26 C
Jakarta
Friday, December 1, 2023

Fauna Dan Negara Yang Ada Di Wilayah Asia Tenggara

Secara umum, negara-negara di Asia Tenggara memiliki iklim tropis. Selain itu kekayaan sumber daya alamnya juga relatif sama. Hal ini dikarenakan letak geografis negara-negara di Asia Tenggara berada di sekitar garis ekuator atau garis khatulistiwa.

Meski memiliki iklim dan sumber daya yang sama, masing-masing negara di Asia Tenggara tentu memiliki fauna atau hewan-hewan endemik. Wilayah Asia Tenggara menjadi rumah bagi 9 persen burung endemik dan 11 persen spesies mamalia. Sehingga Asia Tenggara menjadi wilayah dengan proporsi burung endemik dan mamalia terbesar di dunia.

Asia Tenggara juga menjadi pusat keanekaragaman hayati laut yang dikenal sebagai Coral Triangle atau Segitiga Terumbu.

Berikut ini Fauna di Asia Tenggara Yaitu :

Indonesia

  • Gajah
Ilustrasi spesies gajah Afrika(Shutterstock)

Gajah adalah mamalia besar dari famili Elephantidae dan ordo Proboscidea. Secara tradisional, terdapat dua spesies yang diakui, yaitu gajah afrika dan gajah asia, walaupun beberapa bukti menunjukkan bahwa gajah semak afrika dan gajah hutan afrika merupakan spesies yang berbeda.

  • Harimau
gambar hewan harimau

Harimau adalah spesies kucing terbesar yang masih hidup dari genus Panthera. Harimau memiliki ciri loreng yang khas pada bulunya. Berupa garis-garis vertikal gelap pada bulu oranye, dengan bulu bagian bawah berwarna putih. Harimau adalah pemangsa puncak, mereka terutama memangsa ungulata seperti rusa dan babi celeng.

  • Babi Hutan (Celeng)
Ilustrasi Babi Celeng

Babi celeng secara umum dikenal sebagai babi hutan adalah nenek moyang babi liar yang menurunkan babi ternak. Daerah persebarannya berada di wilayah hutan-hutan Eropa Tengah. Mediterania dan sebagian besar Asia hingga wilayah paling selatan di Indonesia.

Malaysia

  • Tapir
ilustrasi hewan tapir. (Photo by Jeffrey Hamilton on Unsplash)

Tapir adalah binatang herbivora yang memakan dedaunan muda di sepanjang hutan atau pinggiran sungai. Tapir memiliki bentuk tubuh seperti babi, telinga yang mirip badak dan moncongnya yang panjang mirip trenggiling, sementara lenguhannya lebih mirip suara burung daripada binatang mamalia.

  • ┬áRusa
Ilustrasi rusa totol(Shutterstock)

Rusa, sambar, atau menjangan adalah hewan mamalia pemamah biak yang termasuk famili Cervidae. Salah satu ciri khas rusa adalah adanya antler, dan bukan tanduk, yang merupakan pertumbuhan tulang yang berkembang setiap tahun terutama pada rusa jantan.

  • Badak
Foto: (AP Photo/Schalk van Zuydam)

Badak atau badak sumbu adalah lima spesies hewan dari famili Rhinocerotidae, ordo Perissodactyla yang kesemuanya berasal dari Afrika dan Asia.

Myanmar

  • Merak Hijau
Ilustrasi Pecinta satwa | Keindahan Burung Merak Hijau (Foto – Istimewa)

Merak hijau adalah salah satu burung dari tiga spesies merak. Seperti burung-burung lainnya yang ditemukan di suku Phasianidae, merak hijau mempunyai bulu yang indah. Bulu-bulunya berwarna hijau keemasan.

Kemboja

  • Banteng
Ilustrasi Benteng

Banteng atau tembadau adalah spesies hewan yang sekerabat dengan sapi dan ditemukan di berbagai wilayah Asia Tenggara.

  • Lumba-Lumba
Siapa sangka ternyata ikan laut berhidung mancung yang imut ini ternyata memiliki kekuatan 10 kali lebih dari atlet manusia terkuat.

Lumba-lumba adalah mamalia laut yang sangat cerdas, selain itu sistem alamiah yang melengkapi tubuhnya sangat kompleks. Sehingga banyak teknologi yang terinspirasi dari lumba-lumba.

  • Beruang Madu
ilustrasi Beruang Madu

Beruang madu termasuk familia Ursidae dan merupakan jenis paling kecil dari kedelapan jenis beruang yang ada di dunia. Hewan ini adalah fauna khas provinsi Bengkulu sekaligus dipakai sebagai simbol dari provinsi tersebut. Beruang madu juga merupakan maskot dari kota Balikpapan.

Laos

  • Gajah India
Gambar Gajah India

Gajah india adalah salah satu subspesies gajah asia. Gajah ini dapat ditemui di India, Nepal, Bangladesh, Bhutan, Myanmar, Thailand, Semenanjung Malaya, Laos, Tiongkok, Kamboja dan Vietnam. Bukti arkeologi menunjukkan bahawa gajah India telah dijinakkan di lembah sungai Indus sekitar 4.000 tahun dahulu.

Vietnam

  • Kerbau Air
Foto: shutterstock

Kerbau, atau biasa disebut kerbau air, adalah binatang memamah biak yang menjadi ternak bagi banyak bangsa di dunia, terutama Asia.

Nah, Itulah Fauna Di Wilayah Asia Tenggara dan Negara nya.

Related Articles

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here
Captcha verification failed!
CAPTCHA user score failed. Please contact us!

Stay Connected

23,893FansLike
1,879FollowersFollow
25,500SubscribersSubscribe
- Advertisement -spot_img

Latest Articles