29 C
Jakarta
Sunday, February 5, 2023

Presiden Jokowi Akan Tinjau dan Tanam Kelapa Genjah

Presiden Joko Widodo bertolak menuju Provinsi Jawa Tengah dalam rangka kunjungan kerja, Kamis (11/8/2022). Kepala Negara bersama rombongan lepas landas dengan menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1, melalui Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, sekitar pukul 07.30 WIB.

Setibanya di Pangkalan TNI AU Adi Soemarmo, Kabupaten Boyolali, Presiden dan rombongan akan langsung menuju Desa Giriroto. Di sana, Presiden akan meninjau pengembangan kelapa genjah sekaligus melakukan penanaman kelapa genjah dan tanaman sela bersama para petani setempat.

Selain di Desa Giriroto, presiden diagendakan untuk melakukan kegiatan serupa di Desa Sanggang, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo. Presiden dan Ibu Iriana beserta rombongan direncanakan kembali ke Jakarta pada petang harinya.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam penerbangan menuju Provinsi Jawa Tengah yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsdya TNI M.

Tonny Harjono, Komandan Paspampres Marsda TNI Wahyu Hidayat, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Kembali ke Jakarta Sore

Gambaran kembali ke jakarta

Selain di Desa Giriroto, dia juga dijadwalkan untuk melakukan kegiatan serupa di Desa Sanggang, Kecamatan Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah.

Jokowi dan Iriana beserta rombongan direncanakan akan kembali ke Jakarta pada petang harinya.

Dalam kunjungan ini, Jokowi didampingi Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Marsdya TNI M. Tonny Harjono, Komandan Paspampres Marsda TNI Wahyu Hidayat, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden Bey Machmudin.

Jokowi Targetkan Tanam 1 Juta Kelapa Genjah

Presiden Jokowi bertolak menuju Provinsi Jawa Tengah dalam rangka kunjungan kerja pada Kamis, 11 Agustus 2022 untuk meninjau dan menanam kelapa genjah – BPMI Setpres.

Presiden Jokowi menargetkan penanaman 1 juta kelapa genjah di lahan-lahan tak produktif yang ada di Indonesia. Selain kelapa genjah, Jokowi mengatakan pemerintah akan menanam pangan lainnya seperti, jagung dan cabai.

Baca Juga :  Duta Besar Myanmar, U Myo Thant Pe Meninggal Dunia di China

Hal ini disampaikan Jokowi usai melakukan penanaman kelapa genjah di Kabupaten Boyolali Jawa Tengah, Kamis (11/8/2022). Total ada 46.000 bibit kelapa genjah yang dialokasikan di Boyolali, 44.000 bibit di Karanganyar, dan 110.000 di Sukaharjo.

“Ini baru dimulai di sini nanti di provinsi-provinsi yang memang kelapa itu bisa hidup dengan baik kita tanami. Targetnya kurang lebih 1 juta kelapa genjah. Tapi tidak kelapa saja, nanti ada jagung juga, dibagi juga bibit-bibit cabai,” kata Jokowi sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Kamis.

Dia mengatakan Kementerian Pertanian mulai mengerjakan penanaman di lahan-lahan yang tidak produktif. Jokowi memperkirakan ada 180 buah kelapa genjah yang bisa diproduksi dalam satu tahun.

“Itu bisa dibuat gula semut, bisa dibuat minyak kelapa, yang juga bisa dijual buahnya untuk minuman segar,” ucapnya.

Jokowi menyampaikan bahwa saat ini dunia sedang dilanda krisis pangan. Kondisi ini membuat 300 juta warga di dunia mengalami kekurangan pangan akut dan kelaparan.

“Di beberapa negara sudah mulai, mulai, mulai dan diperkirakan kalau ini tidak ada solusi ini bisa masuk ke 800 juta orang akan kekurangan pangan dan kelaparan,” jelas Jokowi.

Jokowi mau lahan-lahan yang tidak produktif dimanfaatkan untuk upaya produktif, salah satunya ialah dengan menanam kelapa genjah. Kelapa genjah dipilih sebagai alternatif pangan karena bisa menjadi berbagai macam olahan. Untuk satu pohon saja, kelapa genjah bisa menghasilkan 180 buah dalam 1 hingga 2,5 tahun.

Nah, Itulah Informasi tentang Jokowi bertolak ke Jawa Tengah yang Akan Tinjau untuk Tanam Kelapa Genjah.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles