31 C
Jakarta
Wednesday, February 8, 2023

Sejarah dan Fakta Jamsil Olympic Stadium Seoul, Tempat Konser NCT Dream Digelar Bulan September

Boyband asal Korea Selatan, NCT Dream kembali membuat sejarah. Bagaimana tidak, grup besutan SM Entertainment bakal tampil di salah satu venue terbesar di Korea, The Seoul Olympic Stadium alias Jamsil Olympic Stadium.

NCT Dream akan manggung di sana dalam pegelaran konser bertajuk The Dream Show 2: In A Dream. Hal ini pun sudah dikonfirmasi oleh SM Entertainment selaku pihak agensi. Melansir dari Allkpop pada Rabu (10/8/2022), SM Entertainment merilis poster konser dari NCT Dream.

Di situ tampak para member yakni Jaemin, Jeno, Mark, Haechan, Renjun, Chenle dan Jisung berpose tampan dengan mengenakan setelan serba putih. Dalam poster tersebut tampak lokasi dan tanggal konser yang diperlihatkan.

“Olympic Stadium. 2022.09.08 (THU) 7PM dan 2022.09.09 (FRI) 7PM + Online,” demikian isi tulisan tersebut.

Ini menandakan bahwa konser tersebut dihelat selama dua hari berturut. Sedangkan hari terakhir juga akan disiarkan secara online.

Sejarah Jamsil Olympic Stadium Seoul

Jamsil Olympic Stadium dirancang oleh Kim Swoo-Geun yang pekerjaan konstruksinya dimulai pada tahun 1977

Jamsil Olympic Stadium dirancang oleh Kim Swoo-Geun yang pekerjaan konstruksinya dimulai pada tahun 1977. Tujuan stadion saat itu adalah untuk menjadi tuan rumah Asian Games pada tahun 1986. Stadion tersebut kemudian dijadikan pusat tawaran Korea Selatan untuk menjadi tuan rumah Asian Games 1986 dan Olimpiade Musim Panas pada tahun 1988.

Jamsil Olympic Stadium Seoul dibangun dengan biaya keseluruhan $ 430 juta atau sekitar Rp6 Triliun lebih. Stadion tersebut menempati peringkat ke-4 dalam daftar tempat paling mahal yang dibangun untuk Olimpiade Musim Panas.

Stadion Olimpiade Jamsil resmi dibuka pada 29 September 1984, tujuh tahun setelah pekerjaan konstruksi dimulai. Sadion lantas tidak digunakan untuk acara olahraga internasional sejak Olimpiade 1988.

Kemudian pada 28 Mei 2000, juga digunakan untuk pertandingan persahabatan antara tuan rumah dan Yugoslavia. Pertandingan tersebut dimainkan menjelang persiapan Yugoslavia untuk Kejuaraan Eropa UEFA 2000.

Baca Juga :  Presiden Jokowi Akan Tinjau dan Tanam Kelapa Genjah

Sejak Piala Dunia FIFA 2002, Jamsil Olympic Stadium Seoul kehilangan relevansinya karena Stadion Piala Dunia Seoul yang baru dibangun digunakan untuk menyelenggarakan pertandingan sepak bola untuk tim sepak bola Republik Korea.

Fakta Soal Jamsil Olympic Stadium:

Desain Stadion

Tujuan hadirnya stadion saat itu adalah menjadi tuan rumah Asian Games pada 1986

Dilansir dari laman sportskeeda, stadion ini dirancang oleh Kim Swoo-Geun dan pekerjaan konstruksi untuk stadion dimulai pada 1977. Tujuan hadirnya stadion saat itu adalah menjadi tuan rumah Asian Games pada 1986.

Dua tahun kemudian, Olympic Stadium Seoul juga menjadi stadion utama penyelenggaraan Olimpiade Musim Panas. Sampai saat ini Olympic Stadium Seoul masih termasuk stadion termegah di Korea Selatan.

Biaya Pembangunan

Olympic Stadium Seoul dibangun dengan biaya 430 juta dolar AS atau sekitar Rp6,1 triliun.

Olympic Stadium Seoul dibangun dengan biaya 430 juta dolar AS atau sekitar Rp6,1 triliun. Stadion ini termasuk peringkat ke-4 dalam daftar tempat paling mahal yang dibangun untuk Olimpiade Musim Panas. Garis yang ada di stadion meniru lekukan elegan dari vas porselen Dinasti Joseon Korea. Kursi penonton didistribusikan dalam dua tingkat dan tertutup seluruhnya.

Peresmian Stadion

Olympic Stadium Seoul resmi dibuka pada 29 September 1984

Olympic Stadium Seoul resmi dibuka pada 29 September 1984. Pembukaan stadion ini dilakukan tujuh tahun setelah pekerjaan konstruksi dimulai. Stadion ini dipakai oleh Asosiasi Sepak Bola Korea untuk menggelar pertandingan sepak bola sesekali.

Konser NCT Dream dan IU

NCT Dream berencana untuk menyapa penggemar di konser solo kedua mereka para 29-31 Juli di Gocheok Sky Dome di Seoul

Tak hanya IU, di hari ini, Rabu 10 Agustus 2022, media sosial NCT Dream juga mengumumkan akan mengadakan konser di Olympic Stadium Seoul bulan depan selama dua hari.

Awalnya, NCT Dream berencana untuk menyapa penggemar di konser solo kedua mereka para 29-31 Juli di Gocheok Sky Dome di Seoul. Namun sayangnya, konser tersebut dibatalkan setelah dua anggotanya, Mark dan Renjun dinyatakan positif Covid-19.

Nah, itulah fakta dan sajarah dari Jamsil Olympic Stadium Seoul yang akan ditempati Konser NCT Dream yang Digelar Bulan September mendatang.

Baca Juga :  Polisi Gandeng Densus Menyelidiki Perampokan Toko Emas di Serpong

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
18,300SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles