalam mempertahankan NKRI.

Kongres pertama LVRI dilaksanakan pada 22 Desember 1956 hingga 2 Januari 1957 di Decca Park, Jakarta. Kongres ini dihadiri oleh 2.300 veteran di seluruh Indonesia yang aktif memperjuangkan kemerdekaan Indonesia antara 1945-1949.

Pertemuan tersebut menghasilkan organisasi resmi Veteran Nasional pertama bernama LVRI tersebut. Hari Veteran Nasional ini juga telah diatur dalam Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 30 Tahun 2014 Tentang Hari Veteran Nasional.

Peringatan Hari Veteran Nasional dimaksudkan untuk mengenang gencatan senjata pada tanggal 10 Agustus 1949. Pada tanggal tersebut, para pejuang kemerdekaan Republik Indonesia berjuang untuk melawan tentara Belanda saat Perjanjian Roem Van Royen.

Tujuan Hari Veteran Nasional

salah satu veteran berkunjung ke makam pahlawan

Tujuan diadakannya Hari Veteran Nasional adalah untuk mengenang jasa dan perjuangan para pejuang Indonesia. Peringatan ini juga merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan para pejuang dari pemerintah.

Selain itu, hari peringatan ini juga bertepatan dengan peristiwa gencatan senjata dari Belanda melalui Perjanjian Roem Van Royen. Para pejuang Indonesia telah berjuang demi mempertahankan kedaulatan Indonesia.

Jenis dan Hak Veteran Nasional

para veteran bertemu dengan presiden RI Joko Widodo

Ada beberapa jenis veteran yang dibagi sesuai dengan masa baktinya. Berikut pembagian lengkapnya:

  • Veteran Perjuang Kemerdekaan Republik Indonesia, mereka yang berjuang pada periode 17 Agustus 1945 sampai dengan 27 Desember 1945.
  • Veteran Pembela Trikora, mereka yang berjuang pada periode 19 Desember 1961 sampai dengan 01 Mei 1963.
  • Veteran Pembela Dwikora mereka yang berjuang pada periode 3 Mei 1964 sampai dengan 11 Agustus 1966.
  • Veteran Pembela Seroja mereka yang berjuang pada periode 21 Mei 1975 sampai dengan 17 Juli 1976.
  • Veteran Perdamaian, berdasarkan mandat PBB.

Para Veteran Nasional berhak mendapatkan tanda kehormatan, tunjangan, dan hak-hak lainnya, mulai dari dana bantuan kesehatan, tunjangan, santunan cacat, dan alat bantu untuk tubuh veteran. Hak-hak tersebut tercantum dalam peraturan berikut ini:

  • PP Nomor 23 Tahun 2016 tentang Perubahan atas PP Nomor 67 Tahun 2014 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2012.
  • Peraturan Menhan yang menjadi peraturan pelaksanaannya yaitu Nomor 35 Tahun 2014 tentang Pemberian Tanda Kehormatan, Nomor 36 Tahun 2014 tentang Dukungan Pembina Administrasi Veteran, dan Nomor 37 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pemakaman Veteran.

Nah, itulah arti veteran, jenis-jenis, sejarah, dan tujuan diadakannya Hari Veteran Nasional. Sebuah momen untuk menghormati jasa-jasa para pejuang nasional. Semoga informasinya bermanfaat ya!

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
26,400SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles